Haki adalah sebuah kekuatan yang terdapat pada diri seseorang dalam cerita One Piece. Meskipun begitu, tidak semua orang bisa mengakses kekuatan Haki. Ada yang memang bakat dalam dirinya dan kemudian muncul sendiri, bisa juga dibangkitkan melalui latihan yang sangat keras dan lama. Namun, ada beberapa fakta yang harus kamu tahu tentang Haki ini. Seperti yang bisa kamu baca dibawah ini.

Pengenalan 

Meskipun Haki sebenarnya sudah diperlihatkan di awal cerita One Piece – misalnya ketika Luffy bertarung melawan God Enel yang menggunakan Observation Haki di Skypiea – nama “Haki” sendiri baru dengan jelas diperkenalkan saat arc kepulauan Sabaody dimana para kru topi jerami berhasil dikalahkan. Dalam arc ini, kita melihat bagaimana para suku Kuja menggunakan Armament Haki di panah mereka. Kemudian ketika di Impel Down pun kekuatan Haki sempat diperlihatkan. Dan yang paling luar biasa tentunya apa yang dilakukan oleh Rayleigh di pelelangan manusia ikan.

Mereka Yang Lahir Dengan Haki

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Haki bisa dibangkitkan dengan berbagai macam cara, seperti latihan yang sangat keras. Hal inilah yang dilakukan oleh Roronoa Zoro dan juga Monkey D. Luffy. Sisanya adalah mereka yang secara tidak sadar memiliki kemampuan ini, contohnya adalah Koby (dan Luffy), dimana kemampuan Haki miliknya membuatnya pingsan.

Tapi, ada juga yang memang memiliki kemampuan Haki ini sejak mereka lahir. Mereka diantaranya adalah Aisa yang berasal dari Skypiea, dan juga Ratu Otohime yang berasal dari pulau manusia ikan. Luffy juga sebenarnya memiliki Conqueror Haki sejak lahir, dan hal ini terbukti ketika Luffy berhasil menghentikan eksekusi Ace.

Debut

Kita tentunya sudah mengetahui apa dan bagaimana serta seberapa kuat Haki di dalam serinya. Tapi, informasi ini baru tersedia ketika Luffy berlatih bersama dengan Rayleigh di sebuah pulau. Meskipun informasi lengkapnya baru saja diberikan, sebenarnya kekuatan dari Haki sudah diperlihatkan bahkan di chapter atau episode pertama seri One Piece.

Geeks tentu ingat adegan yang sangat monumental ketika Shanks merelakan sebagian lengan kirinya dimakan oleh Sea King. Tapi, sebelum monster laut tersebut bertindak lebih jauh Shanks melakukan gerakan yang tidak diduga. Dia menatap mata monster itu dan kemudian monsternya kabur. Itulah pertama kali Conqueror Haki dan konsep tentang Haki diperkenalkan dalam cerita.

Kemampuan Haki

Kembali, Haki memang bisa dibangkitkan melalui berbagai macam cara dan juga oleh siapa saja yang ada di dunia One Piece. Tapi, hanya sedikit orang yang bisa menggunakannya dengan sangat baik. Kebanyakan mereka yang memiliki Haki hanya memiliki kemampuan dasarnya saja. Haki sendiri sebenarnya terdapat beberapa level, dan untuk bisa menguasai semua level Haki ini butuh pengalaman dan juga latihan.

Contoh yang paling nyata adalah Luffy, dimana dia meningkatkan kemampuan Observation Haki dan juga Armament Haki. Dengan peningkatan Observation Haki, Luffy bisa melihat selama beberapa saat ke masa depan. Sedangkan untuk Armament Haki, Luffy sekarang bisa menghancurkan benda keras apapun dari dalam. Sama seperti yang dilakukan oleh Rayleigh terhadap kalung Camie di pelelangan manusia ikan.

Level Tertinggi

Sama seperti buah iblis, Haki juga memiliki tingakatan yang mana hanya sebagian orang yang mampu melakukan hal itu dengan kerja keras dan pengalaman. Hal ini kemudian disebut sebagai form Advanced Haki atau Haki level tertinggi. Berdasarkan apa yang diperlihatkan, semua jenis Haki sepertinya memang memiliki tingkatan tertinggi atau tingkatan lebih lanjut.

Contohnya adalah Observation Haki yang pada level tertingginya bisa membuat seseorang melihat ke masa depan. Untuk Armament Haki, penggunanya bisa menyalurkan kekuatan Haki tersebut dan kemudian menghancurkan benda atau apapun itu dari dalam. Untuk Conqueror Haki sendiri masih belum diketahui, bagaimana level tertingginya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Writer for Greenscene.co.id, i'd love every genre of movies but specially, i'm nolan fans.