Salah satu karakter Star Wars yang paling populer diluar berbagai film canonnya, Ahsoka Tano, sudah banyak mengalami banyak pengembangan karakter sejak pertama kali dia muncul. Seri animasi Star Wars: The Clone Wars menjadi bukti bagaimana sosok Ahsoka berubah menjadi sosok yang penting dalam cerita Star Wars. Sebagai seorang padawan dan juga pemimpin dari Clone Army, Ahsoka banyak berlatih dengan guru-guru hebat.

Sering kali para guru-guru tersebut melatih Ahsoka layaknya seorang Jedi, karena memang sebagian besar sosok yang melatih Ahsoka Tano adalah seorang Jedi atau Jedi Master. Semua latihan yang dia lakukan nyatanya berguna untuk berbagai pertempuran yang dia lakukan. Lalu, kira-kira siapa saja para Jedi yang pernah melatih sosok Ahsoka Tano? Berikut adalah daftarnya.

Anakin Skywalker

Anakin menjadi seorang mentor Jedi adalah sesuatu yang tidak biasa. Namun, sosok Ahsoka Tano sendiri bukanlah sosok yang biasa sehingga rasanya pas jika dia kemudian berguru kepada Anakin. Namun, sayangnya, hubungan antara Anakin dan Ahsoka sendiri kurang begitu baik di awalnya. Anakin bersikeras bahwa dia tidak membutuhkan penerus atau seorang padawan. Namun, Ahsoka tetap teguh pada pendiriannya.

Pada akhirnya Anakin luluh dengan perjuangan seorang Ahsoka. Selain menjadi muridnya, Ahsoka Tano adalah sosok teman dekat dari Anakin. Kepergian Ahsoka Tano dari Jedi Order di musim kelima benar-benar membuat Anakin sedih. Ahsoka memang merupakan seorang yang sangat ahli dalam pengendalian Force dan juga menggunakan lightsaber. Namun, dibawah asuhan dari seorang Skywalker, kemampuan Ahsoka tano meningkat drastis. Bahkan, berkat hal ini, Ahsoka berhasil mengalahkan berbagai nama besar seperti Sith Lord Maul dan Pre Viszla.

Obi-Wan Kenobi

Sebagai mantan mentor dan juga rekan dari Anakin, Obi-Wan ternyata pernah juga menjadi guru dari Ahsoka. Dan Obi-Wan sendiri melatih Ahsoka seperti halnya Anakin. Fakta menarik dari hal ini adalah sebelum Ahsoka kemudian menjadi padawan atau murid dari Anakin, sebenarnya Ahsoka sempat meminta Obi-Wan untuk menjadi mentornya. Namun, Obi-Wan kemudian menyerahkan Ahsoka kepada Anakin.

Meskipun Ahsoka sangat terpengaruh oleh gaya bertarung dan juga taktik dari Anakin, Ahsoka mewakili bagaimana cara berpikir dan juga keyakinan terhadap Jedi Order seperti halnya Obi-Wan. Obi-Wan selalu membuat Ahsoka tetap bertahan dan yakin terhadap Jedi Order sampai kemudian pihak Jedi Order mengecewakannya di musim kelima. Sama seperti Ahsoka, Obi-Wan sering kali tidak sependapat dengan para dewan penasihat dan sering kali tidak setuju dengan filosofi Jedi.

Plo Koon

Rasanya Ahsoka tidak akan pernah menjadi seorang padawan sedari awal jika bukan karena Plo Koon berhasil menemukan Togutra di Shili. Karena hal itulah, Ahsoka menjadi sangat tertarik dengan sosok Kel Dor Jedi Master, bahkan sempat menjadi padawannya juga. Ahsoka sempat memperlihatkan kekhawatirannya terhadap keselamatan Plo dalam pertarungan Abregado dan Juma 9, dimana dalam dua momen tersebut Ahsoka menunjukan kemampuannya demi keselamatan sang master.

Mungkin pengaruh terbesar dari Plo Koon terhadap Ahsoka adalah sebuah kepercayaan bahwa semua kehidupan pasti memiliki nilai, semua kehidupan sama berharganya, terutama nyawa dari Clone Troopers, yang mana sering kali tidak pernah dianggap berharga. Sama halnya seperti Plo yang menjalin hubungan baik dengan Komandan Wolffe dan battalion 104, Ahsoka juga menjalin hubungan baik dengan Legion 501 dan juga Kapten Rex.

Yoda

Seperti halnya keputusan dari Obi-Wan, Yoda juga merupakan Jedi Master lainnya yang memberikan tugas kepada Anakin untuk melatih Ahsoka. Hal ini dia lakukan karena Yoda percaya bahwa Ahsoka akan “tertular” nilai-nilai positif dan juga kemampuan serta keberanian seorang Anakin Skywalker. Sama seperti semua anggota sebelum era Jedi Order, Ahsoka mendapatkan pelatihan dasar sebagai seorang Jedi dari Yoda.

Setelah dia menjadi seorang padawan, sesekali Ahsoka juga berlatih dan bekerja sama dengan sang Jedi Master tersebut. Yoda adalah sosok yang menemani Ahsoka menuju Jedi World Illum untuk memandu Ahsoka melakukan ritual para Jedi dimana mereka akan menerima kristal Kyber untuk lightsaber mereka. Namun, pasca peristiwa pengeboman kuil Jedi, dan Ahsoka dituduh menjadi pelakunya, hubungan Yoda da Ahsoka pun tidak seperti dulu.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.