Maxwell Lord adalah salah satu karakter baru yang hadir di film Wonder Woman 1984. Dalam ending film Wonder Woman 1984, ada twist mengejutkan dimana Maxwell Lord dibiarkan tetap hidup dan pergi bebas. Hal itu memberikan peluang bagi sang karakter untuk kembali ke DCEU. Maxwell Lord untuk versi filmnya memang berbeda dengan komik. Ia digambarkan lebih tua dari versi komiknya.

Maxwell Lord diciptakan pada tahun 1987 untuk melakukan debut di komik Justice League. Dibuat oleh Keith Giffen , J.M. DeMatteis, dan Kevin Maguire, Maxwell Lord memang sejak awal digambarkan sebagai seorang wirausahawan yang tidak pernah berhenti menggunakan cara licik demi mencapai tujuannya. Di komik, diceritakan bahwa Lord awalnya hidup normal. Namun setelah ia mendapatkan ide dan kesempatan untuk berbuat jahat, ia pun merupaya menggapai mimpinya dengan cara apapun.

Dalam event Infinite Crisis yang dibuat oleh Geoff Johns dan Phil Jiminez, kita diperlihatkan saat Maxwell Lord menjadi tokoh sentral dalam OMAC Project, sebuah komik yang hanya memiliki enam edisi garapan Greg Rucka dan Jesus Saiz. Dalam komik tersebut, OMAC bertugas untuk mengamati Justice League menggunakan satelit Brother Eye. Brother Eye sendiri merupakan satelit buatan Batman, di mana kala itu Batman berada dalam fase ketakutannya karena menjadi anggota Justice League terlemah, di antara anggota lainnya.

Namun suatu ketika, Maxwell Lord berhasil membajak satelit milik Batman tersebut. Maxwell menggunakan satelit itu untuk merusak Justice League dan mempengaruhi pikiran Superman sediri, hingga mengubah Superman menjadi lawan bagi teman-temannya. Itu adalah salah satu cerita paling kontroversial saat itu. Dengan menggunakan Lasso of Truth, Wonder Woman lantas menemukan cara untuk menghentikan pengendalian pikiran yang dilakukan oleh Lord, yaitu dengan cara membunuh Lord. Tanpa ragu, Wonder Woman melakukannya dan membunuh Lord.

Sementara itu di film Wonder Woman 1984, Lord menarik kembali keinginannya dengan Lasso of Truth yang menempel di pergelangan kakinya. Banyak penonton yang mengira bahwa Lord akan mati seperti yang terjadi dalam komik, tetapi ternyata tidak. Ketika sudah terbebas dari ambisi besarnya, Maxwell Lord kemudian melarikan diri untuk bertemu dengan putranya, Alastair.

Cerita dari Wonder Woman 1984 memang mengharukan, tetapi penonton merasa terganggu dengan perubahan drastis yang dialami oleh Maxwell Lord. Biasanya seorang villain diceritakan benar-benar jahat dan jarang kembali ke kehidupan baiknya di masa lalu. Bisa jadi Maxwell Lord mungkin akan kembali menjadi jahat dan berupaya untuk menyenangkan hati anaknya melalui cara-cara yang jahat pula. Satu-satunya pertanyaan adalah bagaimana cara Maxwell Lord menjadi jahat kembali? Tetapi sebenarnya ada banyak cara ketika Maxwell Lord kembali menjadi jahat.

Di DCEU sendiri ada beberapa perusahaan jahat seperti STAR Labs dan LexCorp, yang bisa menjadi tempat kembalinya Maxwell Lord. DCEU juga memiliki banyak organisasi jahat yang siap untuk mengambil alih sebuah perusahaan. Jadi ada banyak peluang Maxwell Lord kembali ke DCEU. Bisa jadi bahwa apa yang Maxwell Lord lakukan di film Wonder Woman 1984 adalah sebuah tipu daya, untuk nantinya kembali beraksi dengan rencana barunya yang lebih jahat. Kita tunggu aja ya Geeks apakah Maxwell Lord benar-benar akan kembali atau tidak.