Menghadirkan sebuah series reboot seperti halnya Digimon Adventure, memang bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Meskipun seri reboot dari judul legendaris ini mendapatkan tanggapan yang beragam dari para fans, satu hal yang mungkin semua penggemar setuju dari seri ini adalah bagaimana karakter favorit mereka kini muncul dalam sebuah animasi yang sangat epik.

Wargreymon adalah salah satu diantaranya. Di episode 30, “The Mega Digimon, WarGreymon” para fans dikejutkan dengan kembalinya salah satu Digimon legendaris yaitu WarGreymon ke seri ini, setelah beberapa petunjuk coba dimunculkan di episode-episode sebelumnya. Yang menarik, kembalinya WarGreymon ini bukan hanya dari segi kualitas gambar/animasinya saja, melainkan ukurannya juga. WarGreymon diperlihatkan jauh lebih besar dari sebelumnya.

Para fans menyadari perbedaan ukuran tubuh WarGreymon tersebut. Dalam seri Digimon Adventure tahun 1999, WarGreymon digambarkan sebagai sosok monster yang memiliki tinggi sekitar 2.5-3.5 meter, cukup tinggi untuk mengangkat Taichi dan membawanya di punggungnya. Namun, dalam versi Digimon Adventure 2020 ini ukuran WarGreymon jauh lebih besar dari ukuran sebuah rumah.

Meskipun terkadang konsistensi dianggap sebagai sebuah masalah – dalam apapun – pertumbuhan ukuran tubuh dari WarGreymon ini membuat para fans Digimon penasaran, mengapa kemudian ukuran tubuh monster tersebut berubah. Meskipun mungkin di ceritanya nanti akan terdapat jawaban untuk pertanyaan tersebut, namun beberapa fans di Twitter sepertinya memiliki teori terkait hal ini.

Menurut salah seorang fans dengan nama akun Guilboma, sebagian besar Digimon memang ukuran tubuhnya akan berubah menjadi besar ketika mereka berevolusi (Digivolving), tentunya dengan adanya beberapa pengecualian. Hal ini didukung dengan adanya Mega Level Digivolution di seri orisinalnya, berkat peningkatan kekuatan dari Angemon dan Angewoman.

Meskipun begitu, teori ini tetap tidak bisa menjelaskan mengapa WarGreymon sebelumnya berukuran sangat kecil bahkan dia memutuhkan kedua tangannya untuk memehang Taichi, sedangkan ukuran barunya yang sangat besar WarGreymon bisa menyimpan Taichi di atas telapak tangannya. Kemudian ada juga teori lain yang menyebutkan bahwa perubahan ukuran tubuh tersebut akibat “data” yang dimiliki Digimon sangat banyak.

Teori ini masuk akal karena mungkin Agumon, selama ini, sudah banyak mengalami hal-hal yang beragam dalam hidupnya. Teori mengenai “data” yang mempengaruhi ukuran mungkin bisa menjawab mengapa WarGreymon di tahun 1999 sangat kecil, karena dia belum memiliki banyak data. Dan terakhir ada juga teori yang menyebutkan bahwa besarnya ukuran tubuh WarGreymon ada kaitannya dengan level keberanian Taichi.

Pada intinya, Taichi di tahun 1999 menyesali perbuatannya dan belajar mengenai bahayanya jika dia melakukan kecerobohan, setelah Taichi merubah agumon menjadi SkullGreymon. Tapi, dalam versi tahun 2020 ini, Taichi nampak berbeda. Dia tidak peduli terhadap dirinya, sifat yang sering kali diperlihatkan dalam sosok “pahlawan” atau karakter utama.

WarGreymon bukanlah satu-satunya Digimon yang pernah mengalami “masalah” serupa. Di film Digimon: The Movie pun Agumon dianggap memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari biasanya.  Terlepas dari teori mana yang benar – atau mungkin Geeks memiliki teori sendiri – apa yang diperlihatkan dalam Digimon Adventure Reboot 2020 ini benar-benar memberikan gambaran baru dari sosok WarGreymon.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.