Di akhir film Avengers: Endgame, Tony Stark tidak menyerahkan gelar Iron Man ke James “Rhodey” Rhodes. Padahal mereka berdua adalah teman baik. Hal itu sangat kontras dengan apa yang Steve Rogers lakukan, di mana Rogers rela memberikan perisainya kepada Sam Wilson agar Sam Wilson menjadi penerusnya sebagai Captain America. Dalam Avengers: Endgame, Tony Stark tetap membiarkan Rhodey sebagai War Machine dan tidak menjadikannya sebagai Iron Man penerusnya.

Yap, Tony Stark adalah sosok pahlawan super yang sangat berbeda, dan ada beberapa alasan yang membuat Rhodey tidak menjadi penerus Tony Stark sebagai Iron Man. Sebagai permulaan, pandangan Tony Stark ke Iron Man memang selalu rumit. Di saat pahlawan super seperti Spider-Man dan Captain America memandang bahwa menjadi pahlawan super adalah sebuah kehormatan dan hak istimewa, Tony malah memandang Iron Man dengan cara yang berbeda.

Tony menggangap Iron Man sebagai sarana penebusan dosa masa lalunya. Tony mencoba menebus semua kesalahan yang pernah ia buat dengan cara menjadi Iron Man. Bagi Tony Stark, menjadi sosok Iron Man bukanlah hadiah, tetapi beban yang harus ia lakukan. Oleh karena itu Tony Stark tidak pernah menginginkan beban itu untuk diberikan kepada sahabatnya, Rhodey. Ada juga alasan utama lainnya mengapa Tony Stark tidak memberikan gelar Iron Man ke Rhodey.

Iron Man tidak seperti Captain America. Captain America bukanlah Steve Rogers. Captain America sebenarnya adalah sebuah ide dan perisai yang dibawanya adalah simbol dari ide tersebut, yang mewakili seluruh Amerika. Itu berarti bahwa Captain America dapat diganti-ganti oleh siapapun selain Steve Rogers. Sementara Tony bagaimanapun adalah Iron Man, dan Iron Man adalah Tony Stark. Itu berarti bahwa Iron Man dan Tony Stark, keduanya saling terikat erat.

“I am Iron Man” adalah salah satu kalimat yang terkenal, yang terlontar dari mulut Tony Stark dalam film pembuka MCU. Kalimat itu membuktikan bahwa Tony Stark adalah Iron Man dan tidak akan ada orang yang bisa menjadi Iron Man selain Tony Stark, tidak seperti Captain America. Oleh karena itu Tony Stark tidak meneruskan gelar Iron Man kepada Rhodey. Sebagai gantinya, Rhodey sekarang bebas untuk melanjutkan kisahnya setelah Avengers: Endgame tanpa menanggung beban sebagai Iron Man.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/