Monkey D. Luffy memang merupakan salah satu karakter terkuat di seri One Piece. Luffy memiliki kekuatan dari buah iblis Gomu no Mi. Luffy juga diberkati oleh berbagai kekuatan lainnya seperti Gear dan Haki. Semua kekuatan yang Luffy miliki tersebut terbukti sangat membantu Luffy dalam mengatasi berbagai musuhnya yang kuat.

Tapi, sering kali juga Luffy berada dalam peristiwa yang sulit, dimana situasi tersebut hampir membuat Luffy tewas. Menariknya selalu ada orang yang berhasil menolongnya. Misalnya Trafalgar Law atau Nico Robin. Namun, setelah sekian lama berlalu, bagaimana nasib dari mereka yang pernah menolong Luffy saat ini?

Nico Robin

Nico Robin dulunya adalah salah satu agen yang diandalkan oleh Baroque Works dan Crocodile dalam menggulingkan kekuasaan Nefertari di Alabasta. Robin juga dulu adalah salah satu orang yang harus menghadapi Luffy dan kelompok Topi Jerami disana. Berkat kemampuan buah iblisnya Luffy sempat mengalami kesulitan untuk menghadapi Robin.

Namun, Robin melihat ada sesuatu yang berbeda dalam diri Luffy yang akhirnya menggerakan hati Robin untuk menolongnya. Perlahan kepercayaan Luffy terhadap Robin meningkat, bahkan Luffy pernah mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan Robin yang diculik dan hampir dimasukan ke penjara. Dan sekarang Robin menjadi bagian dari kru Topi Jerami. Dia merupakan kru paling cerdas dengan berbagai pengetahuannya tentang masa lalu dan juga ilmu pengetahuan lain.

Trafalgar Law

Law dan Luffy pertama kali bertemu dalam sebuah lelang manusia ikan di kepulauan Shabaody. Pada saat itu, Luffy “berulah” karena menghajar seorang naga langit yang menembak Hacchin. Rayleigh menggunakan Haki miliknya untuk melumpuhkan orang-orang di pelelangan duyung tersebut. Law lalu “membantu” Luffy menghadapi para angkatan laut yang muncul.

Di peristiwa Marineford, Law kembali membantu Luffy, ketika dia tidak sadarkan diri mengetahui Ace sudah tewas. Mungkin bila tidak ada Law, Luffy tidak akan bisa selamat meskipun dia dilindungi oleh Jinbe. Sekarang Law sudah menjadi bagian dari aliansi besar Luffy. Dia juga sekarang berada di Onigashima bersama Luffy, untuk bertarung bersama menghadapi Kaido.

Vinsmoke Reiju

Petualangan Luffy dalam arc Whole Cake Island memang salah satu yang menarik, salah satunya adalah kita akhirnya mengetahui tentang keluarga Vinsmoke yang merupakan keluarga Sanji. Sanji ternyata memiliki kakak dan adik, salah satunya adalah Reiju. Ketika pertama kali bertemu, Reiju menyadari bahwa Luffy hampir tewas akibat racun di kulit Armored Stonefish.

Chopper tidak bisa berbuat banyak karena racunnya sangat kuat, dan juga sudah menyebar ke seluruh tubuh. Luffy benar-benar dalam keadaan yang sekarat. Sebenarnya ada adik Sanji, yaitu Yonji yang melintas di pinggir Sunny Go namun hanya Reiju yang mau menolong Luffy. Akhirnya Reiju pun menghisap seluruh racun dalam diri Luffy, sebagai bentuk terima kasih karena telah merawat Sanji. Nasib Reiju sendiri saat ini masih belum diketahui, sama seperti keluarga Vinsmoke lainnya. Namun, kemungkinan Reiju masih tetap menjadi salah satu kekuatan terbesar Germa 66.

Roronoa Zoro

Cerita tentang Zoro dan Luffy memang selalu menarik. Zoro merupakan orang yang pertama kali ditemui oleh Luffy, ketika dia memulai untuk menjadi bajak laut. Zoro adalah salah satu orang yang sangat percaya terhadap kekuatan dan kemampuan Luffy, dan dia yakin bahwa Luffy akan menjadi raja bajak laut.

Yang paling ikonik dari pengorbanan Zoro adalah ketika Luffy yang hampir tewas akibat luka parah yang dia derita, kemudian Zoro pun rela menanggung semua rasa sakit yang dialami Luffy agar dia bisa kembali sadar. Zoro sendiri sekarang sudah menjadi tangan kanan alias orang kepercayaan Luffy di kru Topi Jerami.

Jinbe

Sama seperti beberapa karakter lainnya, Jinbe pada awalnya tidak terlalu dekat dengan Luffy. Namun, setelah dia berada di satu sel bersama Ace dia pun mulai mengenal siapa Luffy dari cerita Ace. Ketika Luffy berhasil menerobos Impel Down dan bertemu dengan Jinbe, akhirnya mereka berdua pun bekerja sama. Jinbe memang teringat akan pesan dari Ace untuk menjaga adiknya.

Jinbe kemudian terus berada di samping Luffy untuk melindunginya, demi memenuhi janji kepada Ace. Tapi, perlahan Jinbe mulai memperayai Luffy sebagai seorang yang kuat. Dia sempat bertarung melawan Akainu demi melindungi Luffy, bahkan dia mengorbankan nyawanya untuk membawa kabur Luffy yang tidak sadarkan diri. Sekarang, Jinbe sudah menjadi bagian dari kru topi jerami dan menjadi nahkoda handal bagi kru tersebut.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.