Setelah kematian dari Ymir Fritz, kekuatan Founding Titan miliknya kemudian diwariskan ke para penerusnya yang kemudian menjadi sembilan Titan Ymir. Para penerus dari Ymir ini adalah bangsa Eldian. Kesembilan keturunan Ymir yang memiliki kekuatan Titan disebut sebagai sembilan Titan Shifters. Geeks tentunya sudah mengetahui sembilan Titan utama Ymir yaitu Colossal, Attack, Armored, Jaw, Female, Beast, Cart, War Hammer, dan Founding Titan.

Masing-masing jenis Titan memiliki keunggulannya tersendiri. Ada yang mampu bergerak dengan cepat, ada yang mampu berkomunikasi dengan Titan lainnya, dan sebagainya. Ketika para fans merasa bahwa semua jenis dan bentuk Titan sudah diperkenalkan, kita kemudian dikejutkan oleh sosok baru atau jenis baru dari kesembilan Titan tersebut.

Misterinya sendiri dimulai dengan transofrmasi dari Falco Grice, salah satu pasukan Warrior Squad Marley. Pada awalnya, Falco ditunjuk sebagai kandidat untuk menjadi penerus Armored Titan. Namun, rencananya berubah ketika Falco kemudian memakan Porco Galliard dan menjadi penerus dari Jaw Titan, seperti diperlihatkan di chapter 129. Ada hal menarik dari Jaw Titan Falco.

Berbeda dari bentuk dan penampilan Jaw Titan Galliard, Jaw Titan Falco lebih mirip seperti binatang buas. Ini berbeda dan baru pertama kali diperlihatkan di serinya. Namun, dari segi kekuatan tidak ada perbedaan yang jauh. Kemudian kejutan muncul di chapter 133 dimana Falco mengatakan kepada Annie Leonhart bahwa dia “bermimpi” bahwa ada di masa lalu, bentuk dari Jaw Titan tidaklah seperti sekarang.

Menurut Falco, dulu ada pemilik dari Jaw Titan yang memiliki bentuk seperti burung dan memiliki kemampuan untuk terbang. Gabi sendiri kemudian menyadari bahwa memang bentuk Jaw Titan Falco sedikit berbeda dengan milik Galliard. Ketika seorang Titan Shifter mewariskan kekuatannya kepada orang lain, biasanya pemilik selanjutnya akan memiliki ingatan dari pemilik Titan sebelumnya. Mirip seperti Avatar-cycle atau siklus Avatar dalam cerita The Last Air Bender.

Shingeki no Kyojin – Chapter 135 | Read Shingeki no kyojin Manga OnlineAwalnya Falco menyangka bahwa itu adalah ingatan dari pemilik Beast Titan sebelumnya, namun Falco sendiri meyakini bahwa dia juga bisa melakukan hal yang sama yaitu terbang. Dan hal ini kemudian terbukti di chapter 135 kemarin, dimana Annie bersama Falco yang berubah menjadi “Winged Jaw Titan” atau Flying Titan berhasil menyelamatkan sebagian pasukan Survey Corps.

Flying Titan atau Titan terbang sama sekali belum pernah diperlihatkan di serinya, dan Titan jenis ini dianggap sebagai salah satu Ancient Titan atau jenis Titan kuno. Masih belum diketahui bagaimana Jaw Titan bisa memiliki sayap seperti layaknya burung. Jika melihat apa yang terjadi kepada Eren, dimana dia mampu bertransformasi menjadi bentuk yang lebih mengerikan, maka ada kemungkinan Jaw Titan juga berevolusi atau bertransformasi.

Hal ini kemudian diperlihatkan dalam salah satu adegan dimana bentuk-bentuk dari Titan kuno sangat jauh berbeda dengan apa yang kita lihat sekarang. Masih belum diketahui juga apakah benar itu merupakan evolusi, layaknya manusia, atau ada hal lain. Mungkin Hajime Isayama bisa memberikan penjelasan mengenai hal ini sebelum benar-benar mengakhiri ceritanya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.