Saat pertama kali para fans Dragon Ball Z diperkenalkan mengenai konsep Legendary Super Saiyan (sebuah transformasi yang hanya bisa diraih dalam seribu tahun atau lebih oleh seorang pejuang kuno) adalah saat Frieza Saga. Saat Goku pertama kali menjadi seorang Super Saiyan, hampir seluruh fans dan karakter di serinya setuju, bahwa Goku adalah sosok legendaris, sosok petarung kuno.

Namun, ketika Broly – yang disebut sebagai “Super Saiyan Legendaris” – pertama kali muncul di layar kaca, semuanya mengalami perubahan. Kehadiran Broly memunculkan perdebatan diantara para fans, mengenai siapa diantara mereka berdua yang jauh lebih kuat. Dan yang paling penting, siapa yang pantas menyandang gelar Super Saiyan Legendaris diantara mereka berdua? Berikut adalah beberapa alasan mengapa Broly adalah sosok yang pantas untuk hal tersebut.

Mencapai Form Yang Tidak Pernah Dilampaui Goku

Sejak kemunculan Kale sebagai Super Saiyan Legendaris di universenya sendiri, istilah “Super Saiyan Legendaris” seolah sudah kehilangan sisi “eksklusif” dari istilah tersebut. Sebenarnya hanya satu petarung sejati yang mampu meraih titel atau form tersebut, meskipun Goku adalah fighter terkuat di universe 7 dia tida tidak pernah mencapai form yang diraih oleh Broly tersebut.

Goku sudah berevolusi ke beberapa jenis Super Saiyan, tapi bukan Super Saiyan Legendaris yang mampu meningkatkan massa otot tubuhnya dan juga level kekuatannya. Fakta bahwa hanya Broly yang bisa melakukan hal tersebut, seolah memberikan petunjuk bahwa Broly adalah sosok yang memang pantas disebut legenda.

Broly Menghancurkan Galaksi

Meskipun bukan menjadi bagian dari canon Dragon Ball, film The Legendary Super Saiyan memberikan kita sedikit gambaran mengenai kekuatan Broly, yang dalam versi canonnya pun kurang lebih sama. Goku memang mungkin sudah sangat sering menyelamatkan seluruh galaksi dan alam rayanya, tapi untuk menghancurkan seluruh alam raya seperti yang dilakukan oleh Broly rasanya tidak akan pernah bisa dilakukan oleh Goku.

Dalam film The Legendary Saiyan, kita diperlihatkan bagaimana Broly menghancurkan seluruh South Galaxy atau galaksi selatan dalam sekejap. Yang luar biasanya lagi adalah Broly menghancurkan seluruh galaksi tersebut tanpa susah payah. Meskipun Goku mungkin bisa melakukannya, daya hancurnya mungkin tidak akan sekuat Broly.

Lebih Kuat Dari Beerus

Beerus adalah sosok dewa penghancur dari universe 7, universe yang menjadi tempat tinggal Goku. Beerus adalah sosok yang sangat kuat, dimana dia berhasil mengalahkan Goku dengan mudah dalam sebuah pertarungan. Saking kuatnya, form Super Saiyan God Goku sendiri tidak mampu untuk mengalahkan Beerus. Dan yang menarik, ada sebuah momen singkat dalam film Dragon Ball Super: Broly dimana Goku berpikir bahwa Broly mungkin lebih kuat dari Beerus.

Namun, sampai saat ini hal itu belum mendapatkan konfirmasi dari Akira Toriyamanya sendiri. Jikapun hal tersebut benar dan Broly memang jauh lebih kuat dari seorang dewa, maka Broly bisa dipastikan jauh lebih kuat dari form Super Saiyan God Goku. Yang lebih penting lagi, jika kemudian Broly memang jauh lebih kuat dari seorang dewa yang mampu menghancurkan berbagai planet, maka tidak terbayangkan sejauh apa kekuatan Broly sebenarnya.

Jauh Lebih Kuat Dari Super Saiyan Blue

Secara canon, sudah diperlihatkan dalam cerita Dragon Ball bahwa Super Saiyan Blue – dan terutama transformasi Perfected Super Saiyan Blue milik Vegeta – adalah form terkuat yang bisa diraih oleh Super Saiyan. Artinya ini adalah titik akhir dari form Super Saiyan. Dengan begitu, ketika Broly berubah dan mengakses form Super Saiyan Legendaris maka dia bisa dengan mudah mengalahkan Goku dan Vegeta dalam form Super Saiyan Blue. Keduanya harus melakukan fusion dan menjadi Super Saiyan Blue Gogeta, hanya untuk menandingi kekuatan Borly. Dan mengerikannya, meskipun semua itu sudah dilakukan, pertarungannya masih tetap alot.

Kalah, Tapi Menang

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, Goku memang berhasil menandingi kekuatan dari Broly. Namun, itupun sebenarnya bukan karena kekuatannya secara murni. Semua itu karena hasil fusion dengan Vegeta yang kemudian menjadi Gogeta. Sebelumnya, Broly benar-benar menghancurkan Goku sampai-sampai dia sampai terpaksa harus melakukan fusion bersama Vegeta.

Namun, meskipun Gogeta mampu menandingi kekuatan Broly pertarungannya menjadi pertarungan yang sulit. Ada sebuah momen dimana Gogeta hampir saja dikalahkan oleh satu serangan terakhir Broly. Jadi, dengan semua kekuatan dan kengerian yang dimiliki Broly, rasanya pantas jika dia disebut sebagai sosok “Super Saiyan Legendaris.”

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.