Buah Iblis dan Haki

Meskipun buah iblis dan Haki adalah dua kekuatan yang berbeda, tapi kedua kekuatan ini bisa digunakan secara bersama-sama. Hal ini diperlihatkan oleh Enel di Skypiea, dimana Observation Haki miliknya – yang biasa disebut mantra – dipadukan dengan kemampuan buah iblis Goro Goro no Mi miliknya.

Contoh lainnya adalah Monkey D. Luffy, dimana dia menggabungkan kekuatan dari Gear 4 miliknya dengan Armament Haki. Hasilnya cukup membuat Donquixote Doflamingo terkejut, dimana Luffy “menciptakan” sesuatu yang baru. Armament Haki seharusnya membuat tubuh penggunanya menjadi keras, tapi Luffy tetap bisa menjaga elastisitas karet dari kekuatan Gomu Gomu miliknya.

Para Pengguna Semua Jenis Haki

Menurut Silvers Rayleigh, meskipun seseorang bisa saja memiliki lebih dari satu Haki, mereka pasti akan lebih kuat pada salah satu Hakinya. Tapi, ada beberapa orang yang memang bisa menguasai ketiga jenis Haki tersebut, contohnya adalah Monkey D. Luffy. Meskipun hal ini jarang terjadi, sejauh ini sudah ada 10 orang yang diketahui merupakan pengguna dari semua Haki. Kaido dan Big Mom adalah contoh dari 10 karakter tersebut yang diperlihatkan dalam arc Wano ini. Dengan pertempuran besar yang akan terjadi, mungkin kita akan melihat siapa lagi yang memiliki kemampuan semua jenis Haki.

Angkatan Laut Yang Memiliki Conqueror Haki

Setiap angkatan laut yang memiliki pangkat wakil admiral atau diatasnya pasti memiliki akses terhadap kekuatan Haki. Para wakil admiral dan admiral pasti memiliki dua jenis haki, yang biasanya adalah Armament dan Observation Haki. Para admiral tentunya menjadi sosok yang lebih kuat dan lebih mahir dalam menggunakan kemampuan ini.

Para angkatan laut juga ternyata ada yang memiliki Conqueror Haki, meskipun sejauh ini baru ada satu orang yang diketahui memiliki kemampuan ini yaitu Sengoku the Buddha. Masih belum diketahui apakah Garp juga memiliki kemampuan Haki ini.

Binatang dan Haki

Karena Haki merupakan sebuah kekuatan yang ada di dalam diri setiap makhluk hidup dalam cerita One Piece, para binatang juga memiliki kemampuan Haki. Sejauh ini sudah diperlihatkan dua kali dalam versi animenya. Alpacacino dari Neo Marines pernah memperlihatkan kemampuan ini, juga Kung-Fu Dugong Captain yang berasal dari cerita filler One Piece.

Karakter seperti Tony Chopper sepertinya memiliki peluang untuk bisa mengakses kekuatan ini di masa depan. Dan menariknya, suku Mink sudah memperlihatkan kemampuan ini dengan Inuarashi merupakan salah satu penggunanya.

Haki Yang Paling Banyak Digunakan

Diantara semua jenis Haki yang ada, Armament Haki adalah Haki yang paling banyak digunakan dan dihadirkan dalam cerita One Piece. Haki jenis ini memang sangat berguna ketika seseorang sedang bertarung melawan musuh yang memiliki kemampuan buah iblis – seperti pengguna Logia – atau melawan musuh yang memang sangat kuat.

Haki Armament juga membuat penggunanya bisa menghancurkan pertahanan yang dibuat oleh mereka yang menggunakan buah iblis, seperti tubuh karet Luffy. Observation Haki menjadi Haki yang paling banyak digunakan nomor dua, dan Conqueror Haki menjadi Haki yang paling jarang digunakan atau diperlihatkan.

1
2