Pertarungan panjang dan melelahkan melawan Isshiki Otsutsuki akhirnya selesai, setelah Isshiki tewas seperti diperlihatkan di manga Boruto: Naruto Next Generation chapter 53. Sebelumnya, Isshiki diperlihatkan sangat superior meskipun melawan Sasuke serta Naruto sekaligus. Isshiki terbukti bukan berada di level yang sama dengan Sasuke dan Naruto, dimana kekuatannya jauh lebih unggul.

Inilah yang kemudian memaksa Naruto mengaktifkan mode Baryon. Dengan menggunakan mode ini, Naruto berhasil mengurangi jatah hidup dari Isshiki dimana awalnya tiga hari menjadi beberapa menit saja. Kawaki kemudian muncul di tengah-tengah pertarungan setelah ditarik oleh Isshiki. Kawaki tanpa diduga mampu mengalahkan Isshiki dengan menggunakan teknik Kagebunshin.

Setelah kekalahan Isshiki dan semua situasi dirasa sudah aman, tiba-tiba kejutan pun muncul. Boruto, yang sudah dipengaruhi oleh Momoshiki, tiba-tiba muncul dari belakang sambil berlari kencang dan kemudian menusuk mata kiri dari Sasuke. Selain kebutaan, Sasuke juga diperkirakan kehilangan Rinnegan miliknya akibat dari hal tersebut.

Boruto Deals a Shocking Blow to Sasuke in New CliffhangerBerdasarkan hal tersebut, muncul sebuah pertanyaan apakah Sasuke kemudian bisa membangkitkan Rinnegan lainnya? Jika ya, bagaimana caranya Sasuke melakukan hal tersebut? Menurut salah satu teori yang berkembang di kalangan fans, Sasuke kemungkinan bisa membangkitkan RInnegan kedua. Dan itu artinya dia harus kehilangan Sharingan yang dia miliki sekarang.

Lalu, bagaimana caranya? Menurut teori tersebut ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk melakukan hal tersebut. Pertama adalah menggunakan Sel Hashirama. Seperti yang diperlihatkan di ceritanya, dulu Madara Uchiha pernah membangkitkan Rinnegan dengan menggunakan sel Hashirama. Saat itu, Madara sudah memiliki Mangekyou Sharingan. Madara kemudian menanamkan sel Hashirama ke dalam tubuhnya.

Dengan menggabungkan chakra Uchiha dan chakra dari sel Hashirama maka akan tercipta chakra Six Path atau Rikkudo. Dan dengan adanya chakra Six Path ini, Madara pun akhirnya mampu membangkitkan Doujutsu Rinnegan. Berbeda dengan Sasuke, dia berhasil membangkitkan mata Rinnegan setelah dia mendapatkan setengah kekuatan dari Hagoromo Otsutsuki. Karena kekuatan Hagoromo yang diberikan hanya setengah, maka Sasuke pun hanya mampu membangkitkan satu mata saja.

Sebenarnya, Sasuke bisa saja membangkitkan Rinnegan keduanya sejak lama, yaitu dengan menggunakan tangan buatan yang di dalamnya terdapat sel Hashirama. Namun, Sasuke menolak hal tersebut. Dia beranggapan bahwa dia “tidak pantas” mendapatkan hal tersebut. Sasuke juga takut jika dia akan kembali menjadi jahat jika mendapatkan kekuatan yang besar.

Namun, darimana sel Hashirama tersebut didapatkan? Saat ini, Sasuke, Naruto, Boruto, dan Kawaki sedang berada di dimensi yang lain. Narutolah yang kemudian akan membagi sel Hashirama tersebut kepada Sasuke, dengan mengambilnya dari tangan buatan di bagian kanannya. Cara kedua adalah dengan menggunakan chakra Hagoromo Otsutsuki.

Seperti yang disebutkan di atas, Sasuke berhasil mendapatkan Doujutsu Rinnegan setelah dia mendapatkan kekuatan dari Hagoromo. Saat perang besar ninja keempat, Naruto dan Sasuke diberikana setengah kekuatan dari Hagoromo. Mereka bertemu dengan Hagoromo Otsutsuki setelah roh dari Hagoromo muncul, dan mereka bertemu di bawah alam sadar.

Boruto Chapter #53 Resurrects a Sinister Enemy - and Sasuke Pays the PriceKarena momen munculnya roh Hagoromo Otsutsuki tidak bisa ditentukan, maka cara kedua ini bisa dibilang cara yang tidak terlalu meyakinkan untuk dilakukan. Meskipun begitu, ini adalah salah satu cara yang bisa dilakukan jika Sasuke ingin kembali membangkitkan kembali Rinnegan. Cara ketiga dan terakhir adalah dengan menggunakan sebagian chakra dari Naruto.

Selain menggunakan chakra Hagoromo, Sasuke juga bisa menggunakan chakra Naruto untuk membangkitkan Rinnegan keduanya. Hal ini dikarenakan di dalam chakra Naruto, terdapat chakra dari Asura. Naruto sendiri adalah reinkarnasi dari sosok Asura, jadi wajar jika kemudian Naruto memiliki chakra Asura dalam tubuhnya. Dan sebagian besar kekuatan dan chakra dari Asura merupakan pemberian dari Hagoromo, artinya secara tidak langsung Naruto masih menyimpan chakra dari Hagoromo.

Sasuke sendiri merupakan reinkarnasi dari Indra Otsutsuki, yang artinya di dalam tubuh Sasuke terdapat chakra dari Indra. Dan sama seperti Asura, sebagian kekuatan dan chakra Indra berasal dari Hagoromo. Artinya jika kemudian chakra dari Naruto dan Sasuke digabungkan maka akan menjadi sebuah chakra Hagoromo yang utuh, dan itu bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan Rinnegan kedua Sasuke.

Namun, ada beberapa hal yang dianggap menjadi masalah untuk cara ketiga ini. Salah satunya adalah apakah chakra Naruto memang bisa memberikan pengaruh terhadap kebangkitan Rinnegan Sasuke. Yang menjadi pertanyaan besar juga adalah apakah Sasuke mau membangkitkan Rinnegan keduanya. Mungkin, seperti halnya saat Sasuke menolak lengan buatan untuknya, Sasuke juga lebih memilih kondisi dimana dia hanya memiliki satu mata saja.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.