Shanks si rambut merah adalah salah satu bajak laut terkuat di seri One Piece. Saat ini dia adalah salah satu dari empat kaisar lautan atau Yonko bersama dengan nama lainnya seperti Kaido dan Big Mom serta Blackbeard. Shanks juga adalah karakter yang sangat berpengaruh baik dalam cerita utamanya secara keseluruhan, maupun cerita lainnya, misalnya dia adalah sosok berpengaruh dalam hidup Luffy.

Meskipun dia adalah salah satu karakter bajak laut yang sangat hebat, sayangnya identitas serta informasi lainnya mengenai sosok Shanks masih sangat misterius. Kita tidak pernah tahu darimana dia mendapatkan kekuatan dahsyat yang dia miliki sekarang, dan sebagainya. Yang juga masih menjadi misteri mengenai sosok Shanks adalah nama aslinya.
Selama ini Shanks diketahui tidak memiliki nama belakang atau nama keluarga, seperti halnya Luffy. Namun, ada beberapa teori yang mencoba menerka nama lengkap dari Shanks. Menurut teorinya, nama lengkap Shanks adalah Portgas D. Shanks, yang mana artinya Shanks adalah adik dari Portgas D. Rogue, paman dari Ace, dan adik ipar dari Roger. Ada beberapa poin yang sedikit menjelaskan mengapa Shanks adalah bagian dari Portgas.

Pertama, Shanks mencegah Ace untuk mengejar Blackbeard dengan meminta bantuan dari Whitebeard agar menariknya kembali. Mengapa Shanks mau melakukan hal itu? Ace bukanlah salah satu dari kru atau mantan krunya dan bukan kewajiban Shanks juga untuk memperdulikan kru dari rivalnya. Mungkin Ace memperkenalkan dirinya kepada Shanks sebagai kakak dari Luffy.

Ace sangat senang karena Ace sudah merawat Luffy – sosok yang dia yakini bisa merubah dunia. Namun, bisa jadi juga hal tersebut adalah karena Ace adalah keponakannya. Yang kedua, apa yang Shanks lakukan di kerajaan Goa? Dia berangkat dari West Blue, dan tidak ada yang menarik sebenarnya untuk sosok bajak laut besar seperti Shanks di East Blue.

Karena itulah teorinya menyebutkan bahwa Shanks pada saat itu ingin bertemu dengan keponakannya dan kemudian tanpa disengaja dia pun kemudian bertemu dengan Luffy. Ketiga, Shanks berhasil menghentikan Kaido untuk pergi ke Marineford agar Whitebeard dan krunya disa bertarung melawan angkatan laut demi menyelamatkan Ace. Shanks juga menghentikan perang tersebut. Mengapa dia repot-repot harus menyelamatkan sosok Ace?

Di akhir peperangannya, Shanks meminta izin kepada Sengoku agar Ace dan Whitebeard dikubur olehnya, selain demi menghormati sang kakak, ini juga demi menghormati sang rival. Ace sendiri lahir di Baterilla, sebuah pulau yang ada di South Blue. Meskipun tidak disebutkan bahwa Rogue juga lahir disana, namun kemungkinan Rogue juga berasal dari West Blue.

Meskipun ini masih teori belaka, yang mungkin masih terdapat kelemahan, jika dipikir-pikir mungkin akan sangat luar biasa jika memang ternyata Shanks adalah benar paman dari Ace. Hal ini tentunya semakin mempererat hubungannya dengan Luffy. Kita nantikan saja ya Geeks fakta sebenarnya mengenai sosok Shanks ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.