Sebelum Marvel Comics meroket popularitasnya pada tahun 60an, buku komik yang paling laris adalah buku komik bergenre horor, khususnya dari EC Comics, yang mulai diterbitkan pada tahun 40an. Buku-buku EC Comics lebih berfokus pada cerita horor, fiksi ilmiah, fantasi dan perang. Namun, Comics Code Authority kemudian muncul di tahun 65, dan setelah kemunculannya, EC Comics mulai menghilang.

Ketika Marvel mulai hidup, Marvel harus berhadapan dengan Comics Code. Jadi, Marvel kemudian mencoba untuk menambahkan cerita horor dalam komik mereka. Hal itu masih terus mereka lakukan, bahkan hingga saat ini, kita masih sering melihat beberapa komik horor Marvel, atau komik superhero yang ceritanya hampir seperti horor. Apa saja komik tersebut? Simak pembahasannya di bawah ini ya Geeks.

Hiro Studios

Venom: The Hunger

Dirilis pada tahun 1996, Venom: The Hunger adalah sebuah komik miniseri yang terdiri dari empat edisi yang digarap oleh Len Kaminski, Ted Halsted, Scott Koblish, Tom Smith dan Ken Lopez. Dalam komik ini, kita diperlihatkan saat Venom yang suka memakan orang sepanjang kehidupannya, yang hal tersebut tidak diceritakan dalam filmnya. Dalam komik tersebut, Venom tidak dapat menahan dirinya sendiri, sehingga ia mulai memakan otak dari orang-orang. Seri komik ini memang menceritakan sisi tergelap Venom, di mana Eddie Brock harus berjuang agar dia tidak menjadi semakin gelap.

Marvel Zombies

Marvel menghadirkan cerita horor mengerikan pada tahun 2006 lewat komik Marvel Zombies yang digarap oleh Robert Kirkman dan Sean Phillips, dan komik ini memiliki banyak sekuelnya. Dalam komik ini, wabah mulai mengubah pahlawan super di Bumi menjadi zombie. Mereka yang berubah mulai memakan segalanya dan bahkan memakan sesama manusia. Ketika tidak ada yang tersisa di Bumi, para zombie bahkan membunuh Galactus dan pergi untuk memakan sisa-sisa alam semesta. Bahkan, ada reboot dari franchise Marvel Zombies yang rilis tahun 2020.

Spirit of Vengeance

Pada tahun 2017 lalu, Marvel merilis komik Spirits of Vengeance. Komik ini memperlihatkan universe Marvel yang menjadi horor. Komiknya dibuat oleh Victor Gischler dan David Baldeon. Kita diperlihatkan saat Ghost Rider (versi Johnny Blaze), Blade, Hellstrom, dan Satana saling bergabung. Menurut Gischler sendiri, komik Spirits of Vengeance selalu dimaksudkan sebagai komik horor, tetapi tidak segelap buku horor lainnya. Tapi walau begitu, cerita yang dihadirkan tetap mengerikan. Tentunya komik ini cocok untuk para penggemar cerita horor.

New Mutants: The Demon Bear Saga

New Mutants tidak dimaksudkan untuk menjadi komik horor sepenuhnya, melainkan menjadi spinoff dari X-Men, dengan anak-anak mutan yang masih belum siap untuk menghadapi dunia yang kejam. Buku ini telah dirilis pada tahun 1984, dan dibuat oleh tim kreatif Bill Sienkiewicz. Komiknya menceritakan sosok beruang iblis raksasa yang diciptakan oleh alam bawah sadar Dani Moonstar. Saat Dani dalam keadaan koma, rekan satu timnya harus melawan makhluk mengerikan ini, dan Magik membuktikan betapa berbahaya monster itu sebenarnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

Hiro Studios

1
2
Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.