Stormtroopers adalah prajurit tempur yang paling dikenal di Star Wars. Sebelum kehancuran Galactic Empire, mereka mengabdi kepada Kekaisaran di bawah kepemimpinan Emperor Palpatine, dan para komandannya, terutama Darth Vader dan Grand Moff Tarkin. Desain kostum Stormtroopers asli didasari pada baju zirah milik para Mandalorian, namun bedanya para prajurit Kekaisaran tersebut memiliki corak putih di seluruh kostumnya, dengan sebuah helm ikoniknya.

Di luar desain asli Stormtrooper yang seperti itu, ada banyak varian kostum Stormtrooper lainnya yang sangat keren. Desain Stormtroopers ini diubah untuk tujuan tertentu, atau memang diciptakan sebagai penanda kelas Stormtroopers yang berbeda, dan lebih elit. Lalu, kira-kira seperti apa bentuknya? Di bawah ini adalah ulasannya.

Dark Troopers

Pasukan ini diperkenalkan secara singkat di The Mandalorian season 2 pada Chapter 12: The Siege. Dark Troopers lalu tampil penuh dan mendominasi pada Chapter 14: The Tragedy saat mereka menculik Grogu. Mereka merupakan sebuah droid trooper yang bisa terbang, dan diciptakan oleh Moff Gideon. Meski begitu, di episode terakhir The Mandalorian season 2, Dark Trooper, berhasil dihancurkan oleh Luke Skywalker ketika dia berniat menyelamatkan Grogu yang disekap oleh Gideon.

Purge Troopers

Purge Troopers ini adalah pasukan yang dirancang untuk membantu Inquisitor dalam memburu Jedi. Mereka menggunakan berbagai senjata mulai dari peledak hingga tongkat listrik. Armor hitam dan merah yang mereka miliki mampu menahan serangan lightsaber. Pasukan ini ditampilkan dalam video game Star Wars terkenal, Star Wars: Jedi Fallen Order.

Death Troopers

Death Troopers adalah salah satu pasukan paling elit di Kekaisaran. Armor hitam yang mereka kenakan merupakan peningkatan besar dibandingkan dengan stormtrooper yang biasa. Warnanya yang hitam pekat membuat Death Troopers lebih mengintimidasi dua kali lipat. Helm mereka dilengkapi dengan sensor, yang ditingkatkan, dan sistem penargetan yang memberi mereka kesadaran lebih baik di medan perang.

Salah satu keistimewaan besar Death Troopers adalah mereka dapat berkomunikasi tanpa ada yang tahu apa yang mereka katakan. Hal itu disebabkan karena mereka mempunyai enkripsi khusus, yang bisa memberikan taktis selama pertempuran.

SCAR Troopers

SCAR Troopers alias Special Commando Advanced Recon Troopers, adalah regu unik yang terdiri dari stormtrooper khusus, kelompok yang paling terkenal adalah Task Force 99. Pimpinan dari Task Force 99 adalah Sersan Kreel, ia memiliki seragam stormtrooper yang lebih tradisional, tetapi ia membawa lightsaber sebagai senjata utamanya. Ada juga Misty yang merupakan penembak jitu yang ahli, lalu Zuke, membawa peluncur roket di punggungnya.

Incinerator Troopers

Pasukan ini sering muncul di berbagai properti Star Wars, mereka bakal melenyapkan semua orang yang berani menghalangi jalan dan tujuannya. Armor merah dan putih mereka lebih tahan terhadap panas daripada prajurit biasa. Mereka juga membawa flamethrower yang digunakan sebagai senjatanya untuk membakar lawan-lawannya. Salah satu momen terbesar mereka adalah ketika membakar bar tempat Grogu dan Mando bersembunyi, tapi Grogu lewat forcenya menekan kembali api tersebut untuk menyelamatkan orang-orang.