Eiichiro Oda sudah menghadirkan banyak sekali “pengkhianatan” dan mata-mata dalam cerita One Piece. Pertama adalah tukang kayu yang ada di Water 7, yang ternyata adalah bagian dari anggota kelompok rahasia Pemerintah Dunia, CP-9. Hal inilah yang kemudian membuat Luffy dan yang lain kemudian harus menghadapi Rob Lucci dan kru dari CP-9.

Yang paling baru adalah mata-mata yang dilakukan di kelompok Red Scabbards, kelompok dari bawahan Kozuki Oden. Mata-matanya sendiri tidak lain adalah seorang Samurai yang juga ikut bersama Kinemon ke masa depan dan ternyata ada bersama mereka sejauh ini, yaitu Kurozumi Kanjuro. Meskipun banyak fans sudah menduga bahwa Kanjuro adalah pengkhianatnya, namun tetap saja hal ini menjadi sebuah kejutan besar.

Berbicara mengenai hal ini terdapat sebuah teori yang cukup unik dan menarik, yaitu adanya kemungkinan bahwa di kelompok Topi terdapat mata-mata dari agen CP-0, yang merupakan bagian dari Pemerintahan Dunia. Salah satu dari 10 orang Nakama tersebut bisa jadi adalah mata-mata bagi pihak Pemerintah Dunia. Yang menjadi pertanyannya kemudian adalah siapa sosok tersebut.

Rasanya, hampir semua kru dari Topi Jerami memiliki cerita masa lalu, meskipun singkat. Cerita tersebut menjadi “modal” bagi Oda Sensei untuk memperlihatkan bahwa sosok tersbeut memang pantas bergabung dengan kru Topi Jerami. Tapi, tentunya ada banyak hal yang mungkin terjadi di masa lalu karakter tersebut. Misalnya adalah sosok Jinbe, anggota baru Luffy.

Seperti yang kita ketahui, di arc Whole Cake Island Jinbe memutuskan mengorbankan dirinya beserta kru bajak laut Matahari untuk menahan serangan Big Mom agar Luffy dan kru Topi Jerami lainnya bisa dengan mudah kemudian kabur dari sana. Setelah sempat menghilang dan tidak diketahui bagaimana situasi dan keadaanya, pada akhirnya Jinbe kembali muncul sebelum Luffy dan aliansinya memulai serangan ke Onigashima.

https://yowanimes.blogspot.com/

Yang membuat para fans terheran-heran adalah bagaimana Jinbe bisa kembali muncul tanpa terluka sekalipun. Perlu diingat bahwa yang dilawan oleh Jinbe saat itu adalah salah satu bajak laut terkuat di dunia, Big Mom. Bagaimana dia bisa begitu saja selamat tanpa luka dan kembali bertemu Luffy? Inilah misteri yang masih belum terpecahkan sampai sekarang.

Beberapa teori lain menyebutkan bahwa ada kemungkinan jika Jinbe sebelumnya tertangkap dan kemudian dibebaskan dengan bantuan dari Katakuri. Dan juga ada beberapa teori lainnya yang mencoba menjelaskan hal tersebut. Lalu, bagaimana jika Jinbe mendapatkan bantuan dari pihak Pemerintah Dunia sehingga dia berhasil selamat dari amukan Big Mom. Ini artinya Jinbe dianggap sebagai aset berharga bagi mereka.

Meskipun begitu ada sedikit kelemahan dari teori yang menyebutkan bahwa di kelompok Topi Jerami terdapat mata-mata dari CP-0. Seperti yang kita ketahui bahwa para kru Topi Jerami sudah membangun koneksi yang mendalam dan sangat kuat. Bahkan, Luffy sendiri memiliki sesuatu dalam dirinya yang mana dia mampu merubah musuhnya menjadi sekutu.

Apa yang menjadi salah satu sumber kekuatan dari kru Topi Jerami adalah koneksi yang terjadi diantara mereka. Para Nakama ini bukan hanya sekedar rekan kerja, kru, atau sebagainya. Mereka sudah dianggap sebagai sahabat dan keluarga. Lagipula, Luffy sendiri tidak akan serta merta menerima orang-orang masuk di krunya  karena dia memiliki semacam “sensor” yang mampu mendeteksi niatan dan tujuan dari seseorang.

Jikapun kemudian memang ada mata-mata di dalam kru Topi Jerami, rasanya sang agen rahasia tersebut akan ikut terbawa suasana yang terjadi diantara anggota kru. Dan hal itu membuatnya lupa dan memutuskan mengabaikan perintah yang dia berikan. Kecuali, jika memang Oda Sensei memang mau melakukannya. Artinya, semua keceriaan dan koneksi yang terjalin hanyalah salah satu taktik untuk menyusup ke kru Luffy. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah di kru Topi Jerami terdapat mata-mata dari Pemerintah Dunia?