Season kedua The Mandalorian telah memunculkan banyak sekali kejutan kepada para penggemar Star Wars, dengan menampilkan Ashoka Tano, hingga Master Jedi Luke Skywalker di akhir episodenya. Penggemar tentunya mengharapkan karakter ikonik lainnya bisa muncul di waralaba Star Wars, yang saat ini tengah mengembangkan ceritanya. Di sisi lain, Samuel L. Jackson, yang memerankan Jedi Mace Windu, merayakan hari ulang tahunnya beberapa hari lalu, dan pada kesempatan itu akun Instagram resmi Star Wars mengucapkan selamat kepada sang aktor, dan memberikan petunjuk bahwa “pesta belum berakhir, dan ini baru saja dimulai.” Pernyataan tersebut lalu memunculkan spekulasi bahwa Jackson kemungkinan bakal mengulangi perannya itu di projek masa depan Star Wars.

Selama dua dekade terakhir, waralaba Star Wars sangat bergantung pada nostalgia, dan kecintaan para penggemar terhadap filmnya dan serialnya yang dipimpin oleh George Lucas. Dalam The Mandalorian, penggemar cukup dihibur lewat kemunculan sejumlah karakter ikonik seperti Boba Fett, Bo-Katan Kryze, Ahsoka Tano, Grand Admiral Thrawn, dan Luke Skywalker. Ashoka dan Boba Fett pun sudah dikonfirmasi bakal mendapatkan serial TV spin-off mereka sendiri di Disney +.

Jika Mace Windu kembali muncul di projek Star Wars masa depan, asumsi yang tepat mungkin ia bakal terlibat di serial Obi-Wan Kenobi mendatang yang dibintangi oleh Ewan McGregor. Dengan demikian, akan sangat masuk akal jika Mace Windu muncul dalam serial Obi-Wan Kenobi bersama dengan Hayden Christensen sebagai Anakin Skywalker, yang telah dipastikan menjadi bagian dari serial tersebut.

Master Jedi Mace Windu pertama kali muncul di The Phantom Menace tahun 1999. Di sanalah, Qui-Gon Jinn menawarkan diri untuk melatih Anakin Skywalker muda agar menjadi Jedi, namun Jedi High Council menolak hal tersebut. Mace Windu terus memiliki peran utama dalam alur cerita hingga Revenge of the Sith tahun (2005), di mana ia dinyatakan “tewas” di tangan Kaisar Palpatine. Penampilan terakhirnya ada di The Rise of Skywalker (2019) selama pertarungan klimaks antara Rey dan Palpatine. Suara Windu dapat didengar berbicara kepada Rey, mendorongnya untuk bangkit dan melawan karena semua Jedi masa lalu berada bersamanya.