Perubahan dari Titan sudah mulai diperlihatkan sejak episode pertama Attack on Titan. Pada saat itu para fans serta penduduk di pulau Paradis, dikejutkan oleh kemunculan Colossal Titan untuk yang pertama kalinya. Pada saat itu, Colossal Titan dan juga para Pure Titan lainnya mencoba untuk menjebol tembok penghalang yang melingkar di pulau tersebut.

Berbicara mengenai perubahan Titan, dalam ceritanya diperlihatkan bahwa ada sebagian kecil karakter yang mampu berubah menjadi Titan yang kemudian mereka disebut sebagai Titan Shifter. Mereka adalah pewaris dari kekuatan Titan Ymir Fritz. Dan dalam setiap perubahan Titan dari para karakter tersebut, Geeks mungkin akan menyadari satu hal penting yang sering mereka lakukan sebelum berubah.

Mereka selalu melukai anggota tubuh mereka sebelum kemudian berubah menjadi Titan. Pertanyaannya kemudian adalah apakah para Titan Shifter tersebut memang harus melukai tubuhnya untuk berubah? Untuk pertanyaan ini jawabannya adalah ya. Semua para Titan Shifter atau pewaris kekuatan Titan Ymir pasti harus melukai tubuhnya tersebut.

Pinterest.com

Hal ini diperlihatkan oleh Reiner yang mengiris telapak tangannya, Annie yang memiliki cincin dengan bagian runcing di dalamnya, atau Eren yang selalu menggigit tangannya. Berdasarkan momen-momen tersebut jadi bisa disimpulkan adalah mereka harus terluka atau merasakan sakit atau setidaknya mengeluarkan darah. Dan perubahan dengan melukai tubuh ini bisa dilakukan dengan sengaja atau tidak sengaja.

Apa yang disebutkan di atas menjadi contoh perubahan Titan dengan cara sengaja. Mereka dengan sadar melukai tubuh mereka hingga mengeluarkan darah, sampai kemudian akhirnya mereka pun berubah menjadi Titan. Untuk contoh yang tidak disengaja adalah saat Reiner dan Bertolt yang dilukai oleh Mikasa. Mereka pun langsung berubah menjadi wujud Titan mereka.

Tapi, ada sebuah hal menarik dari cara ini. Terkadang cara ini pun tidak mampu membuat mereka berubah menjadi Titan. Misalnya ketika Eren akan bertarung melawan Annie, dia menggigit tangannya dengan harapan bisa berubah menjadi Attack Titan. Namun, setelah digigit, tidak ada perubahan apapun.  Jika memang syarat utama perubahannya adalah dengan terluka atau merasa sakit, lalu apa yang terjadi pada Eren?

Kemungkinan ada syarat lainnya yang harus dipenuhi terlebih dahulu olehg para Titan Shifter tersebut. Lalu, apa syarat lainnya? Hange pernah menjelaskan mengenai analisanya mengapa kemudian Eren bisa berubah menjadi Titan. Menurutnya, pada saat Eren berhasil berubah menjadi sosok Titan, dia memiliki tujuan yang sangat jelas mengapa dia harus berubah

Misalnya, saat Eren berada di perut Titan, dia berpikir untuk bebas dan menghancurkan para Titan yang sudah mengganggu hidupanya. Dan akhirnya dia pun keluar dari mulut Titan tersebut. Kemudian saat dia harus menahan peluru demi melindungi Armin dan Mikasa, atau ketika Eren harus menutup lubang di tembok Trost. Menurut Hange, setiap kejadian sebelum Eren berubah dia pasti memiliki tujuan.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa selain sang pewaris Titan harus melukai anggota tubuhnya, mereka juga harus memiliki tujuan atau alasan yang jelas mengapa mereka harus berubah menjadi Titan. Saat telinga Bertolt berhasil dilukai oleh Mikasa, tidak serta merta Bertolt berubah menjadi Colossal Titan. Mungkin pada saat itu dia tidak ingin berubah yang mana hasilnya Bertolt memang tidak berubah.

“Warisan” Dari Ymir Fritz

Pertanyaannya kemudian mengapa dan apa alasan para pewaris Titan tersebut harus memenuhi dua syarat tersebut untuk bisa menjadi Titan? Mungkin ini ada hubungannya dengan kisah Ymir Fritz dulu. Ymir Fritz diburu dan dilukai oleh pasukan dari raja Fritz setelah dia membebaskan babi dari kandangnya, yang tadinya merupakan bahan makaan mereka.

CBR.com

Ymir yang tidak bisa apa-apa akhirnya kabur dan bersembunyi di hutan. Ymir sendiri memiliki satu harapan besar dalam hidupnya yaitu untuk bebas dan bersembunyi dari para orang-orang yang mengejarnya. Dan tidak lama, Ymir Fritz pun terjatuh ke dalam sebuah pohon dan bertemu dengan makhluk aneh yang memberikannya kekuatan Titan. Dan peristiwa Ymir Fritz ini kemudian menjadi patokan bagi para Titan Shifter untuk berubah.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.