Dalam serial The Boys, karakter William “Billy” Butcher dikenal sebagai seorang mantan anggota pasukan khusus Inggris, yang kini berubah menjadi Vigilante. Ia sangat tidak mempercayai para Supes, ras manusia yang memiliki kekuatan super, karena salah seorang diantara mereka bernama, Homelander, bertanggung jawab atas hilangnya sang istri. Di versi komiknya, penggambaran tentang dirinya diungkap dengan cara yang berbeda. Billy bukan hanya terlihat kejam, dan pejuang yang terlatih, tapi sebagai karakter ia juga didukung dengan kekuatan super, dan teknologi canggih untuk berhadapan melawan Para Supes.

Sama seperti semua Supes, kekuatan yang dimiliki oleh Billy berasal dari Compound-V, bahan kimia yang dibuat oleh Jonah Vogelbaum yang lebih efektif jika diberikan pada usia muda. Ia juga menggunakan bahan kimia tersebut untuk digunakan kepada anggota timnnya “The Boys” yang membutuhkannya. Selain itu, ia juga menyuntikan bahan V kepada anjing bulldognya, Teror, agar bisa memiliki kekuatan super, dan dapat menemaninya dalam kondisi apapun.

Billy jauh lebih kuat daripada manusia normal, dan meskipun ia mendapatkan bahan V di usia yang tidak muda, kekuatannya hampir mendekati Homelander dan Black Noir yang berada di level atas. Walaupun begitu, latihan yang dilakukan oleh Billy memungkinkan dia untuk menang dalam pertempuran langsung dengan Supes level menengah. Dalam komik The Boys edisi 65, Billy bahkan mampu memecahkan tengkorak Black Noir dengan linggis.

Kekuatan terbesar Billy adalah sikapnya terhadap kekerasan. Ketika Jack dari Jupiter membunuh Terror, Billy memojokkan dan menyiksanya sebelum Jack menggunakan kata ajaibnya untuk menjadi kebal. Itu adalah sentimen yang dia ulangi dalam beberapa kesempatan, dan sesuatu yang memberinya keunggulan, memungkinkan dia melakukan kekerasan naluriah tanpa ragu-ragu atau hati nurani.

Rekannya dalam tim The Boys, Hughie, mengamati bahwa Billy adalah pembunuh Supes yang efektif karena dia tahu semua tentang mereka bahkan sebelum pertarungan dimulai. Billy juga memiliki berbagai sumber informasi rahasia selama memimpin The Boys, terutama dari Doc Peculiar dan “the Legend”, seorang mantan penulis buku komik yang bertanggung jawab menjual Supes kepada publik, dan rahasia kotor mereka. Seperti agen black-ops yang cerdik, Billy Butcher memaksa salah seorang Supes untuk menyusup ke markas mereka sendiri, atau memintanya membocorkan informasi rahasia agar reputasi para Supes terselamatkan.

Buku komik The Boys memperlihatkan kekuatan super Billy, daya tahan yang tidak manusiawi, mentalitas seorang pembunuh, hingga menjadi alat yang mampu membunuh setiap Supes di dunia. Sementara untuk serial The Boys, Billy diceritakan sangat berbeda di mana ia hanya sosok manusia biasa, namun dengan dendam terhadap Supes yang membuatnya akan melakukan apapun untuk membalasnya