Selama ini para fans mungkin mengetahui bahwa fungsi dari Lasso of Truth, selain untuk membantu Diana dalam pertarungan dan menjadi salah satu senjata andalannya, adalah untuk mengungkapkan kejujuran dari seseorang. Lasso of Truth pertama kali muncul di film Wonder Woman pada 2017 lalu, saat digunakan kepada Steve Trevor untuk menggali informasi bagaimana mereka bisa menemukan Amazon.

Dalam momen tersebut, kita melihat Steve mengungkapkan fakta yang sebenarnya, tidak mampu untuk berbohong, mengindar, atau hanya diam saja. Lasso of Truth juga digunakan Diana untuk menginterogasi berbagai tentara Jerman dan membuat Ares mengungkapkan fakta sebenarnya di akhir film. Hal ini dikarenakan Lasso of Truth akan mengeluarkan panas yang sangat tinggi disaat seseorang berbohong atau menghindar. Semakin sering atau semakin banyak kebohongan, maka Lasso of Truth akan semakin terasa panas.

Lasso of Truth bahkan menjadi instrumen yang paling penting di film Wonder Woman 1984, ketika Diana menggunakannya untuk mengalahkan Maxwell Lord. Seperti yang diungkapkan oleh Diana kepada Steve, “Lasso ini bukan hanya mampu membuat seseorang mengungkapkan fakta sebenarnya. (Lasso) ini juga bisa membuatmu melihatnya.

Wonder Woman 1984, What Did the Kid Wish For? Full Explanation of Son's Wish and Everything We KnowDalam film Wonder Woman 1984 kita melihat fungsi dari Lasso of Truth, dimana selain mampu membuat penggunanya mengatakan hal jujur, lasso ini juga ternyata mampu menunjukan fakta dari sebuah kejadian atau kenangan dari sebuah kejadian. Selain itu, lasso ini juga mampu memberikan gambaran kepada seseorang apa yang akan terjadi dalam sebuah peristiwa.

Di film Wonder Woman 1984, Diana pertama kali memperlihatkan kekuatan lain dari Lasso of Truth saat dia memperlihatkan cerita tentang sosok Asteria, pahlawan besar suku Amazon yang merupakan orang pertama pemilik dari Golden Eagle Armor. Dengan menggunakan lasso tersebut – diikatkan ke tangan Steve Trevor – dia melihat pertarungan Asteria melawan seluruh umat manusia, fakta yang mungkin tidak diketahui banyak orang atau terlupakan.

Lasso milik Diana ini juga nyatanya mampu memperlihatkan apa yang terjadi di masa yang akan datang, atau dengan kata lain memperlihatkan kepada seseorang apa yang mungkin akan terjadi jika dia melakukan sesuatu. Dan apa yang mereka lihat tersebut biasanya mampu merubah pandangan mereka, memberikan perspektif baru dari sebuah kejadian atau membuat mereka mengubah rencana yang sudah dibuat.

Diana sendiri selain mengggunakannya kepada Steve Trevor, juga menggunakannya kepada Maxwell Lord untuk mengakhiri semua kekacauan yang dia buat. Di akhir filmnya Diana menggunakan lasso miliknya untuk menunjukan orang-orang di dunia tentang hal sebenarnya mengenai Dreamstone – dimana setiap keinginan yang mereka miliki harus mengorbankan apa yang sangat berharga dalam kehidupan mereka. Dengan melingkarkan lasso ini di engkel kaki Maxwell Lord, dia mampu menjangkau jutaan orang-orang di dunia yang berhasil terkena tipu dayanya.

Diana juga menggunakan lasso tersebut kepada Maxwell untuk mengingatkannya tentang masa lalu yang kelam dan menunjukan bahwa semua keinginan yang dia miliki akan berakibat buruk pada sang anak tercinta, Alistair. Lord sendiri tidak mau kenangan buruk ayahnya dulu terulang kepada anaknya, yang mana hal itu menyadarkan Lord bahwa dia sudah salah dan sudah membuat anaknya dalam bahaya.

Sejauh ini, informasi lengkap mengenai kekuatan dari Lasso of Truth masih menjadi misteri. Dan berdasarkan apa yang sudah diperlihatkan sejauh ini, kekuatannya tidak terbatas. Kita sendiri melihat bagaimana Diana “bergelantungan” di atas langit dengan menggunakan Lasso tersebut. Mungkin di film Wonder Woman 3, kita akan menemukan kemampuan lainnya dari Lasso of Truth.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.