Jika menyebut nama Saiyan, tentunya sebagian besar orang akan selalu mengingat nama Gohan, Vegeta dan Goku atas kontribusi mereka dalam melindungi Bumi. Tapi sebenarnya ada beberapa Saiyan lain yang memiliki peran penting dalam cerita Dragon Ball. Bardock misalnya yang merupakan ayah dari Goku. Sekarang, keturunan Bardock menjadi salah satu prajurit Saiyan terkuat yang pernah hidup, dan Bardock layak mendapatkan pujian karena mengirim Goku ke Bumi beberapa menit sebelum Frieza membuat kekacauan.

Bardock kemudian menjadi salah satu prajurit Saiyan paling populer dalam seri Dragon Ball. Bardock juga merupakan karakter yang cukup kuat. Bahkan dibeberapa seri Dragon Ball non Kanon, kita diperlihatkan kehebatannya. Walau cukup kuat, tetapi ada beberapa karakter lainnya yang lebih hebat dari Bardock. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini Geeks.

Raditz

Setelah kehancuran Planet Vegeta, Raditz menjadi semakin kuat. Meskipun dianggap sebagai prajurit Saiyan kelas menengah, tetapi Raditz dapat memberi Piccolo dan Goku pertarungan yang sangat sulit. Bahkan untuk mengalahkan Raditz diperlukan kerjasama antara Piccolo dan Goku. Hal tersebut membuktikan bahwa Raditz bukanlah sembarang Saiyan, dan Raditz dapat mengalahkan Bardock dalam sebuah pertempuran. Itu memang sangat wajar mengingat level kekuatan Bardock masih di bawah Raditz.

Nappa

Tidak diragukan lagi bahwa Nappa lebih kuat dari Bardock. Nappa sendiri memiliki kemampuan untuk melenyapkan seluruh kota dengan hanya satu jentikan di pergelangan tangannya. Final Spirit Cannon milik Bardock sepertinya tidak akan mampu menyamai kekuatan Nappa. Juga, Nappa memiliki gaya bertarung yang sangat brutal, sehingga ia tidak akan memberikan lawan kesempatan untuk kabur ataupun beristirahat. Tentunya Bardock dapat dikalahkan dengan cukup mudah jika harus berhadapan dengan Nappa.

King Vegeta

King Vegeta mampu mempertahankan gelarnya sebagai Saiyan terkuat pada saat masa pemerintahannya. Itulah sebabnya, anak King Vegeta yaitu Vegeta juga memiliki kemampuan yang dahsyat seperti ayahnya. Sebagai penguasa Saiyan, tidak diragukan lagi bahwa King Vegeta dapat mengalahkan Bardock. Tapi ada yang menarik nih Geeks, karena ketika Bardock dan King Vegeta berhadapan melawan bentuk pertama Frieza, mereka berdua Kalah. Hal itu menunjukkan bahwa kekuatan dari mereka berdua sebenarnya tidak berbeda jauh. Tetapi walau begitu, King Vegeta lebih mungkin mengalahkan Bardock dalam sebuah pertempuran satu lawan satu.

Cabba

Bahkan sebelum Cabba tahu cara berubah menjadi Super Saiyan, level kekuatan Cabba sudah berada jauh di atas Bardock. Ketika Cabba dan Vegeta pertama kali bertempur di Turnamen Kekuatan, Vegeta mengatakan bahwa kekuatan dasar Cabba sangatlah kuat, tanpa perlu bertransformasi menjadi seorang Super Saiyan. Ketika Cabba bertransformasi menjadi Super Saiyan, tentunya ia akan menjadi jauh lebih kuat. Bahkan Cabba dapat berubah menjadi Super Saiyan di usianya yang masih cukup muda. Untuk Bardock sendiri, ia belum tentu bisa melakukan hal serupa.

Caufilia

Sama seperti Cabba, Caufilia tentunya akan memiliki kekuatan yang lebih besar dari Badrock. Dalam beberapa menit saja ia bisa berubah dari Super Saiyan pertama ke Super Saiyan kedua, yang menunjukkan bahwa ia bisa beradaptasi dengan cepat. Tapi walau sangat kuat, Caufilia memiliki pengalaman bertarung yang lebih sedikit dari Bardock. Jika Caufilia dan Bardock saling bertemu dan bertarung, besar kemungkinan jika Caufilia dapat mendominasi pertarungan, walaupun pengalaman bertarungnya lebih sedikit dari Bardock.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/