Empat kaisar lautan atau yang biasa dikenal sebagai Yonko adalah salah satu kekuatan terbesar dan bajak laut paling berpengaruh di cerita One Piece. Bukan hanya kemampuan buah iblis mereka saja yang diketahui sangat dahsyat, tapi mereka juga sudah terbukti mampu membentuk sebuah aliansi diantara para kru mereka dan juga kru yang lain, entah dengan cara intimidasi dan ancaman seperti Big Mom atau dengan rasa hormat seperti Whitebeard.

Berdasarkan hal tersebut, rasanya tidak sulit untuk melihat Luffy dinobatkan sebagai “Kaisar Kelima” secara tidak langsung oleh koran Morgan. Bukan hanya Luffy mampu membuktikan dirinya sebagai musuh yang sangat tangguh dan kuat, Luffy juga berhasil membuktikan dirinya mampu mengumpulkan para kru baru dan kemudian membentuk Straw Hat Grand Fleet.

Empat kaisar Lautan sendiri adalah para bajak laut yang menguasai wilayah New World, dan meskipun mereka bukanlah sekutu, mereka juga bukanlah musuh. Mereka menguasai wilayah mereka masing-masing dan tidak pernah saling usik. Keempat Kaisar Laut sendiri saat ini adalah Blackbeard, Shanks, Kaido, dan Big Mom. Whitebeard sendiri dulunya merupakan salah satu Yonko orisinal bersama dengan Big Mom dan Kaido. Dulu mereka berada di kelompok yang sama milik Rocks D. Xebec.

Namun, dalam peristiwa Marineford, Whitebeard harus tewas. Meskipun tidak secara langsung membunuhnya, Blackbeard adalah sosok yang menjebak Whitebeard dalam situasi tersebut. Dan pada akhirnya titel Yonko milik Whitebeard diberikan kepada Blackbeard. Selain kekuatan buah iblis, semua Yonko juga dikenal sebagai pengguna Haki yang hebat.

Shanks adalah satu-satunya Yonko yang tidak memiliki kekuatan buah iblis. Selain itu, Shanks juga memiliki desain karakter unik karena ukuran tubuhnya sama seperti manusia pada umumnya. Sedangkan para Yonko lain memiliki ukuran tubuh yang mirip seperti raksasa. Bukan hanya para Yonko, para komandan divisi yang mereka miliki pun terkenal sangat kuat.

Biasanya, para komandan divisi ini memimpin armada yang cukup besar. Dibandingkan Yonko lainnya, Big Mom memang memiliki kru yang paling banyak dan juga memiliki pengaruh yang lebih besar. Big Mom sering kali membuat putrinya menikah dengan pihak lain, memperluas wilayah yang dia kendalikan dan juga memperbesar krunya. Hal ini terjadi di arc Whole Cake Island, dimana Germa 66 bekerja sama dengan Big Mom dengan cara menikahi Pudding dan Sanji.

Para Yoko juga memiliki banyak pulau atau wilayah yang mereka kuasai. Big Mom menjadi pemilik dari pulau manusia ikan setelah Whitebeard tewas, sehingga para bajak laut manusia ikan enggan bertarung melawan Big Mom karena mereka takut Big Mom akan benar-benar datang dan menghancurkan rumah mereka. Pengaruh adalah hal yang sama kuatnya dengan kemampuan bertarung, dalam hal politik.

Pengaruh juga adalah salah satu hal yang membuat semua kekuatan tersebut seimbang, karena mereka tidak saling serang, tidak saling bekerja sama, dan tidak saling membutuhkan satu sama lain. Karena, jika hal itu terjadi, keseimbangan kekuatan di dunia One Piece dipastikan akan rusak. Inilah alasan Garp dan Fujitora menganggap aliansi Big Mom dan Kaido akan mengancam kestabilan dunia.

Jadi, mungkin bisa disimpulkan bahwa titel “Kaisar” dalam cerita One Piece bisa didapatkan dengan cara mewarisinya atau dengan cara merebutnya, seperti halnya sosok Blackbeard. Ketika Luffy kemudian berhasil mengalahkan Kaido, artinya besar kemungkinan bahwa Luffy akan mampu menjadi sosok penerus Kaido sebagai seorang Yonko. Namun, ada efek samping dari semua itu.

Bisa dipastikan keseimbangan dunia akan rusak, dan dunia mungkin akan berubah menjadi kacau. Apakah Luffy akan terlebih dahulu menghabisi Kaido lalu kemudian Big Mom? Apakah Big Mom akan menghabisi Kaido terlebih dahulu lalu kemudian Luffy? Atau Luffy dan Big Mom bekerja sama baru kemudian mereka saling bertarung? Intinya ada banyak sekali potensi skenario yang bisa terjadi. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana ceritanya akan berjalan dan kita nantikan saja apakah Luffy kemudian akan secara resmi menjadi salah satu Yonko, menggantikan posisi kaido ataupun Big Mom.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.