Titanic sejauh ini sudah menjadi film besar dengan menghasilkan pendapatan lebih dari 2 milliar dollar di seluruh dunia. Film ini begitu terkenal karena menampilkan duet ikonik diantara Leonardo DiCaprio (Jack), dan Kate Winslet (Rose). Selain faktor tersebut, Titanic menjadi film romance yang mengesankan sekaligus tragis sebab Jack meninggal karena hipotermia, dan ia tenggelam jauh ke dalam laut Atlantik yang dingin.

Kenangan tragis akan ending tersebut mungkin akan berbekas bagi siapa saja yang menonton film Titanic. Tapi, seorangg pengguna Reddit, yang juga merupakan penggemar film Titanic, telah mengungkapkan sebuah teori yang membuat film ini malah semakin menyedihkan. Teori yang coba ia ungkapkan pada dasarnya menyebut jika sosok Jack Dawson adalah tidak nyata. Jack merupakan bentuk manifestasi dari imajinasi Rose itu sendiri, sebab Rose butuh sosok heroik yang perlu ia bayangkan untuk bertahan dari hubungannya dengan Cal Hockley. Jadi sederhananya, Jack tidak pernah benar-benar ada dalam film tersebut, dan Jack yang selama ini dilihat Rose hanyalah imajinasinya.

Pengguna Reddit itu pun menyajikan bukti untuk memperjelas teorinya yang disebutkan sebagai berikut: Rose pertama kali bertemu dengan Jack ketika Rose mencoba untuk bunuh diri karena Rose terjebak dalam pertunangan dengan pria yang tidak ia cintai. Selama momen ini, Rose membayangkan seorang pria yang berlawanan dengan Cal dalam segala hal, mulai dari baik hati, spontan, jujur, tidak mementingkan diri sendiri, dan sangat bebas. Selain itu, Rose mengharapkan sosok pria yang percaya padanya, bisa benar-benar mencintai, dan melindunginya tanpa perlu mengontrolnya. Sosok pria tersebut kemudian muncul dalam rupa yang bernama Jack Dawson.

Dalam keputusasaannya, Rose percaya Jack itu nyata, dan mereka kemudian memiliki waktu-waktu yang menyenangkan selama berada di kapal Titanic. Jack meyakinkan Rose untuk “membebaskan diri agar tetap hidup”, dan dengan demikian Jack menyuarakan alam bawah sadar Rose, dan membuatnya lebih kuat serta lebih berani.

Ketika kapal Titanic menabrak gunung es dan mulai tenggelam, dia membutuhkan Jack untuk menemukan kekuatannya agar bisa bertahan hidup. Saat keduanya terapung di tengah lautan Atlantik, Rose berkata bahwa dia tidak akan pernah melepaskannya, tapi pada akhirnya membiarkannya tenggelam ke dasar lautan karena bagaimanapun juga Jack tidak akan selamat sebab dia tidak nyata. Tetapi, Rose berjanji menyimpan semua pelajaran yang dia ajarkan padanya untuk selamanya.

Bukti teorinya yang lain mengatakan saat adegan berada di masa depan, ketika Rose sudah menua, seorang kru dari tim pemburu harta kartun menyebutkan bahwa tidak pernah ada catatan Jack dalam daftar penumpang Titanic. Tapi, teori ini nampaknya diperdebatkan karena Jack sendiri memenangkan tiket dalam permainan kartu beberapa menit sebelum kapal berlayar, jadi tentu saja tidak ada catatan atas namanya.

Tapi karena kita mendengar cerita sepenuhnya dari sudut pandang Rose, mungkin saja apa yang ia bicarakan tentang Jack Dawson benar-benar nyata, atau memang sebuah karangan imajiner belaka. Selain itu, teori yang disuguhkan oleh pengguna Reddit tersebut tidak perlu dianggap serius karena pada kenyataannya kisah Jack dan Rose juga adalah fiksi.