Mode Baryon adalah kemampuan terbaru dari Naruto Uzumaki yang digunakan dalam pertarungannya melawan Isshiki Otsutsuki dalam seri One Boruto: Naruto Next Generation. Berbeda dengan jutsu atau kemampuan lainnya, mode Baryon ini benar-benar menggabungkan dua kekuatan secara langsung antara Naruto dan Kurama. Dengan menyatukan kekuatan mereka secara langsung, maka akan menghasilkan energi yang sangat luar biasa yang membuat Naruto jauh lebih kuat.

Kemampuan dari mode Baryon ini terbukti mampu mengungguli Isshiki Otstsuki, sosok Otsutsuki paling kuat yang diketahui sejauh ini. Namun, bukan berarti Naruto tidak terkalahkan dalam mode ini. Ada beberapa karakter yang dipercaya mampu menandingi dan bahkan mengungguli kemampuan mode Baryon. Lalu, siapa saja mereka?

Hagoromo Otsutsuki

Hagoromo Otsutsuki atau yang biasa dikenal sebagai Rikkudo Sennin, merupakan karakter terkuat di seluruh seri Naruto dan juga merupakan karakter yang terkuat diantara klan Otsutsuki lainnya. Dia merupakan anak dari Kaguya Otsutsuki dan sedari kecil, Hagoromo sudah memiliki Rinnegan di matanya. Kemampuan Rinnegan Hagoromo tidak ada tandingannya.Hagoromo juga pernah bertarung melawan sang ibu, Kaguya Otsutsuki, selama berbulan-bulan tanpa kelelahan sama sekali. Bahkan, dia menyegelnya dengan menggunakan Chibaku Tensei. Hagoromo mampu melakukan ini disaat dia belum memiliki jyuubi. Belum lagi Hagoromo memiliki sederet teknik mengerikan dan dahsyat, yang mana rasanya Naruto tidak akan pernah sanggup mengalahkannya.

Kaguya Otsutsuki

Kaguya Otsutsuki juga adalah salah satu karakter terkuat yang pernah muncul dalam cerita Naruto. Sama seperti klan Otsutsuki lainnya, Kaguya Otsutsuki memiliki kemampuan yang sangat dahsyat. Bahkan kemampuannya tersebut dikatakan lebih hebat dan lebih kuat dibandingkan Madara Uchiha. Dengan menggunakan kekuatannya, dia bisa menghancurkan sebuah planet.

Yang membuat Kaguya jauh lebih kuat adalah dia memakan buah chakra dari pohon suci. Dengan menggunakan kekuatan Rinne-Sharingan, Kaguya mampu membuka portal menuju enam dimensi berbeda dan bahkan mampu secara instant melakukan teleportasi, baik dirinya atau orang di sekitarnya, ke lokasi yang dia inginkan. Jika mau, Naruto bisa saja dikirimkan ke dimensi lain dan mode Baryon miliknya jadi tidak berguna.

Isshiki Otsutsuki

Karakter yang bisa dibilang paling kuat sejauh ini dalam seri Boruto adalah Isshiki Otsutsuki, dan merupakan partner bagi Kaguya Otsutsuki. Sudah sejak lama Isshiki berada di dalam tubuh Jigen yang menjadi wadahnya. Dengan menggunakan tubuh Jigen, Isshiki mampu bertarung melawan Naruto dan Sasuke secara bersama-sama dan masih bisa memenangkan pertarungan itu.

Isshiki memang berhasil dikalahkan oleh mode Baryon, tapi perlu diingat bahwa dalam pertarungan tersebut Isshiki hanya memiliki jatah hidup tiga hari setelah dia bereinkarnasi. Bahkan, sebenarnya saat mode Baryon pun Isshiki masih sempat mengungguli kekuatannya. Bisa dibayangkan jika kemudian Isshiki berada dalam mode “sempurnanya” mungkin Naruto akan kesulitan menghadapinya.

Para Pemimpin Otsutsuki Lainnya

Seperti yang sudah dijelaskan dalam ceritanya, klan Otsutsuki adalah sebuah klan alien yang sangat besar. Mereka bukan hanya Kaguya, Hagoromo, atau Isshiki. Ada banyak sekali Otsutsuki di alam raya Naruto dan mereka selalu menginvasi planet-planet untuk dihancurkan, setelah energi kehidupannya diserap dan menjadi buah chakra yang sangat dahsyat.

Klan Otsutsuki juga memiliki struktur hirarki yang jelas, artinya ada banyak pemimpin kelompok yang memiliki kekuatan sangat dahsyat, dibandingkan Otsutsuki yang sering kita lihat sejauh ini. Meskipun kita masih belum mengetahui bagaimana kekuatannya, namun kemungkinan besar mereka akan mampu menghadapi mode Baryon Naruto.

Boruto Dewasa

Uzumaki Boruto adalah protagonis utama dalam seri One Boruto: Naruto Next Generation dan itu artinya dia akan menjadi sorotan utama di seri ini. Saat ini, dia memiliki Karma dari Momoshiki Otsutsuki. Di masa depan nanti, seperti yang terlihat dalam momen flash forward di awal serinya, Boruto dewasa dipastikan akan berubah menjadi sangat kuat berkat kekuatannya.

Belum lagi Boruto memiliki doujutsu Jougan yang sangat misterius, yang mana hal ini membuatnya jauh lebih berbahaya. Boruto sendiri sekarang sudah mampu bertarung melawan wadah dari Isshiki, Kawaki, yang artinya ketika Boruto menggunakan seluruh potensinya, dia akan cukup kuat untuk mengatasi Naruto dalam pertempuran.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.