Seri Boruto: Naruto Next Generation membawa para fans untuk melihat bagaimana masa depan dari para shinobi Konoha. Para karakter dari seri pertama Naruto kini sudah tumbuh dewasa dan berkeluarga. Anak-anak merekalah yang kemudian meneruskan apa yang dilakukan oleh orang tua mereka, yaitu menjadi shinobi Konoha yang kuat. Dan ini pun terjadi kepada Uzumaki Boruto dan Uchiha Sarada.

Mereka berdua adalah penerus dari klan Uzumaki dan juga Uchiha. Hal ini menjadi spesial khususnya bagi Sarada, dimana Sarada akan menjadi “Uchiha pertama” setelah klan Uchiha hancur dan hanya tersisa Sasuke saja. Selain menjadi penerus dari keluaga, khususnya ayah mereka, Sarada dan Boruto juga kemungkinan akan mengalami peningkatan kekuatan di masa yang akan datang.

Menurut salah satu teori, mereka berdua diramalkan akan mampu melampaui kekuatan kedua orang tua mereka saat ini. Karena memang itulah tujuan dari generasi selanjutnya, menjadi generasi yang lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Alasan lainnya adalah karena mereka adalah anak-anak pertama setelah reinkarnasi Indra dan Asura selesai.

Symbols given by Sage of the Six Paths to Naruto and Sasuke Chapter 672 - Anime & Manga Stack ExchangeSeperti yang kita ketahui, sosok Sasuke dan Naruto adalah merupakan perwujudan dari reinkarnasi Indra Otsutsuki dan Asura Otsutsuki. Mereka “dikutuk” untuk memiliki cycle of hatred atau lingkaran kebencian. Kutukan tersebut diawali ketika Indra cemburu kepada Asura, karena Hagoromo, ayah mereka, memutuskan untuk mewariskan sebagian besar kekuatannya kepada Asura.

Inilah yang kemudian membuat mereka terus bertarung dan saling membenci – meskipun sebenarnya Indra Otsutsuki yang membenci Asura. Kebencian tersebut kemudian menurun ke keturunan mereka. Diawali dengan Madara Uchiha dan Hashirama Senju dan kemudian berakhir di Uchiha Sasuke dan Uzumaki Naruto. Naruto sendiri mewakili reinkarnasi Asura sedangkan Sasuke mewakili reinkarnasi Indra.

Namun, kutukan kebencian tersebut hilang dan selesai setelah mereka bertarung untuk terakhir kalinya dan tidak ada yang menang atau pun kalah. Sasuke pun sudah tidak lagi jahat, dan dia menyadari kesalahannya. Dan itulah kemudian yang menjadi alasan mengapa kutukan kebencian tersebut hilang atau sudah selesai.

Meskipun kutukan kebencian sudah menghilang, namun Naruto dan Sasuke sendiri sebenarnya mewarisi hal lainnya dari mereka berdua yaitu segel bulan dan matahari. Menurut ceritanya, Hagoromo memberikan segel bulan kepada Indra sedangkan Asura mendapatkan segel matahari. Seperti halnya mitologi di dunia nyata, Hagoromo berharap bahwa mereka bisa saling mengisi dan saling membantu seperti halnya matahari dan bulan yang saling mengisi.

Sarada Mangekyou Sharingan Gameplay - Mod Naruto Storm 4 [PC] - YouTubeHal inilah yang kemudian akan diwariskan kepada generasi penerus Sasuke dan Naruto. Namun, ada hal menarik mengenai mewarisi segel bulan dan matahari ini. Banyak orang yang berpikir bahwa Uchiha Sarada akan mewarisi segel bulan seperti ayahnya, Sasuke, sedangkan Boruto akan mewarisi segel sang ayah, Naruto, yaitu segel matahari.

Namun, melihat dari ceritanya justru hal ini akan terbalik. Boruto kemungkinan akan mewarisi segel bulan sedangkan Sarada mewarisi segel matahari. Ada beberapa hal yang mendukung hal tersebut, pertama adalah bagaimana kedua anak tersebut justru mengagumi ayah dari rekannya. Dengan absennya Naruto menjadi sosok guru bagi Boruto, Sasukelah yang kemudian mengisi peran tersebut.

Terkadang, Sasuke pun menjadi sosok ayah kedua bagi Boruto. Hal ini pun terjadi pada Sarada, dimana dia sangat mengagumi sosok Naruto. Sarada mengagumi determinasi, semangat, dan juga kekuatan dari Naruto. Bahkan, dia pun bercita-cita menjadi seorang Hokage karena terinspirasi oleh Naruto. Hal ini juga didukung oleh Doujutsu yang mereka miliki masing-masing.

Seperti yang kita tahu, Boruto memiliki Doujutsu yang baru dan misterius yaitu Jougan. Secara desain, Jougan dikatakan mirip dengan Doujutsu Byakugan dan juga Doujutsu milik Toneri. Toneri sendiri adalah pemiliki dari segel bulan dan memang Doujutsu terlihat sangat mirip dengan bulan. Inilah yang kemudian menjadi “tanda” bahwa Boruto mungkin akan mewarisi tekad dari Sasuke.

mata jougan boruto - Boruto: Naruto Next Generation IndonesiaDi sisi lain, meskipun Sarada masih mengandalkan Sharingan Tomoenya, namun diprediksikan bahwa Sarada akan mampu membangkitkan Mangekyou Sharingan di kemudian hari. Meskipun belum ada konfirmasi mengenai hal ini, namun diyakini bahwa Mangekyou Sharingan Sarada akan berbentuk seperti matahari. Dan itulah kemudian yang akan menjadi petunjuk bahwa Sarada akan mewakili segel matahari milik Naruto.

Pada intinya, terlepas dari semua petunjuk mengenai Sarada dan Boruto, mereka berdua diyakini akan mampu melampaui kemampuan dari sang ayah. Sebagai “generasi pertama” setelah hancurnya kutukan kebencian, mereka mungkin tidak akan menjalani hidup seperti halnya Naruto dan Sasuke dulu. Mereka benar-benar akan saling menghargai, saling melindungi, dan saling mengisi.

Bahkan, Boruto sendiri pernah mengatakan bahwa dia memang tidak berminat untuk menjadi seorang Hokage. Tapi, dia sangat siap untuk kemudian menjadi sosok kepercayaan Sarada suatu saat nanti, menjadi sosok yang selalu bisa melindunginya. Perjalanan mereka berdua tentunya masih sangat panjang, kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan ceritanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.