Roronoa Zoro adalah seorang anggota Topi Jerami dan anggota kedua terkuat setelah Luffy. Di Wano, bajak laut Topi Jerami telah bersekutu dengan bajak laut lainnya untuk menjatuhkan Kaido. Kekuatan Zoro tentunya akan sangat berguna untuk aliansi Topi Jerami. Sama seperti anggota Topi Jerami lainnnya, Zoro menjadi semakin kuat setelah mengalahkan musuhnya atau saat bertemu dengan musuh baru. Karena itulah, tidak ada keraguan bahwa dia akan menjadi lebih kuat di Wano. Nah berikut ini adalah 5 kekuatan yang baru yang bisa Zoro peroleh di Wano. Apa saja? Simak di bawah ini!

Dapat menguasai Enma Sepenuhnya

Di Wano, Zoro pernah diminta untuk mengembalikan pedang Shusui ke Negeri Wano karena pedang tersebut dianggap sebagai aset yang tidak tergantikan. Nah sebagai gantinya, Zoro diberi salah satu pedang yang dimiliki oleh Kozuki Oden, yaitu pedang Enma. Pedang ini memiliki efek khusus untuk menyerap haki dari sang pengguna dalam jumlah yang sangat banyak, oleh karena itu tidak semua orang dapat menggunakannya. Sampai sekarang, Roronoa Zoro belum terlalu menguasai pedang Enma, tapi ini hanya masalah waktu sebelum Zoro benar-benar menguasai seluruh potensi penuh terhadap pedang Enma.

Ryouuou

Diperkenalkan di Wano, Ryuuou adalah kemampuan untuk mengeluarkan Busoshoku Haki melalui tubuh atau senjata pengguna dari jarak jauh. Kemampuan ini sebenarnya umum dimiliki oleh para samurai di Wano. Saat di Wano pun, Luffy berhasil mempelajari teknik ini juga. Itu berarti bahwa Zoro juga dapat menguasai Ryouuou untuk menjadi lebih kuat, sama seperti Luffy. Setelah mengambil alih pedang Enma, kemampuan Haki Zoro kemungkinan besar akan meningkat dan dengan demikian, maka Zoro dapat menguasai Ryuuou. Dengan menguasai Ryouuou, maka Zoro akan lebih mematikan dari sebelumnya.

Asura

Asura pertama kali ditunjukan oleh Zoro pada arc Enies Lobby. Asura adalah kekuatan yang mampu membuat Zoro melipatgandakan tubuhnya. Saat digunakan, Zoro dapat memiliki dua kepala, enam lengan dan beberapa kaki. Zoro sendiri pernah menggunakan kemampuan ini saat melawan Kaku. Tapi anehnya, Zoro jarang sekali menggunakan kemampuan ini setelah timeskip. Padahal jika Zoro menggunakan kemampuan ini, Zoro mendapatkan kemampuan untuk menggunakan Kyuutoryu, atau jurus sembilan pedang. Di Wano, mungkin Zoro akan bertarung melawan anak buah Kaido dengan menggunakan Asura. Dengan begitu kemampuan Asura akan kembali diperlihatkan di Wano setelah sekian lama menghilang dan kemampuan Asuranya akan lebih baik dari sebelumnya.

Nidai Kitetsu

Nidai Kitetsu adalah salah satu pedang yang dikutuk. Pedangnya sangatlah kuat dan merupakan pedang yang dimiliki oleh keluarga Kitetsu. Saat ini, Zoro sudah memiliki salah satu pedang dari jenisnya yang disebut Sandai Kitetsu. Tapi pedang Sandai Kitetsu merupakan pedang paling lemah dari ketiga pedang Kitetsu yang ada. Sandai Kitetsu sendiri dibuat oleh Tenguyama Hitetsu, tetapi menariknya, pedang yang lebih kuat yang dibuat oleh leluhurnya, Kotetsu, yang dikenal sebagai Nidai Kitetsu juga ada di negara Wano. Nidai Kitetsu saat ini tidak dimiliki oleh siapapun, yang berarti Zoro bisa saja menjadi pengguna dari pedang itu.

Conqueror Haki

Conqueror Haki atau haki penakluk adalah haki khusus yang tidak bisa dipelajari oleh semua orang. Haki ini dapat dikuasai oleh sosok yang dianggap sebagai pemimpin. Oleh sebab itu Conqueror Haki bukanlah kemampuan yang aneh di New World. Semua kapten dan beberapa tangan kanan kapten, seperti Katakuri dan Rayleigh, dapat mengeluarkan kemampuan Conqueror Haki. Dengan demikian, Zoro sepertinya akan menjadi salah satu pengguna Conqueror Haki dan ia akan menunjukkannya di Wano.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/