Akhirnya chapter yang dinanti-nanti para fans pun tiba, yaitu chapter 1000, dari seri One Piece. Sejak beberapa waktu lalu, para fans sudah tidak sabar untuk segera mengetahui cerita di chapter 1000, yang akan menjadi chapter pencapaian tertinggi untuk serinya sejauh ini. Di chapter 999 kemarin sendiri, kita dibawa ke cerita masa lalu Yamato yang erat kaitannya dengan sosok Ace.

Di sisi lain, Marco sendiri kemudian membawa Zoro untuk pergi ke atap istana Kaido. Namun, upaya tersebut tidak mudah memang karena Queen dan King menghadang mereka. Big Mom pun sudah sampai di istana Kaido dan siap bergabung dengannya. Big Mom dan Kaido terlihat percaya diri dengan apa yang sudah mereka lakukan. Lalu, apa yang terjadi di chapter spesial, chapter ke 1000 ini?

Marco vs. King dan Queen

Melanjutkan dari chapter sebelumnya, Queen dan King nampak mencoba menghadang Marco menuju atap bersama Zoro. Di chapter 999 sendiri Queen nampak menembakan senjata dari dalam mulutnya, yang mana hal itu sangat luar biasa. Namun, semua serangan Queen tidak bisa mengenai Marco yang memang dalam wujud Zoannya. Dan hal ini juga  terjadi di chapter 1000.
Semua serangan Queen dan King nyatanya tidak berpengaruh terhadap Marco. Dalam pertarungan ini. Justru Marco yang berada di atas angin. Ada beberapa hal menarik dalam pertarungan ini, pertama kita melihat Queen ternyata mampu memanjangkan lehernya seperti karakter Inspector Gadget. Tapi, semua itu tidak ada artinya karena Marco tidak mampu diserang.

Yang menarik lainnya adalah meskipun Queen mengenal sosok Marco – dilihat dari chapter sebelumnya bagaimana Queen menghina Marco seakan dia sudah mengenal lama – tapi, di chapter ini terlihat bahwa Queen sebenarnya tidak mengetahui seberapa kuat dan apa kekuatan dari Marco meskipun dia mengenal Marco. Hal ini dilihat dari perkataan Queen yang heran dengan semua serangannya yang tidak bisa mengenai tubuhnya.

Pengorbanan Toki

Shinobu, Momonosuke, dan Yamato masih banyak berbincang di chapter ini. Setelah di chapter 999 mereka mengetahui bahwa Yamato adalah anak dari Kaido, di chapter 1000 mereka berbincang mengenai buku catatan Oden yang ada di tangan Yamato. Menurut Yamato, dia menemukan buku catatan Oden tersebut di sungat dekat istana Oden yang terbakar. Dan yang menarik adalah Yamato mengatakan bahwa ada “seseorang” yang melindungi buku tersebut.

Meskipun masih belum diketahui siapa sosok tersebut, mengingat Kozuki Oden sudah tewas pada saat istananya dibakar, maka ada kemungkinan sosok tersebut adalah Kozuki Toki, istri dari Oden. Yamato juga menyebutkan bahwa semua hal yang terjadi di dunia tertulis di buku catatan Oden tersebut. Mulai dari kelahiran Momonosuke sampai ramalan mengenai kekuatan baru yang akan muncul.

Siapa Kekuatan Baru Tersebut?

Berbicara mengenai kekuatan baru, Oden sebelumnya pernah menyebutkan bahwa di masa depan, tepatnya 20 tahun lagi, akan ada kekuatan baru yang muncul yang jauh lebih kuat akan berhasil mengalahkan Oden dan membuat perubahan pada Wano. Para fans sendiri banyak yang menduga bahwa sosok tersebut adalah Monkey D. Luffy. Meskipun itu tidak salah, namun sebenarnya kekuatan besar tersebut bukan hanya Luffy.

Di chapter 999 Marco sempat menyebutkan bahwa sekarang adalah eranya generasi baru. Dan sebenarnya yang dimaksud oleh Oden dengan kekuatan besar di masa depan adalah kekuatan dari para bajak laut muda, generasi baru. Dan seperti kita lihat memang ada banyak bajak laut generasi baru yang berada di Wano. Selain Luffy, kita melihat Trafalgar Law, Eustass Kidd, Zoro, Killer, dan sebagainya.

Luffy Akan Jadi Raja Bajak Laut?

Meskipun masih belum ada konfirmasi pasti, namun kemungkinan besar peluang Luffy menjadi seorang raja bajak laut sangatlah besar. Monkey D. Luffy sedari kecil sudah bercita-cita ingin menjadi raja bajak laut, dan hal ini pun ternyata banyak juga diimpikan oleh para sosok hebat seperti penuturan Yamato. Yamato mengatakan dalam buku catatan Oden tertulis bahwa ada banyak figur besar, yang juga bermimpi menjadi raja bajak laut seperti halnya Luffy. Sang raja bajak laut, Gol D. Roger, pun dulu memiliki mimpi yang sama.

Red Scabbards Yang Sekarat

Seperti yang sudah diduga sebelumnya, ada dua kemungkinan yang terjadi kepada Red Scabbards. Jika tidak tewas, mereka kemungkinan tidak berdaya menghadapi Kaido. Dan hal ini terbukti di chapter 1000. Saat Luffy tiba di atap istana Kaido, kita melihat Luffy pertama-tama menghampiri sosok Kinemon yang berusaha untuk tetap bertahan hidup.

Kinemon dan Red Scabbards lainnya benar-benar dalam kondisi sekarat. Mereka semua terluka parah akibat pertarungan melawan Kaido. Meskipun pada awalnya mereka sempat membuat Kaido harus terdesak, namun pada akhirnya ketika Kaido menunjukan kemampun aslinya merekapun tidak bisa berbuat banyak. Perbedaan kekuatan mereka semua sangat jauh dibandingkan kekuatan Kaido.

Generasi Baru vs. Generasi Lama

Akhirnya, pertarungan puncak yang sudah sejak lama dinantikan para fans pun terjadi. Pertarungan antara Luffy melawan Kaido dan Big Mom. Setelah para suku Mink dari kelompok Inuarashi berhasil membersihkan lantai lima, Luffy pada akhirnya tiba di atap istana Kaido. Ternyata, setibanya Luffy di atap istana Kaido dia melihat Kidd, Law, Killer, dan Zoro juga sudah ada disana. Inilah kekuatan besar yang diramalkan Kozuki Oden akan mengalahkan Kaido dalam 20 tahun kedepan.

Kita bisa melihat bagaimana kharisma Luffy sebagai sosok calon raja bajak laut sangat luar biasa. Luffy tidak terintimidasi oleh kehadiran Kaido dan Big Mom. Dia kemudian meminta Law untuk memindahkan Kinemon dan para Red Scabbards lainnya ke tempat yang lebih aman. Dan seperti yang sudah diprediksi di artikel sebelumnya, kematian atau kekalahan Red Scabbards akan menjadi motivasi lebih bagi Luffy.

Hal ini bisa dilihat saat Kinemon dengan usaha terakhirnya meminta kepada Luffy untuj menyelamatkan Wano. Dan Luffy tidak ragu untuk melakukan hal tersebut. Kaido lalu menyerang dulu, namun Luffy kemudian berhasil menghindar. Pertarungan antara mereka pun resmi dimulai. Dan memang tidak salah jika chapter 1000 akan penuh dengan kejutan, salah satunya adalah kita diperlihatkan form lain dari Gomu Gomu yaitu Gomu Gomu no Red Rock yang berasal dari Gear Tiga.

Gomu Gomu no Red Rock merupakan pukulan dahsyat Luffy yang diperkuat oleh Ryuo. Ini adalah hasil latihan Luffy selama beberapa waktu di penjara Udon bersama Hyogoro. Seperti yang kita ketahui, Ryuo mampu membuat penggunanya menghancurkan benda keras apapun dari dalam. Dan Luffy sepertinya mempraktikan hal tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.