Secara historis, franchise Fast & Furious menceritakan dua pembalap utama yaitu Dominic Toretto (Vin Diesel) dan Brian O’Conner (Paul Walker). Tapi sebenarnya, siapakah pembalap terbaik ketiga setelah Dom dan Brian dalam franchise tersebut? Sebelumnya, banyak pembalap yang telah muncul, baik sebagai keluarga Dom, maupun sebagai musuh. Dengan begitu banyak pembalap handal yang tersebar sepanjang delapan film inti, maka perebutan tempat ketiga sebagai pembalap terbaik di Fast & Furious sangatlah ketat.

Dalam film The Fast and the Furious, Dom jelas menjadi raja balapan. Namun setelah itu, Dom dan Brian sempat berduel untuk memperebutkan gelar sebagai pembalap terbaik. Sejumlah karakter lain seperti Letty Ortiz (Michelle Rodriguez), Roman Pearce (Tyrese Gibson), Giselle Yashar (Gal Gadot), Owen Shaw (Luke Evans), dan Deckard Shaw (Jason Statham) telah menunjukkan kemampuan mereka masing-masing sebagai seorang pembalap, tetapi tidak satupun dari mereka yang layak menempati posisi ketiga sebagai pembalap terbaik.

Sosok yang layak menempati posisi ketiga sebagai pembalap terbaik di Fast & Furious adalah Han Lue (Sung Kang). Sepanjang berbagai penampilannya di film, Han telah membuktikan dirinya sebagai pengemudi yang sangat berbakat dan serba bisa dalam segala situasi. Dalam perlombaan drag race yang pernah digelar, di mana kala itu diikuti oleh Dom, Brian, Han, dan Roman di film Fast Five, Han menempati posisi finish ketiga tepat di belakang Brian dan Dom.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Walau mengesankan, tetapi itu tidak cukup membuktikan bahwa Han lebih baik dari karakter lainnya. Faktanya, Han bukanlah sosok pembalap yang ahli dalam drag race. Han sebenarnya adalah seorang drifter dan dia satu-satunya drifter terbaik di franchise Fast & Furious. Han kemudian tidak pernah ditampilkan lagi dalam sebuah balapan di sirkuit bersama dengan Brian dan Dom. Hal itu terjadi karena keahliannya dalam memainkan rem tangan, yang sering dilakukan oleh seorang drifter. Bahkan mungkin Han lebih baik dari Brian dan Dom untuk urusan rem tangan.

Han adalah satu-satunya pembalap lain dalam Fast & Furious yang memiliki keterampilan balap terbaik. Yang juga mengesankan adalah kemampuan Han sebagai seorang instruktur mengemudi. Mungkin itu terdengar konyol, tetapi sangat masuk akal. Di film Tokyo Drift, dalam waktu yang singkat, Han mampu melatih seorang murid hingga akhirnya muridnya bisa mengalakan Raja Drift dari Tokyo. Tentunya itu membuktikan bahwa ia merupakan seorang pembalap hebat.

Dari kemampuan mengajar, hingga keterampilan driftingnya, Han pantas dinobatkan sebagai pembalap terbaik dalam franchise Fast & Furious, setelah Dom dan Brian. Dalam film Fast & Furious kesembilan nanti, Han sendiri dipastikan akan kembali dari kematiannya. Dalam film tersebut, tentunya kita akan diperlihatkan berbagai aksi balapan terbaik yang akan dilakukan oleh Han. Kita tunggu aja ya Geeks penampilan Han di film tersebut.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.