Para pasukan Survey Corps saat ini sedang berusaha mati-matian untuk bisa menghentikan peristiwa “kiamat” yang disebut sebagai Rumbling. Namun, sayangnya, seperti diperlihatkan di chapter 135 kemarin pasukan Survey Corps pun nampak tidak berdaya melawan serbuan dari Eren ini. Bahkan, beberapa dari mereka ada yang berhasil ditangkap, dan hampir saja dikonsumsi oleh Titan.

Beruntung disaat nyawa mereka hampir saja hilang, muncul Falco dengan form Winged Titan miliknya. Falco tidak sendiri. Dia bersama Annie dan Gabi. Falco berhasil menyelamatkan Jean, Connie, Reiner, Mikasa, dan Levi yang hampir saja tewas. Lalu, apa yang terjadi di chapter 136? Berikut adalah rangkumannya.

Aliansi Menyusun Rencana

Para aliansi yang selamat yang ada di atas punggung Falco pun kemudian merencanakan strategi mereka selanjutnya. Ada dua rencana yang mau tidak mau harus mereka lakukan. Pertama adalah menyelamatkan Armin dan kedua adalah membunuh Eren dan mengakhiri semuanya. Akhirnya mereka pun dibagi menjadi dua tim, dengan tersisa Falco dan Gabi yang bersiap untuk kembali menyelamatkan mereka.

Meskipun mereka ketakutan dan tidak berdaya, mau tidak mau mereka harus melakukannya. Semuanya demi menyelamatkan nyawa dari rekan-rekan mereka dan juga menyelamatkan nyawa-nyawa yang tidak berdosa. Lagipula, selain Armin, nyatanya masih ada beberapa rekan mereka yang masih tertinggal di medan pertempuran seperti halnya Pieck.

Pertempuran Kembali Dimulai

Akhirnya para pasukan aliansi yang tersisa pun kembali turun ke medan pertempuran, sesuai dengan tugas mereka masing-masing. Kita melihat bagaimana Pieck mampu melakukan transformasi dengan mudah antara kembali menjadi manusia dan menjadi Titan. Dan hal ini terbukti mampu membantu Jean untuk bisa pergi menuju kepala Eren.

readsnk.com

Di sisi lain, Reiner dengan Armored Titannya masih berusaha untuk menghadapi semua serangan dari Warhammer Titan serta para Titan lainnya. Selain Jean, Mikasa dan Connie pun berusaha mati-matian menghabisi semua Titan tersebut. Sayangnya, usaha dari Jean tidak mudah. Karena, dia harus menghadapi para Titan lainnya yang tidak kalah mengerikan. Beruntung, Annie dan Pieck sigap membantu. Kita juga melihat bagaimana Betholt, yang masih dalam form Colossal Titannya nampak tidak berdaya, terkurung di tulang belakang Eren.

Mencari Babi Yang Hilang

readsnk.com

Mikasa dan Annie serta Connie berusaha mencari Titan yang berbentuk babi, yang menjadi bentuk perwujudan Ymir Fritz. Dengan menangkap babi tersebut dan mencegahnya menuju kepala Eren, setidaknya mereka bisa menghentikan Eren agar tidak menjadi lebih kuat lagi. Di sisi lain, Levi yang sudah tidak bisa berbuat banyak karena luka yang dia alami berusaha mencari Zeke. Levi merasa mentalnya mulai hancur melihat apa yang terjadi, apalagi dia tidak bisa menemukan keberadaan Zeke. Harus diakui bahwa Levi benar-benar ketakutan. Dia tidak bisa berbuat banyak.

Armin Dan Zeke Sudah Mati (?)

Di chapter 135 kemarin, kita melihat Armin yang berhasil ditangkap oleh salah satu Titan yang memiliki bentuk aneh dan tidak biasa. Tidak diketahui memang apa yang terjadi selanjutnya, namun bisa dipastikan bahwa Armin dimakan atau tewas akibat Titan tersebut. Namun, di chapter 136 ini akhirnya terjawab apa yang terjadi kepada Armin. Ternyata dia tidak mati seperti dugaan banyak orang.

readsnk.com

Armin nyatanya masih hidup. Hanya saja memang nyawanya tidak berada di dalam tubuhnya, melainkan di dalam dunia Path. Hal ini disadari oleh Armin setelah dia melihat pasir putih yang dia pegang. Dia pun kemudian melihat pohon besar yang ada di dunia Path, yang menjadi simbol dari Ymir Fritz. Armin sempat bertanya apakah memang semua warga Eldian saling terhubung melalui Path.

Di tengah-tengah kebingungan tersebut Armin bertemu dengan sosok yang tidak terduga, yang tidak lain adalah Zeke Yeager. Ternyata Zeke juga tidak mati. Dia sama-sama terjebak di dunia Path. Zeke kemudian menjelaskan sedikit apa yang terjadi kepada Armin. Zeke mengatakan kalau dia “dimakan” oleh Ymir. Masih belum ada penjelasan mengenai hal tersebut, mungkin baru di chapter selanjutnya penjelasan mengenai hal tersebut akan muncul.

Featured image: cbr.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.