Jika kamu adalah penggemar One Piece, rasanya tidak mungkin jika tidak mengenal sosok Shanks si rambut merah. Sebagai bajak laut, Shanks cukup unik. Umumnya angkatan laut selalu membenci bakal laut, tapi justru hal itu tidak berlaku bagi Shanks. Baik bajak laut lain atau pun angkatan laut seolah menaruh hormat pada Shanks. Mengapa hal itu bisa terjadi? Mari kita beberkan beberapa alasan yang masuk akal.

Kekuatan Shanks

Sudah bukan hal yang aneh menjadi seorang Yonko artinya level kekuatannya harus berada di atas rata-rata bajak laut atau bahkan di atas para pasukan angkatan laut. Sama seperti Big Mom. Kaido, Whitebeard yang mendapatkan gelar Yonko salah satu alasannya karena kekuatan yang besar yang mereka miliki. Kekuatan yang dahsyat itulah yang membuat mereka ditakuti dan dihormati oleh para bajak laut lainnya.

Jika berbicara masalah kekuatan, Shanks memiliki kru bajak laut yang lengkap. Dia tidak memiliki keluarga atau divisi seperti Whitebeard. Dia tidak memiliki keluarga besar seperti Big Mom. Dan dia juga tidak memiliki pasukan yang banyak seperti Kaido. Meskipun Shanks hanya memiliki krunya saja, tapi kekuatan mereka pun tidak kalah kuat dibanding Shanks.

Shanks Adalah Sang Penjaga

Banyak fans yang menyebutkan bahwa Shanks bisa jadi merupakan “pintu terakhir” menuju Laugh Tale. Artinya dia akan memilih dan menghindarkan bajak laut yang dianggap tidak pantas yang akan pergi ke Laugh Tale untuk menemukan One Piece. Bisa jadi, dia sudah membuat sebuah kesepakatan dengan pihak Pemerintah Dunia, yang menyatakan bahwa dia akan melindungi One Piece. Karena kesepakatan inilah Shanks dihormati oleh angakatan laut maupun Pemerintah.

Tahu Tentang Masa Lalu

Shanks mungkin sama dengan Doflamingo, mereka tahu tentang apa rahasia besar yang disembunyikan oleh Pemerintah Dunia. Bedanya, Doflamingo berasal dari salah satu keluarga kerajaan yang juga menjadi bagian dari Pemerintah Dunia. Sedangkan Shanks kemungkinan tahu tentang semua itu dari apa yang diceritakan oleh Roger ketika pulang dari Laugh Tale.

Shanks sediri sebenarnya tidak ikut dalam perjalanannya ke Laugh Tale, karena dia lebih memilih menjaga Buggy yang demam dan tidak diperbolehkan untuk ikut. Jadi, kemungkinan selama dalam perjalanan pulang atau selama petualangannya menuju Laugh Tale, dia sudah melihat semuanya. Shanks juga terlalu kuat untuk dibunuh, sehingga Pemerintah Dunia lebih memilih bekerja sama dibandingkan menjadi musuhnya.

Kesepakatan Dengan Pemerintah

Jika memang Shanks menjalin kerja sama dengan Pemerintah Dunia untuk melindungi One Piece, bisa jadi alasan sebenarnya bukanlah itu. Dia tidak melakukan hal itu untuk membuat One Piece tetap menjadi sebuah misteri dan melindungi Pemerintah Dunia. Dia melakukan hal tersebut untuk meyakinkan bahwa harta karun paling berharga tersebut ditemukan oleh orang yang tepat, yang bisa jadi adalah Monkey D. Luffy. Dan Pemerintah Dunia tidak tahu tentang hal ini.

Writer for Greenscene.co.id, i'd love every genre of movies but specially, i'm nolan fans.