Joy Boy kembali menjadi sosok yang mulai kembali diperbincangkan para fans, setelah Gol D. Roger berhasil mencapai pulau Laugh Tale seperti diperlihatkan dalam flashback Kozuki Oden. Disana kita melihat bahwa Roger berharap bisa hidup di era yang sama dengan Joy Boy, setelah dia melihat/membaca One Piece yang dia temukan. Joy Boy sendiri merupakan sosok penting yang masih misterius sampai saat ini.

Joy Boy merupakan nama yang diduga mengetahui apa yang terjadi sebelum abad yang hilang muncul. Sayangnya, Joy Boy menghilang dan diduga sudah mati saat abad yang hilang mulai muncul. Banyak teori yang bermunculan tentang sosok Joy Boy, karena memang sampai saat ini sosoknya masih sangat misterius dan sangat sedikit informasi yang diketahui.

Teori Asal Usul Joy Boy

Karena tidak adanya informasi konkret mengenai sosok Joy Boy – dan Eiichiro Oda sendiri pun rasanya masih belum mau memberikan bocoran mengenai sosok Joy Boy – para fans pun kemudian banyak yang melontarkan teori mereka. Salah satu teori yang berkembang adalah tentang asal muasal dari Joy Boy, yaitu Laugh Tale. Dalam sebuah teori disebutkan jika Joy Boy berasal dari pulau terakhir atau pulau paling ujung di Grand Line yaitu Laugh Tale.

Disanalah tempat dari Ancient Kingdom atau kerajaan kuno berasal. Joy Boy sendiri dipercaya merupakan pemimpin dari kerajaan tersebut, kerajaan yang dianggap sebagai rumah bagi klan D. Artinya, bisa dianggap dia merupakan “Klan D. Pertama” atau orang yang pertama menyandang gelar D meskipun kita masih belum mengetahui siapa nama penuh dari Joy Boy.

Informasi mengenai asal usul Joy Boy sebenarnya sempat hampir saja diketahui oleh para fans, setelah Dr. Clover berencana mengungkapkannya. Sayangnya, nyawa Dr. Clover harus menghilang setelah ditembak karena hal tersebut. Sehingga sampai saat ini para fans pun masih belum bisa mendapatkan informasi pasti mengenai asal usul dari Joy Boy.

Ada Koneksi Dengan Pulau Manusia Ikan

Orang-orang dengan nama D atau klan D dikenal sebagai orang yang selalu berpikiran bebas dan tidak pernah mau dikekang oleh aturan. Bisa jadi karena alasan itulah Joy Boy kemudian sempat berjanji kepada manusia ikan. Pada saat itu, dia berjanji akan membawa mereka ke daratan, untuk hidup bersama dengan makhluk lainnya yang ada di daratan, tanpa adanya sekat perbedaan ataupun adanya diskriminasi.

Untuk mewujudkan hal itu dia akan menggunakan senjata kuno, senjata dahsyat yang juga dipercaya sempat dimiliki atau berada di kerajaan kuno. Sayangnya, janji yang dibuat oleh Joy Boy tidak bisa terwujud untuk alasan yang belum diketahui (kemungkinan dia tewas dalam serangan gabungan berbagai kerajaan), seperti yang ditulis dalam Poneglyph yang ada di pulau bawah laut tersebut.

Ramalan Joy Boy

Berdasarkan chapter 972 kemarin, Oden sempat menuturkan bahwa akan datang sebuah kekuatan besar yang sudah lama hilang, yang sudah lama dia nantikan. Hal itu dia ketahui setelah melihat Poneglyph yang ada di Laugh Tale, yang dibuat oleh Joy Boy.

Joyboy, the Ancient Kingdom and the Void Century : OnePieceHal ini seolah memberikan petunjuk bahwa Joy Boy sudah sejak lama meramalkan, bahwa di masa depan (tepatnya 800 tahun kemudian) akan muncul seseorang yang akan meneruskan janjinya untuk menyatukan seluruh lautan menjadi sebuah tempat yang bisa dinikmati oleh semuanya. Hal ini juga pernah disinggung oleh Whitebeard kepada Blackbeard, dengan mengatakan bahwa dia bukanlah sosok yang ditunggu.

Banyak dari para fans One Piece yang kemudian menduga jika sosok yang ditunggu Joy Boy dan orang yang akan meneruskan janjinya adalah Monkey D. Luffy, yang juga diduga memiliki kaitan dengan klan D. Klan D juga diduga merupakan orang-orang yang pertama kali memiliki kekuatan buah iblis. Hal ini kemudian diperkuat oleh pernyataan Yamato di chapter 999 kemarin.

Diadaptasi dari Indonesia?

Nama Joy Boy mungkin tidak asing ditelinga para fans One Piece Indonesia. Geeks mungkin akan teringkat dengan sebuah nama legendaris dari cerita mitologi daerah Jawa, yang tidak lain adalah Jayabaya. Menurut cerita yang diketahui sejauh ini, Jayabaya adalah seorang raja yang sangat hebat dan berasal dari kerajaan yang sangat besar. Jayabaya sendiri dipercaya adalah reinkarnasi dari dewa Wisni/Vishnu.

Sosok Jayabaya selain dikenal sebagai raja, juga diketahui sebagai peramal yang sangat hebat. Yang paling melegenda mengenai ramalannya adalah Indonesia akan mengalami tiga kejadian besar dalam sejarah. Pertama adalah Jayabaya meramalkan kemunculan pasukan Belanda ke Indonesia yang terbukti benar, dan ramalan kedua adalah akan datangnya sosok “manusia kuning” dari timur yang akan mengusir Belanda, dan ternyata mereka adalah tentara Jepang.

Prabowo - Jokowi, Capres Indonesia dari sudut pandang Cocokmologi Ramalan Jayabaya | KASKUSYang ketiga, dan paling legendaris sampai sekarang, adalah Indonesia masih akan terus mengalami kesengsaraan, kekacauan, dan sebagainya sampai kemudian muncul sosok yang disebut sebagai “Ratu Adil.” Secara harfiah Ratu Adil adalah pemimpin yang mampu memberikan keamanan, ketentraman, dan berhasil membuat semua orang akhirnya bersatu.

Sosok Jayabaya dan Joy Boy memiliki kemiripan dalam hal meramal tentang masa depan. Seperti disebutkan di atas, Joy Boy kemungkinan sudah meramalkan bahwa di masa depan akan muncul sosok kekuatan baru yang kemudian akan mewujudkan semua hal yang sebelumnya tertunda/belum tercapai. Dan sosok tersebut banyak diduga adalah Luffy.

Jayabaya berasal dari sebuah kerajaan besar yang mahsyur. Joy Boy juga diduga kuat berasal dari Kerajaan Kuno, yang dulunya dikenal sebagai kerajaan yang sangat besar dan legendaris, sebelum kemudian dihancurkan oleh 20 kerajaan lainnya. Adanya berbagai kesamaan antara Joy Boy dan Jayabaya membuat dugaan sosok ini diadaptasi dari tokoh legendaris Indonesia semakin besar. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.