One Piece akhirnya berhasil mencapai chapter 1000, sebuah pencapaian besar bagi semua pihak yang ada di dalamnya, termasuk para fans. Ini membuktikan bahwa One Piece sejauh ini masih konsisten menghadirkan berbagai cerita yang menarik dan epik kepada para penggemarnya, sehingga serinya masih mampu bertahan selama lebih dari dua dekade, dan masih akan terus berjalan setidaknya sampai beberapa tahun kedepan.

Dalam hampir 1000 chapter tersebut para fans One Piece sudah disuguhi puluhan arc yang sudah dimulai sejak 1997 silam. Dari puluhan arc tersebut tentunya ada beberapa arc yang memiliki chapter terbanyak atau cerita yang panjang. Lalu, apa saja arc yang termasuk memiliki cerita panjang dan memiliki jumlah chapter banyak dalam serinya? Berikut adalah 6 arc terpanjang One Piece.

Enies Lobby – 56 chapter

Diantara sekian banyak cerita One Piece, bisa dibilang Ennies Lobby merupakan jalan cerita yang paling menarik dan bahkan menjadi salah satu arc favorit para fans. Dalam arc ini, kita diperlihatkan masa lalu Robin yang sangat tragis ketika masih kecil, Franky yang menghancurkan cetak biru dari salah satu senjata kuno Pluton, dan memperkenalkan kita kepada Gear dua dan tiga dari Luffy.

Luffy dan seluruh kru topi jerami diperlihatkan mencoba untuk melindungi Robin dari serangan pasukan pemerintah CP9. Namun, yang paling menarik adalah bagaimana akhirnya mereka berhasil mengembalikan semangat hidup Robin dan bahkan mereka pun menantang perang kepada pemerintah dunia. Dimulai dari bajak laut biasa, dan kemudian berubah menjadi incaran pemerintah dunia.

Alabasta – 63 chapter

Arc Alabasta sendiri dimulai dari chapter 155 di manganya dan berakhir di chapter 217. Dengan hype yang sudah dibangun sejak arc Whiskey Peak, fans menjadi tidak sabar untuk menyaksikan bagaimana akhir dari cerita tentang Alabasta. Demi menyelamatkan wilayah yang dipimpin oleh sahabat mereka, putri Vivi Nefertari, kru topi jerami rela melakukan apapun untuk mengalahkan sang penguasa Crocodile, yang juga pada saat itu menjadi bagian dari Shichibukai.

Sebagai orang pertama yang berhasi mengalahkan Luffy, dengan cepat Crocodile menjadi salah satu villain utama yang populer dan menjadi orang yang “bertanggung jawab” atas Luffy yang mencoba untuk melampaui batas kekuatannya saat itu. Ketika Luffy sudah berhasil mengalahkan Crocodile, reputasi Luffy di mata angkatan laut dan dunia pun mulai diperhitungkan.

Skypiea – 66 chapter

Arc Skypiea bisa dibilang merupakan salah satu arc yang underrated atau jalan cerita yang kurang diperhitungkan di serinya. Cerita ini memiliki semua elemen dari sebuah cerita petualangan yang menarik, dan juga suasana dan lingkungan yang sangat unik di dunia One Piece. Di cerita ini juga, kita disuguhkan sebuah informasi penting tentang poneglyph. Arc Skypiea atau pulau langit ini dimulai dari chapter 237 dan kemudian berakhir di chapter 302.

Di akhir ceritanya, Robin kemudian berhasil membaca poneglpyh tersebut yang bercerita tentang senjata kuno, Poseidon. Selain itu terdapat juga sebuah pesan yang disampaikan oleh Gol D. Roger. Dalam pesannya, informasi mengenai sebuah masa yang hilang terdapat di pulau terakhir yaitu Laugh Tale, yang ada di Grand Line. Disana juga disebutkan merupakan lokasi dari keberadaan harta karun One Piece.

Whole Cake Island – 78 chapter

Meskipun diawali oleh pace yang lambat, namun arc ini kemudian menjadi momentum dimana akhirnya Luffy dan seluruh aliansinya bertarung melawan salah satu Yonko atau penguasa laut, yaitu Big Mom. Terungkap juga jika Sanji merupakan salah satu pangeran dari kerajaan Germa, dan juga cerita masa lalu dari Sanji sehingga akhirnya dia bisa berada di restoran Barattie.

Berbeda dengan arc atau jalan cerita sebelumnya, arc ini tidak menghadirkan cerita bagaimana cara luffy untuk mengalahkan musuhnya. Melainkan lebih kepada bagaimana Luffy dan seluruh kru juga aliansinya mampu bertahan hidup dari serangan kemarahan Big Mom. Disinilah Luffy menemukan salah satu musuh yang paling tangguh yang pernah dia hadapi, Charlotte Katakuri, dan bagaimana mengharukannya pertemanan dari Sanji dan Luffy. Arc ini dimulai dari chapter 825 sampai 902.

Wano Country – 92 chapter (dan masih akan bertambah)

Arc Wanokuni sendiri dimulai sejak chapter 909 dan masih berjalan sampai sekarang. Ada banyak hal menarik dari arc ini, misalnya untuk pertama kalinya sebuah arc dibagi dalam beberapa Acts atau babak, karena mengadaptasi pertunjukan tradisional Jepang, Kabuki. Kemudian di arc ini juga One Piece akhirnya berhasil mencapai chapter ke 1000.

Dan saat ini Luffy berserta aliansinya sedang bertarung melawan kelompok bajak laut Beasts yang dipimpin oleh Kaido. Bukan hanya Kaido, Big Mom pun nyatanya ada di arc ini dan bahkan menjalin aliansi dengan Kaido. Arc Wanokuni kemungkinan akan menjadi arc paling besar dan mencetak rekor sebagai arc paling panjang dalam cerita One Piece.

Dressrosa – 101 chapter

Dimulai dari sejak chapter 700, arc Dressrosa berakhir di chapter 801 dengan jumlah chapternya mencapai 102 chapter. Arc Dressrosa merupakan sebuah arc yang memberikan tantangan besar pertama yang harus Luffy hadapi ketika tiba di New World. Dalam arc ini juga kita mendapatkan informasi lebih dalam dari sosok Donquixote Doflamingo. Karena terpisah dengan seluruh krunya, Luffy akhirnya bergabung dengan para bajak laut yang pernah menjadi korban Doflamingo.

Hal yang menarik adalah di arc ini, kita akhirnya melihat saudara Luffy lainnya selain Ace yaitu Sabo yang juga sudah menjadi bagian dari pasukan revolusi. Selain itu, para fans juga akhirnya diperlihatkan Gear 4 yang sudah lama dinanti-nanti. Di akhir ceritanya, Luffy dan seluruh bajak laut yang menjadi sekutunya kemudian membentuk aliansi yang disebut Straw Hat Grand Fleet.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.