Di film Wonder Woman 1984, Diana Prince memperlihatkan kemampuan terbarunya, yakni  terbang di langit. Pertunjukan yang diperlihatkan olehnya itu tentunya membuat para penggemar terkejut sekaligus terkesima disaat yang bersamaan. Wonder Woman versi layar lebar ini memang telah menunjukkan kecepatan, dan kemampuan melompat yang mengesankan di film-film DCEU sebelumnya, tapi kemampuan lepas landas, dan melayang di langit seperti Superman adalah peningkatan kekuatan paling impresif dari Diana.

Jika Diana versi sinematik ini mampu terbang di langit, lalu bagaimana dengan sosoknya yang berada di komik? Apakah ia mampu melakukan hal yang sama dengan dirinya di dalam layar lebar? Jawabannya mungkin akan sedikit rumit, panjang dan tidak semudah yang diperkirakan.

Hiro Studios

Ketika karakter Wonder Woman pertama kali diperkenalkan di All Star Comics edisi 8 tahun 1941, Princess of Themyscira ini pernah merasakan terbang dengan menggunakan kemampuan invisible, yang membuat sebuah jet yang ia naiki terbang tak terlihat. Momen “Invisible Jet” tersebut pada akhirnya diadaptasi di serial TV Wonder Women tahun 1970an, yang dibintangi oleh Lynda Carter, dan baru-baru ini dimunculkan juga di film Wonder Woman 1984 garapan Patty Jenkins.

Sementara itu, komik Wonder Woman edisi 98 tahun 1958, menceritakan kembali asal-usul Diana Prince dan pertemuan pertamanya dengan Steve Trevor. Pada sebuah momen, Diana melihat sebuah pesawat meledak, dan pilot, yang ternyata adalah Trevor, hendak keluar untuk menyelamatkan diri. Diana lalu berusaha untuk menolongnya, tetapi dia sadar bahwa tidak bisa mencapai Trevor yang berada di langit-langit. Tapi, Diana pun menyadari bahwa dirinya bisa mengendalikan arus angin, dan ia melayang ke langit untuk menyelamatkannya.

Kemampuan Diana kemudian terus berkembang, dan meningkat selama bertahun-tahun dalam versi komiknya. Pada tahun 1987, seniman dan penulis buku komik, George Perez, menghidupkan kembali karakter Wonder Woman ini dengan memberinya kemampuan alami untuk terbang berkat Dewa Yunani Hermes. Kemampuannya ini, kurang lebih telah bertahan bertahun-tahun dalam semua komik Wonder Women karya Perez tersebut. Patty Jenkins selanjutnya mengutip karya Pérez sebagai pengaruh besar dalam pendekatannya terhadap karakter Diana Prince di filmnya Wonder Woman 1984.  Ada contoh lain di mana Wonder Woman bisa terbang ke langit dengan cara yang berbeda, salah satunya terjadi di komik Kingdom Come, dan di komik itu Diana menggunakan sandal bersayap milik Dewa Hermes, serta Armor Emas agar bisa terbang di udara.

Maka dari itu, jawaban tepat dari pertanyaan sebelumnya adalah, iya, Wonder Woman bisa terbang di DC Comics. Hanya saja, cara dia terbang telah bervariasi selama beberapa dekade tergantung pada era pembuatannya, atau penulisnya. Namun hingga saat ini, tampaknya Diana telah menemukan sebuah hangar untuk menyimpan dengan aman “Invisible Jet” miliknya selepas kejadian di Wonder Woman 1984.

Hiro Studios