Pertarungan panjang dan melelahkan melawan Isshiki Otsutsuki akhirnya selesai, setelah Isshiki tewas seperti diperlihatkan di manga Boruto: Naruto Next Generation chapter 53. Sebelumnya, Isshiki diperlihatkan sangat superior meskipun melawan Sasuke serta Naruto sekaligus. Isshiki terbukti bukan berada di level yang sama dengan Sasuke dan Naruto.

Kawaki kemudian muncul di tengah-tengah pertarungan setelah ditarik oleh Isshiki. Dan ternyata Kawaki tanpa diduga mampu mengalahkan Isshiki dengan menggunakan teknik Kagebunshin. Setelah kekalahan Isshiki dan semua situasi dirasa sudah aman, tiba-tiba kejutan pun muncul. Boruto, yang sudah dipengaruhi oleh Momoshiki, tiba-tiba muncul dari belakang sambil berlari kencang dan kemudian menusuk mata kiri dari Sasuke.

Selain kebutaan, Sasuke juga diperkirakan kehilangan Rinnegan miliknya akibat dari hal tersebut. Bagi seorang Uchiha, Rinnegan adalah sesuatu yang sangat penting apalagi untuk pertarungan melawan Otsutsuki. Lalu, bagaimana caranya Sarada mendapatkan mata Rinnegan jika Sasuke sudah tidak lagi memiliki Rinnegannya?

Memberikan Sharingannya Yang Lain

Meskipun bukan sebuah peraturan tertulis, namun seakan sudah menjadi sebuah tradisi di klan Uchiha bahwa mereka akan mewarisi mata Sharingan yang mereka miliki kepada Uchiha lainnya. Dan hal ini sudah dibuktikan di sepanjang seri Naruto. Misalnya adalah Madara Uchiha yang mendapatkan Sharingan dari adiknya, kemudian Itachi yang mendapatkan mata Shisui, serta Sasuke yang mendapatkan mata dari sang kakak, Itachi.

Image Source: Quora.com

Untuk kasus Obito yang memberikan matanya kepada Kakashi adalah pengecualian, mengingat Kakashi bukanlah bagian dari klan Uchiha. Dan bukan hal yang mustahil jika kemudian mata Rinnegan Sarada akan bangkit saat Sharingan Sasuke menyatu dengan mata Sarada. Pasalnya, di dalam mata Sasuke tersebut masih tersimpan chakra warisan dari Itachi dan juga Indra Otsutsuki.

Ada dua kemungkinan yang bisa saja terjadi jika kemudian semua chakra mereka bersatu. Pertama adalah Rinnegan yang berhasil kembali dibangkitkan di dalam diri Sarada, atau Sarada akan mendapatkan pola mata baru atau evolusi lainnya dari Sharingan yang mungkin sama dengan Rinnegan atau bahkan mungkin jauh lebih kuat.

Memberikan Chakranya Setelah Tewas

Sasuke tewas dalam pertempuran melawan Isshiki merupakan salah satu teori yang juga muncul, selain teori bahwa Naruto akan tewas. Dalam teorinya, Sasuke dispekulasikan akan tewas demi melindungi Naruto. Namun, beruntung Sasuke masih berhasil bertahan hidup sampai akhir sampai kemudian Momoshiki muncul dan menusuk matanya.

Image Source: narutoexplained.com

Masih belum diketahui bagaimana kondisi Sasuke yang sebenarnya, tapi yang pasti Sasuke sangat kesakitan. Masih belum diketahui memang apakah Sasuke akan tewas dalam cerita Boruto, namun dengan asumsi bahwa Sasuke akan tewas suatu saat nanti, maka dia bisa saja mewariskan chakranya kepada Sarada. Mungkin Sasuke akan melakukan sesuatu, dimana dia akan berusaha memindahkan chakra miliknya ke tubuh Sarada. Hal ini pernah terjadi kepada Sasuke, dimana sebelum Itachi benar-benar tewas di tangan Sasuke dia sempat memberikan chakranya kepada sang adik.

Adanya Campur Tangan Para Ilmuwan

Berbeda dengan era Naruto dulu, di era Boruto sekarang semuanya sudah sangat modern. Hampir semua sektor mengalami peningkatan teknologi, mulai dari hiburan sampai ke hal yang serius seperti persenjataan. Contoh nyatanya adalah bagaimana Boruto menggunakan alat khusus untuk bisa menirukan sebuah Jutsu dalam ujian Chuunin saat melawan Shikadai.

Perkembangan teknologi di era Boruto sudah sangat pesat. Bisa dibilang, dengan memanfaatkan teknologi maju tersebut hampir semua hal bisa tercipta atau bisa terwujud. Selain alat untuk menirukan Jutsu, Geeks juga mungkin tahu bagaimana Victor mencoba membuat Pohon Suci tiruan yang dia buat sejak lama. Rasanya di era Naruto hal itu tidak akan pernah bisa terwujud.

Image Source: CBR.com

Karena itulah salah satu cara lainnya untuk membangkitkan Rinnegan di dalam diri Sarada adalah dengan adanya campur tangan para ilmuwan cerdas. Dan sosok ilmuwan yang mungkin bisa membantu adalah Orochimaru. Orochimaru adalah sosok yang sudah mengenal Sasuke sejak lama, dan sudah menjalin hubungan yang “dekat” saat dia berhasil mendapatkan Sasuke.

Memang pasti akan ada keraguan dari para fans mengenai apakah Orochimaru bisa dipercaya dalam hal ini, meskipun dia sudah mengakui kesalahannya dan memutuskan untuk melakukan hal baik demi menebus dosanya dulu. Tapi, jika hal itu bisa membuat Sarada memiliki rinnegan, mengapa tidak dicoba? Lagipula, Orochimaru memiliki data yang banyak dan cukup tentang Sasuke, Rinnegan, dan Sharingan. Pasalnya, dia pernah menanamkan banyak sekali Sharingan ke tubuh Shin Uchiha.

Featured image: Pinterest.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.