Luke Skywalker muncul di episode terakhir Mandalorian musim kedua berjudul The Rescue. Tapi yang menjadi pertanyaan semua orang, berapa usia Skywalker saat ia muncul di timeline Mandalorian. Episode terakhir sendiri memperlihatkan berbagai kejutan yang terjadi, seperti Din Djarin yang tanpa sadar mengklaim Darksaber dari Moff Gideon, Baby Yoda yang diselamatkan dari cengkraman Empire, dan juga kemunculan Luke Skywalker sebagai penyelamat Baby Yoda.

Momen itu adalah salah satu momen Luke yang paling mengesankan, mengingat cara Luke menggunakan lightsaber hijaunya dan kekuatan Force yang luar biasa untuk mengalahkan pasukan Dark Troopers. Para penggemar sendiri sebelumnya sudah melihat penampilan Luke Skywalker di banyak film, seperti saat Luke dilahirkan dalam Star Wars: Episode III – Revenge of the Sith, dan saat Luke mati di Star Wars: The Last Jedi. Tetapi nih Geeks, kemunculan Luke di serial Mandalorian sedikit berbeda, karena Luke tengah berada di puncak kejayaannya. Hal itu memang tidak mengherankan karena timeline yang digunakan dalam serial Mandalorian berbeda.

Seperti yang ditunjukkan dalam Revenge of the Sith, Luke Skywalker diperlihatkan lahir pada 199 BBY, hanya dua hari sebelum Empire Day. Itu berarti Luke berusia 19 tahun pada awal trilogi asli Star Wars, dan berumur 23 pada akhir trilogi Star Wars di Return of the Jedi. Sementara itu peristiwa The Rescue berlangsung pada 9 ABY, yang berarti Luke Skywalker berusia 28 tahun di Mandalorian musim kedua episode 8. Hal itu sangat masuk akal mengingat Luke begitu kuat saat tampil di The Rescue.

Kekuatan Force memang dapat berkembang seiring bertambahnya usia, dan Luke tentunya menghabiskan waktunya selama bertahun-tahun untuk mengasah bakat kekuatan Forcenya sehingga Luke terlihat luar biasa di episode 8. Pemeran dari Luke Skywalker sendiri sebanarnya diganti dan bukan lagi Mark Hamill. Pemeran Luke Skywalker dalam serial Mandalorian adalah Max Llyod Jones yang juga berusia 29 tahun, sesuai dengan usia karakternya.

Mark Hamill hanya mengisi suara untuk karakter Luke Skywalker dan wajahnya ditumpangkang ke tubuh Llyod Jones. Meskipun ada beberapa keluhan tentang CGI dari wajah Luke Skywalker, tetapi banyak orang yang akhirnya dapat mengerti betapa sulitnya membuat wajah karakter yang begitu hidup menggunakan CGI.

Serial Mandalorian sendiri masih jauh dari akhir cerita Luke Skywalker. Pasalnya di 15ABY, sekitar umur 34 tahun, Luke Skywalker akan mulai melatih Ben Solo, dan ketika itu Ben berbalik melawannya, dan Kuil Jedi mulai dihancurkan pada 28 ABY, saat Luke berusia 47 tahun. Ketika dia kembali dalam Star Wars: The Force Awakens dan kemudian meninggal dalam The Last Jedi, Luke berusia sekitar 53 tahun. Itu berarti Luke Skywalker yang muncul di serial Mandalorian adalah versi awal dari Luke Skywalker yang masih terus melanjutkan petualangannya.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.