Sejak awal, bajak laut Topi Jerami terus menghadapi rintangan demi rintangan. Sebagian dari rintangan itu mampu mereka lewati dengan sebuah kemenangan, tetapi ada beberapa rintangan yang pada akhirnya berujung pahit. Roronoa Zoro misalnya, yang telah menghadapi banyak lawan di sepanjang perjalanannya sebagai ahli pedang. Beberapa diantara sosok yang pernah dihadapi Zoro adalah lawan yang sangat tangguh. Bahkan pada akhirnya pertarungan yang dihadapi mengharuskan Zoro untuk menelan kekalahan. Nah berikut ini adalah 5 kekalahan terbesar yang pernah Zoro alami. Apa saja?

5Arlong

Arc Arlong menghadirkan cerita saat Topi Jerami harus menghadapi bajak laut Arlong. Arc Arlong adalah salah satu arc yang sangat dicintai oleh para penggemar. Selama arc tersebut, Zoro harus bertarung dengan Hachi, seorang merman, yang ahli dalam menggunakan 8 pedang sekaligus, berkat delapan tangan yang ia miliki. Namun pertarungan tersebut berhasil dimenangkan Zoro. Setelah pertarungan melawan Hachi, Zoro harus berhadapan secara langsung oleh Arlong. Tetapi pertarungan tersebut dimenangkan oleh Arlong. Meskipun saat itu kondisi Zoro sedang tidak stabil, tetapi itu merupakan kekalahan terbesar bagi Zoro.

4Enel

Enel adalah salah satu karakter utama dalam arc Skypiea. Dia menggunakan buah iblis Rumble Rumble yang berjenis Logia pada saat itu. Sebenarnya, menghadapi seorang pengguna buah iblis Logia tanpa kemampuan dasar haki adalah sesuatu yang sia-sia, dan hal itu sudah dibuktikan saat Zoro harus menghadapi Enel. Enel dapat mengalahkan Zoro dengan sangat mudah, karena pada saat itu timeskip belum terjadi, dan Zoro masih belum memiliki kemampuan Haki. Luffy sendiri beruntung dapat mengalahkan Enel, karena ia terbuat dari karet sehingga kebal terhadap serangan listrik.

3Kuma

Kuma adalah sosok yang menjadi mimpi buruk bagi tim Topi Jerami. Kuma bukan hanya mengalahkan Topi Jerami sekali, melainkan dua kali. Setelah peristiwa arc Thriller Bark, Kuma tiba-tiba muncul dan hampir melenyapkan Topi Jerami. Meski Zoro mampu memotong baja, tapi sayangnya pedang Zoro gagal melukai Kuma. Satu-satunya pilihan yang Zoro miliki adalah menawarkan hidupnya untuk ditukar dengan kebebasan anggota Topi Jerami lainnya. Untungnya, Kuma bukanlah sosok yang jahat seperti yang Topi Jerami kira. Tapi tetap saja, pertarungan itu menjadi sejarah kekalahan Zoro.

2Kizaru

Arc Sabaody Archipelago adalah sebuah arc yang menjadi bencana besar bagi Zoro dan Topi Jerami. Pasalnya mereka harus berhadapan dengan Kuma dan juga seorang laksamana laut. Salah satu kekalahan paling memalukan dan terbesar yang menimpa Zoro adalah saat ia dikalahkan oleh Borsalino alias sosok yang lebih dikenal dengan nama Kizaru. Zoro sendiri sempat melakukan pertarungan singkat dengan Kizaru, tetapi Zoro kalah telak dalam pertarungan itu. Dan jika bukan karena intervensi di menit-menit akhir  oleh Rayleigh, mungkin nasib Zoro akan tamat di tangan Kizaru, yang level kekuatannya berada di atas Zoro.

1Dracule Mihawk

Dracule Mihawk adalah seorang ahli pedang terkuat di dunia. Level kekuatan Dracule Mihawk masih berada di atas Zoro, bahkan setelah timeskip terjadi. Tapi nih Geeks ada yang lucu karena Zoro pernah menantang Mihawk untuk bertarung. Hasil dari pertarungan itu sudah jelas, di mana Zoro berhasil dipermainkan dan dikalahkan dengan sangat mudah. Untungnya, Mihawk cukup kagum dengan kemampuan Zoro hingga akhirnya Mihawk memberi belas kasihnya. Jika tidak, mungkin Zoro sudah pasti mati. Tentunya itu merupakan kekalahan paling memalukan bagi seorang ahli pedang, yang harus dikalahkan oleh ahli pedang lainnya dalam hanya dua serangan.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/