Bisakah seorang manusia biasa mampu menandingi kekuatan Goku yang sangat dahsyat, dalam sebuah pertarungan di seri Dragon Ball? Dalam cerita Dragon Ball Z, para manusia diperlihatkan sebagai karakter yang jauh lebih lemah dari Saiyan. Dan ketika seri Dragon Ball Super dirilis, Goku berhasil membuat para petarung manusia dianggap sebagai “debu” saja dibandingkan para karakter lainnya.

Pertanyannya kemudian apakah dalam cerita Dragon Ball manusia memang tidak bisa apa-apa? Apakah tidak ada cara untuk menyamai kekuatan Goku atau para Saiyan? Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan manusia untuk mampu menyamai atau bahkan melebihi kekuatan Goku di seri Dragon Ball. Lalu, apa saja caranya?

Manusia Mampu Membuka Potensi Tersembunyi Mereka

Seperti diperlihatkan oleh Krillin di planet Namek, ada kemungkinan bahwa manusia bisa membuka potensi tersembunyi mereka oleh seorang penduduk Namek atau yang setara. Meskipun potensi tersembunyi dari Krillin tersebut tidak mampu menyamai kekuatan Goku setelah dia berlatih dengan gravitasi 100 kali lebih berat dari bumi, namun Krillin mampu lebih kuat dari Goku saat dia bertarung melawan Vegeta.

Ada beberapa cara untuk membuka potensi tersembunyi tersebut. Gohan berhasil membuka kemampuan tersembunyi miliknya dua kali. Pertama saat dia masih kecil oleh seorang tetua di planet Namek, dan ketika dia remaja oleh Old Kai. Kedua kejadian ini mengindikasikan bahwa memang ada sebuah potensi tersembunyi yang bisa saja diaktifkan atau dibuka. Bahkan, ritual dari Old Kai mampu membuat Gohan memiliki kemampuan dari Super Saiyan 3.

Pertanyaannya kemudian apakah mungkin potensi tersembunyi dari manusia mampu menyaingi kekuatan para Saiyan? Jawabannya adalah ya. Tien mampu menahan serangan Cell dan juga mampu bertahan melawan Super Buu tanpa kekuatan apapun, selain kemampuan yang dia miliki hasil dari latihan keras yang dia lakukan.

Potensi tersembunyinya pasti sangat dahsyat, karena pada saat dia menghadapi Super Buu, Buu sudah menyerap Gotenks, seorang Saiyan. Meskipun kekuatan tersembunyi dari Tien tidak lebih baik dibandingkan kekuatan dari Gohan, jika saja Tien menjalani berbagai ritual yang dialami juga oleh Gohan, mungkin dia akan mampu menandingi kekuatan Buu.

Manusia Bisa Mempelajari Kemampuan Lompatan Waktu

Teknik lompatan waktu (Time-Leap technique) adalah sebuah kemampuan unik yang hanya dimiliki oleh Hit, seorang pembunuh legendaris dari Universe 6. Kemampuan milik Hit ini membuatnya mampu untuk menghentikan waktu dimanapun selama 0.1 sampai 0.5 detik, membuatnya bisa melayangkan serangan tanpa mampu ditahan lawannya.

Teknik ini akan sangat efektif bila musuh yang dia hadapi tidak mengetahui bagaimana cara kerja atau bagaimana teknik tersebut berjalan, atau memiliki kemampuan yang setara dengan Hit. Meskipun kekuatan ini tidak mampu menandingi kekuatan dahsyat Goku, namun ini mampu membuat seseorang bisa bertarung menghadapi Goku, apalagi jika sebagian kemampuan tersembunyi mereka sudah berhasil dibuka.

Goku butuh kemampuan dari Super Saiyan Blue dan teknik Kaio-Ken untuk bisa menghindari serangan Hit tepat waktu. Untuk masalah kekuatan fisik, mungkin manusia akan kesulitan menghadapi Goku, namun para manusia bisa belajar untuk bergerak lebih cepat sepersekian detik untuk bisa melancarkan serangan ke arah Goku.

Manusia Bisa Mempelajari Ultra Instinct (?)

Ultra Instinct bukanlah sebuah teknik yang menjadi warisan bagi para Saiyan, meskipun Goku mampu mengendalikan dan menggunakannya dalam pertarungan melawan Jiren. Teknik ini hanya bisa dikendalikan atau digunakan secara maksimal melalui kerja keras dan latihan yang berat. Hal ini wajar mengingat kekuatan dari Ultra Instinct sendiri diyakini jauh lebih kuat dari form Super Saiyan God dan Super Saiyan Blue. Ultra Instinct adalah kekuatan yang sering digunakan para dewa, seperti halnya Beerus.

Melalui latihan yang sangat intens, seorang manusia, secara teori, mampu mendapatkan kekuatan Ultra Instinct, yang artinya kekuatan mereka jauh lebih kuat dibandingkan form Super Saiyan God dan juga kekuatan mereka setara dengan para dewa penghancur. Meskipun secara teori manusia bisa saja mendapatkan kekuatan Ultra Instinct, namun melihat bagaimana latihan yang harus mereka alami sebelum mendapatkan kekuatannya, rasanya tidak semua manusia normal mampu melewati latihannya.

Kecuali, tentunya, jika mereka sudah membuka potensi tersembunyi mereka dua kali. Jika mereka mau melakukannya dan berniat memilikinya, manusia seperti halnya Master Roshi atu Tien mungkin saja bisa memiliki kemampuan Ultra Instinct. Secara teori, jika Master Roshi mampu mengembangkan teknik Kamehame dan bertarung di Tournament of Power, maka artinya dia mampu mendapatkan Ultra Instinct. Jika itu terjadi, artinya kekuatan Master Roshi setara dengan Goku.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.