Aktris Jeri Ryan, yang berperan sebagai Seven of Nine di serial Star Trek: Picard telah mengkonfirmasi di akun twitternya bahwa produksi season kedua dari serial tersebut ditunda, dan akan mulai kembali syuting pada Februari tahun 2021 mendatang. Awalnya, Picard rencananya akan mulai syuting musim keduanya selama musim panas tahun ini setelah perilisan musim pertamanya selesai di bulan Maret lalu. Pandemi COVID-19 membuat pembuatan film selama musim panas menjadi tidak mungkin, dan jadwal terbaru para kru bakal mulai syuting seasaon 2 di Januari 2021. Namun, dengan kabar yang telah diungkap oleh Jeri Ryan, musim kedua Star Trek: Picard dipastikan syuting di Februari tahun depan.

Serial Star Trek lainnya yang menghadapi kesulitan serupa untuk memulai pembuatan film adalah Star Trek: Discovery. Serial tersebut kini telah masuk dalam musim keempatnya, dan direncanakan akan syuting di November tahun 2020 ini, tapi sekarang para kru dan pemain bakal mulai syuting lagi di bulan Juni 2021. Sementara itu, apa yang dikabarkan oleh Jeri Ryan setidaknya memberi harapan kepada para penggemar bahwa Star Trek: Picard season 2 akan terus berlanjut meski mengalami penundaan.

Namun, pertanyaannya sekarang, jika syuting Star Trek: Picard season 2 dimulai pada Februari tahun depan, kira-kira kapan perilisan perdana dari serial ini akan tayang? Produksi pada season pertama dimulai menjelang akhir April 2019, dan tidak selesai hingga September 2019. Dari sana, hanya perlu waktu sekitar empat bulan untuk serial tersebut sampai ke penayangan perdananya. Jika timeline yang sama diikuti untuk season 2, syuting diharapkan akan berakhir pada Juli 2021, yang berarti season baru dapat debut pada November 2021.

Serial Star Trek: Picard sendiri menampilkan kembali aktor Patrick Stewart sebagai Jean-Luc Picard, mantan laksamana Starfleet yang sebelumnya memimpin USS Enterprise. Karakter yang diperankan oleh Stewart terlihat terakhir kali pada film Star Trek: Nemesis (2002). Di serial ini, Picard pensiun dari Starfleet sebagai protes ketika Federasi tidak membantu bangsa Romulans saat planet mereka, Romulus, hancur. Karena telah memutuskan untuk meninggalkan Strafleet, dan Romulans, Picard, yang sekarang berada di akhir hidupnya, harus menghadapi konsekuensi dari pilihannya dengan menebus tindakannya di masa lalu.