Gandalf (Ian McKellan), dan Saruman (Christopher Lee), adalah dua penyihir terhebat dalam cerita film The Lord of the Rings. Meskipun mereka memiliki asal yang sama, namun, keduanya sangat berbeda, dengan masing-masing mengambil jalan yang berlainan arah. Dalam pertempuran di Middle Earth, Saruman berada pada pihak Sauron, dan berusaha menyiapkan pasukan Orc untuk menggempur Minas Tirith di Gondor, sedangkan Gandalf, yang telah berubah menjadi Gandalf The White, bersama Aragorn, Legolas, Gimli, para hobbit, dan pasukan berkuda Rohan untuk melawan pasukan Sauron.

Gandalf, dan Saruman pada akhirnya memiliki takdir kehidupan yang berbeda, dan keduanya dipastikan sebagai penyihir yang sama-sama kuat. Namun, dalam beberapa aspek ternyata Saruman bisa terlihat sangat kuat dari mantan rekan penyihirnya itu. Berikut di bawah ini adalah beberapa faktor yang membuat Saruman lebih kuat daripada Gandalf.

Memiliki Sifat yang Licik

Saat Gandalf mungkin mendapat gelar kehormatan, Saruman justru mendapat gelar sebagai yang terlicik. Dia mungkin jahat, tetapi tidak ada yang menyangkal bahwa dia memiliki pikiran yang tahu bagaimana beradaptasi dengan sejumlah masalah. Terlebih lagi, dia bisa melihat kelemahan orang lain, baik dalam buku maupun film, dia berhasil mengakali Gandalf, dan memenjarakannya di puncak menara Orthanc miliknya. Itu membutuhkan keberanian sekaligus kelicikan. Akibatnya, Saruman akhirnya menjadi karakter yang sangat menarik.

Terkenal Karena Kekejamannya

Karakter Saruman menjelaskan dengan sangat jelas bahwa dia tidak hanya licik, tapi dia juga sangat kejam. Dia mengirim Uruk-Hai dengan instruksi khusus untuk menangkap para hobbit. Terlebih lagi, dia juga mengirim seluruh pasukan ciptaannya sendiri untuk menghancurkan Rohan. Tidak ada yang akan bisa menghalangi dia dalam hal penaklukan, dan ambisinya itu pada akhirnya menciptakan peperangan yang luar biasa.

Kemampuannya Menciptakan Uruk-Hai

Dalam film The Fellowship of the Ring, dijelaskan bahwa Saruman tidak puas dengan pasukan Orc biasa. Dia kemudian memulai program pengembangbiakan di dalam markasnya yang ada di Isengard. Gandalf pun pernah menyebutkan bahwa dia telah menciptakan semacam persilangan antara manusia dan Orc, Betapapun mengerikan dan menakutkannya ciptaan dari Saruman, bagaimanapun juga dirinya, dengan seorang diri, berhasil menciptakan bala tentaranya sendiri.

Kecerdasan Politiknya

Dalam versi novel, Ia mampu mendapatkan dominasi Rohan, dan Shire lewat tangan kanannya, yang bernama Wormtongue. Lewat Wormtongue, Saruman lalu merasuki tubuh Raja Rohan, Theoden, untuk memimpin kerajaan tersebut menuju kehancuran. Saruman adalah penyihir yang cerdik, dan merupakan seorang orator politik yang ulung, dan mampu membuat orang-orang berada di bawah kekuasaannya.

Kemampuannya Memanipulasi Orang Lain

Terungkap dalam buku-buku Lord of the Rings, Saruman memiliki banyak keterampilan, tetapi salah satu yang paling tangguh, dan yang paling berbahaya, adalah suaranya yang menghipnotis. Dengan suaranya itu, dia bisa membujuk hampir semua orang untuk memikirkan apa yang dia ingin pikirkan. Lewat kemampuannya itu juga, Saruman berhasil menjerat Ent Treebeard, pohon raksasa yang hidup, agar dia bisa melarikan diri dari Orthanc, dan menyebabkan masalah di tempat lain.