Setelah penundaan yang cukup lama karena adanya pandemi COVID-19, pembuatan film episode perdana dari serial The Lord of the Rings, yang akan ditayangkan di Amazon, akhirnya telah selesai. Sutradara film Jurassic World: Fallen Kingdom, J.A. Bayona, berada di belakang kamera untuk dua episode pertama dalam serial tersebut. Dalam postingan di akun instagramnya, ia mengungkapkan rasa terima kasihnya telah terlibat di projek ini, “Ini foto terakhir saya di Selandia Baru. Saya tidak punya kata-kata untuk berterima kasih kepada tanah yang luar biasa ini, dan orang-orangnya yang cantik karena telah membawa saya selama satu setengah tahun terakhir ini. Hati saya terasa seperti kiwi kecil sekarang, dan saya tidak sabar untuk kembali.”

Terkait postingan yang diungkapkan oleh Bayona, para penggemar di media sosial mulai berspekulasi bahwa serial The Lord of the Rings telah menyelesaikan syuting untuk seluruh episodenya. Namun, hal itu dibantah oleh akun fansbase TheOneRing.net di twitter, dengan menyebutkan bahwa serial The Lord of the Rings hanya menyelesaikan syuting untuk episode pilotnya saja, dan episode yang tersisa akan dimulai kembali pada Januari 2021.

Sebelumnya dilaporkan bahwa Amazon mengalahkan Netflix dalam hal merebut hak televisi atas serial tersebut, dengan menghabiskan 250 juta dollar hanya untuk mengamankan haknya saja. Nantinya akan dilaporkan bahwa dengan biaya casting, pembuatan film, efek visual, dan membayar produser, serial The Lord of the Rings akan menelan biaya produksi lebih dari 1 milliar dollar. Selain itu, serial ini juga telah mengumumkan beberapa nama pemain yang akan terlibat seperti, Robert Aramayo (Ned Stark muda di Game of Thrones), Ismael Cruz Córdova (The Mandalorian) dan Joseph Mawle (Benjen Stark di Game of Thrones).

Terlepas dari nama-nama baru di atas, sebuah laporan mengungkapkan bahwa beberapa karakter dari The Lord of the Rings akan dimunculkan mulai dari Sauron, Elrond, dan Galadriel. Serial The Lord of the Rings pun sekarang ini telah diperbarui untuk musim kedua di Amazon Prime, dan debut untuk musim perdananya diharapkan meluncur di tahun 2021. Naskah serial ini kemudian ditulis oleh J.D. Payne dan Patrick McKay, yang juga berperan sebagai showrunner dan produser eksekutif. Bryan Cogman dari Game of Thrones bergabung sebagai produser konsultan.