Wonder Woman 1984 (WW84) memperlihatkan Diana Prince mengenakan armor emas milik seorang prajurit Amazon kuno bernama Asteria saat ia berhadapan dengan Cheetah, dan Maxwell Lord. Di post credit-scene WW84, sosok Asteria diperlihatkan masih hidup dengan diperankan oleh aktris Lynda Carter. Aktris tersebut tentu saja adalah pemeran Wonder Woman klasik di serial TV tahun 1970an, dan selama beberapa dekade dirinya begitu lekat lewat perannya sebagai Diana Prince sebelum digantikan oleh Gal Gadot.

Kemunculannya di post credit-scene WW84 menunjukan bahwa film ini dipastikan bakal lanjut ke sekuel ketiganya. Lalu, bagaimana ia bisa muncul di bagian akhir film WW84, dan apa artinya bagi masa depan waralaba Wonder Woman ini, berikut adalah pembahasannya.

Apa yang Terjadi Dalam Post Credit Scene Wonder Woman 1984

Adegan post credit-scene WW84 dibuka dengan seorang wanita misterius berjalan melalui pasar (masih belum jelas apakah adegan tersebut berlatar tahun 1980an, atau di masa sekarang). Sebuah tiang kayu kemudian akan roboh, tetapi wanita itu dengan mudah menangkapnya sebelum mengenai seorang anak bayi. Sang ibu dari bayi itu lalu berterima kasih kepadanya, dan menanyai namanya. Wanita misterius lalu mengungkapkan bahwa namanya adalah Asteria, sang pemilik asli armor emas yang dikenakan oleh Wonder Woman, dan setelahnya itu post credit-scene pun berakhir.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Siapakah Asteria yang Diperankan oleh Lynda Carter?

Versi Asteria yang terlihat di post credit-scene Wonder Woman 1984 tidak muncul dalam DC Comics. Tapi baru-baru ini, edisi komik Justice League # 11 tahun 2018 menceritakan Diana ditemani seekor burung berkepala dua metalik yang ditemukannya di karang dan diberi nama Asteria, diambil dari nama saudari kuno yang berperang melawan dewa. Dalam mitologi Yunani, Asteria adalah dewi Titan yang namanya kira-kira diterjemahkan menjadi “bintang-bintang”. Meskipun dia biasanya tidak digambarkan mengenakan baju besi bersayap emas, tapi sayapnya itu terhubung ke cerita lain tentang Asteria, dimana ketika ia mencoba menghindari pengejaran Zeus, Asteria mengubah dirinya menjadi burung puyuh, dan menyelam ke laut, hingga akhirnya ia pun berubah menjadi Pulau Delos di Yunani. Sementara itu, di WW84 Asteria dikenal sebagai prajurit kuno Amazon yang dinyatakan telah “tewas” dan Armor miliknya itu diwarisi oleh Wonder Woman.

Akankah Asteria Muncul Dalam Film Wonder Woman 3?

Penampilan singkat Asteria sebagai cameo dalam post credit-scene WW84 kemungkinan besar dijadikan semacam simbolisasi penyerahan karakter Wonder Woman dari Carter ke Gal Gadot. Mungkin saja, apa yang terjadi di adegan tersebut memang menegaskan bahwa dirinya bakal muncul di film Wonder Woman mendatang. Wonder Woman 3 sendiri sudah secara resmi mendapat lampu hijau oleh Warner Bros.

Dengan Gal Gadot yang kembali untuk film ketiganya, ada kemungkinan Asteria bisa bergabung dengannya. Carter pun saat ini tetap aktif sebagai aktris, dengan peran terbarunya sebagai Presiden Olivia Marsdin di Supergirl, dan pengisi suara Azura di game Elder Scrolls. Meskipun penampilan cameo-nya menyenangkan dan mengejutkan, akan lebih menarik lagi ketika melihat dua versi Wonder Woman bersatu di layar lebar.