Dalam pertempuran puncak di Marineford, kita melihat sebuah peristiwa yang menarik dimana Luffy “bertarung” melawan Dracule Mihawk. Sebagai salah satu Shichibukai, sudah jadi kewajiban Mihawk membantu pihak angkatan laut untuk melindungi markas pusat dari serangan kelompok Whitebeard. Uniknya, Mihawk seperti tidak berminat untuk melakukan hal tersebut terlepas dia ada disana.

Mihawk diketahui baru mulai bergerak ketika dia melihat Luffy dan akhirnya pertarungan mereka pun dimulai. Sebenarnya, ini bukanlah pertarungan dalam arti sebenarnya karena Luffy tidak meladeni pertarungan tersebut dan lebih banyak menghindar agar dia bisa cepat menyelamatkan Ace. Mihawk sendiri terlihat tidak berniat untuk membunuh Luffy. Lalu, apa sebenarnya alasan mereka berdua bertarung di Marineford?

Mihawk sempat meminta maaf kepada Shanks karena mencoba membunuh Luffy dan saat di Baratie pun sepertinya Mihawk tidak ingin menghabisi nyawa Luffy dan Zoro. Jika Mihawk memang mau bertarung, mungkin dia bisa mengincar salah satu komandan divisi Whitebeard. Kemungkinan Mihawk pada saat itu ingin mencari tahu mengapa Zoro begitu setia kepada Luffy.

Seperti yang kita tahu, Zoro pernah bertarung melawan Mihawk dan kalah. Baik Zoro ataupun Luffy saling mempercayai satu sama lain. Mihawk ingin menguji hal tersebut mengapa dia mau menjadi kru Luffy. Kemungkinan lainnya adalah dia ingin mengetahui mengapa Shanks meu bertaruh banyak demi Luffy. Kita juga tahu bahwa Shanks mengorbankan lengan kirinya demi sebuah “pertaruhan di masa depan.”

Whitebeard dan Mihawk sendiri tidak mengerti apa maksud dari Shanks – pada saat itu. Karena itulah Mihawk ingin mencari tahu mengapa Shanks rela melakukan itu semua. Dan kemungkinan terakhir adalah Mihawk sengaja ingin menguji kekuatan dari Luffy. Sebelum tiba di Marineford, reputasi Luffy begitu cepat naik berkat aksinya yang memang benar-benar diluar dugaan.

Can Luffy take on the marines? | One Piece AminoDia berhasil mengalahkan Buggy, Crocodile, Rob Lucci, Gecko Moria, dan berhasil masuk dan keluar penjara Impel Down tanpa tertangkap. Mihawk sengaja ingin mencari tahu sejauh mana  kekuatan dari Luffy. Hal ini dikarenakan pencapaian Luffy sendiri tidaklah mudah. Luffy harus menghancurkan agen Baroque Works untuk mengalahkan Crocodile. Luffy juga harus berurusan dengan pasukan zombie sebelum menghabisi Moria.

Namun, yang membuat Mihawk terkejut dari kekuatan Luffy adalah bukan kemampuannya yang menjadi spesial dari diri Luffy melainkan bagaimana dia mampu membuat orang-orang di sekitarnya untuk mau berjuang bersama dan bahkan rela mengorbankan nyawa mereka demi Luffy. Inilah yang menurut Mihawk merupakan kekuatan paling mengerikan dan terbesar yang dimiliki Luffy.

Alasan yang mungkin terdengar cukup payah adalah karena Luffy menghalangi jalan Mihawk. Para Shichibukai bertugas untuk membantu angkatan laut menjaga markas besar mereka. Dan pada saat itu ada Luffy yang kebetulan muncul, sehingga Mihawk hanya menjalankan tugasnya saja. Namun, rasanya alasan tersebut terlalu cheesy untuk sosok Mihawk.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.