Dalam chapter terbaru Boruto: Naruto Next Generation kita mengetahui seberapa penting dan berharganya sosok Naruto bagi seorang Kawaki. Kawaki sudah menjadi salah satu karakter misterius yang menarik perhatian para pembaca manganya, sejak awal dia diperkenalkan. Dan dalam pertarungan melawan Isshiki Otsutsuki ini, Kawaki menjadi sosok penting. Kawaki diincar nyawanya oleh Isshiki, dimana Isshiki akan menjadikan Kawaki sebagai wadahnya.

Meskipun sudah menggunakan mode terbarunya – mode Baryon – Naruto nyatanya tidak mampu mengalahkan Isshiki. Namun, berkat kekuatan ini jatah hidup dari Isshiki berkurang drastis. Sebelumnya, Isshki hanya memiliki jatah waktu tiga hari sejak dia dibangkitkan kembali dan setelah bertarung melawan mode terbaru Naruto, jatah hidupnya berkurang menjadi hanya tinggal beberapa menit saja.

Di akhir chapter 52 kita melihat bagaimana Isshiki akhirnya berhasil menarik Kawaki dari persembunyiannya, dengan memanfaatkan chakra Naruto di lengan buatan Kawaki. Dan akhirnya Kawaki berhasil muncul di dimensi tempat bertarungnya Naruto dan Isshiki. Di chapter 53 kemarin kita melihat bagaimana Kawaki terkejut setelah Isshiki berhasil menyeretnya ke medang pertempuran.

Isshiki sempat meminta Kawaki agar menyerahkan dirinya, namun Kawaki kabur. Tapi, seperti diungkapkan oleh Kawaki, Isshiki selalu berhasil menemukannya. Saat Isshiki mencekik Kawaki dan memaksanya untuk memulai ritual transfer segel Karma, Sasuke bertukar tubuh dengan Kawaki. Sasuke meminta Kawaki kabur dengan bom asap. Ternyata bom asap Sasuke bukanlah bom asap sembarangan, karena Isshiki tidak mampu menemukan Kawaki.

Frustasi nyawanya akan hilang, Isshiki kemudian mengancam Kawaki bahwa dia akan membunuh Naruto. Kawaki pun akhirnya menyerah dan menunjukan dirinya demi menyelamatkan Naruto, sosok guru dan sosok penting dalam hidup Kawaki sejauh ini. Kawaki kemudian mendekati Isshiki dan mengatakan bahwa dia lebih baik mati daripada hidup tanpa sosok Naruto.

Kawaki menunjukan banyak sekali perubahan sikap semenjak dia bertemu dengan Naruto. Kawaki asalnya adalah sosok yang dingin dan tidak peduli terhadap orang lain. Namun, sejak dia bertemu Naruto, dan menjadi bagian dari keluarga Uzumaki, sikap Kawaki pun berubah. Bukan hanya memberikan Kawaki tempat untuk tinggal, Naruto juga memberikan lengan buatan untuknya kepada Kawaki.

Menyadari dirinya lemah, Kawaki pun sempat meminta bantuan dari Naruto untuk mengajarinya berbagai macam jutsu. Dalam momen terakhir di chapter 53 ini menunjukan bahwa Kawaki akan melakukan apapun untuk membayar semua kebaikan yang sudah diberikan oleh Naruto. Namun, menarik untuk kemudian disimak apa yang akan terjadi setelah ini semua.

Seperti diperlihatkan di akhir ceritanya, Boruto yang dikendalikan oleh Momoshiki mulai bergerak dan bangkit menjadi ancaman baru. Dalam adegan flash forward di awal cerita pun diperlihatkan bahwa Kawaki memiliki segel Karma milik Isshiki. Jadi, kita nantikan saja apa yang akan terjadi kepada Kawaki selanjutnya. Apakah Kawaki mau melakukan hal yang mengerikan seperti mengorbankan diri demi Naruto? Kita nantikan saja kelanjutannya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.