Arc Wanokuni tidak diragukan lagi merupakan arc paling besar dan paling epik dalam seri One Piece. Saat ini, arc Wano sendiri sedang berjalan di babak ketiga. Salah satu hal utama yang muncul dari arc Wanokuni adalah tentang bagaimana Luffy dan aliansinya berusaha untuk mengalahkan Kaido dan Big Mom, serta mengembalikan kedamaian di Wano.

Namun, nyatanya ada elemen menarik lainnya yang juga muncul di arc Wanokuni ini yaitu tentang pengkhianatan. Bukan tanpa sebab, karena selama arc Wano ini berjalan, sudah banyak pengkhianatan terjadi. Misalnya, contoh pertama adalah ketika Kidd dan Hawkins harus dikhianati oleh Apoo, yang ternyata sudah menjadi bagian dari Kaido. Hawkins juga akhirnya mau bergabung dengan Kaido, mengikuti jejak Apoo.

Contoh lainnya adalah Kozuki Oden yang dikhianati oleh Kurozumi Orochi, yang pada awalnya sudah dianggap sebagai adik dari Oden ternyata justru mencoba menggulingkan Oden dari belakang. Tidak hanya itu, dia juga membunuh Yasuie. Dan yang terakhir adalah bagaimana Drake “mengkhianati” kelompok bajak laut Beast. Drake sebelumnya menjadi bagian dari kelompok Beast yang kemudian terungkap bahwa sebenarnya itu hanyalah bagian dari strategi penyusupan.

Banyak prediksi yang kemudian muncul di kalangan para fans. Misalnya apakah Big Mom yang akan kemudian mengkhianati Kaido dan menjadi raja bajak laut dengan caranya sendiri. Sebenarnya spekulasi bahwa Big Mom akan mengkhianati Kaido banyak didiskusikan para fans. Hal ini dikarenakan memang ambisi yang besar dari Big Mom itu sendiri.

Spekulasi mengenai Big Mom ini kemudian diperkuat di chapter 992, saat Perospero dan Marco muncul dihadapannya. Dalam percakapan antara Perospero dan Big Mom, Perospero sendiri mempertanyakan mengapa Big Mom mau bekerja sama dengan Kaido. Dia kemudian bertanya kepada Big Mom mengenai impiannya menjadi raja bajak laut.

Big Mom sendiri kemudian marah kepada Perospero yang mana dia “tidak mempercayai” rencana yang sudah dibuat oleh Big Mom. Momen ini seolah memberikan petunjuk jelas bahwa Big Mom memang memiliki rencana untuk mengkhianati Kaido, setelah dia mendapatkan Road Poneglyph yang dimiliki Kaido. Dan Perospero sendiri paham dengan maksud dari Big Mom, karena itulah dia membatalkan kerja samanya dengan Marco.

Namun, ada hal menarik di chapter 999 kemarin yang berkaitan dengan hal ini. Di akhir ceritanya diperlihatkan Big Mom menemui Kaido, yang sedang duduk santai. Big Mom kemudian berbincang dengan Kaido. Ada dua hal menarik yang dibahas, pertama Big Mom yang menginginkan Kaido tidak membunuh Nico Robin karena dia tahu Robin bisa membaca Poneglyph. Big Mom sendiri sepertinya tidak mau menunggu lama sampai Pudding melakukan “true awakening” miliknya.

Dan hal yang kedua adalah membahas tentang dimana Onigashima akan diturunkan. Kaido sendiri menjawab bahwa Onigashima akan diturunkan, tepat di atas sebuah kastil yang tidak terpakai. Kaido tidak peduli bahwa hal itu akan membunuh banyak penduduk Wano. Kemudian Big Mom bertanya apakah ada Road Poneglyph di tempat tersebut.

Mendengar hal itu, reaksi Kaido sangat mengejutkan. Dia seolah sudah mengetahui apa tujuan dari Big Mom. Big Mom sendiri langsung berusaha menutupi hal tersebut dengan mengatakan kepada Kaido untuk tidak mencurigainya. Big Mom kemudian mengatakan bahwa dia masih menganggap Kaido sebagai adik kecilnya. Big Mom langsung menimpali mengenai “hutang” Kaido kepadanya dengan memberikan buah iblis saat Rocks D. Xebec kalah di God Valley.

Yang menarik dari momen ini adalah Kaido sepertinya sudah sangat paham dan tahu apa yang diincar oleh Big Mom. Kaido juga seolah sudah mengetahui bahwa Big Mom kemungkinan akan mengkhianati dirinya. Logikanya, jika Kaido tidak mengetahui hal tersebut, dia tidak akan menjawab pertanyaan Big Mom dengan jawaban yang “menyinggung” perasaan Big Mom.

Kaido sendiri mengincar Road Poneglyph yang ada di tangan Big Mom. Hal ini kemudian memunculkan sebuah pertranyaan yaitu apakah kemudian Kaido akan balik mengkhianati Big Mom? Menilik dari apa yang diungkapkan oleh Sengoku, dimana kru dari Rocks memang biasa saling berkhianat, saling membunuh, dan saling membenci satu sama lain, maka besar kemungkinan Kaido juga akan mengkhianati Big Mom.

Bukti nyatanya adalah dia membunuh Orochi begitu saja tanpa belas kasihan, padahal mereka sudah 20 tahun menjadi kerja sama. Dan Big Mom juga sepertinya tahu bahwa Kaido akan mengkhianatinya, suatu saat nanti. Hanya waktu yang kemudian akan menjawab, siapa diantara mereka yang akan terlebih dahulu berkhianat, itupun dengan satu syarat utama yaitu tidak ada diantara mereka yang kalah dari Luffy.

Seperti yang kita tahu, Luffy saat ini sedang mengincar kekalahan dari kedua Yonko ini. Dan mengalahkan Kaido adalah salah satu tujuan utam dari arc Wanokuni. Apakah Big Mom akan terlebih dahulu mengkhianati Kaido, sebelum Luffy berhasil mengalahkannya? Atau justru sebaliknya? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.