Angkatan Laut merupakan salah satu dari tiga kekuatan terbesar di cerita One Piece. Mereka adalah wajah militer dari Pemerintah Dunia yang tugas utamanya adalah memburu para bajak laut dan kriminal lainnya, sambil juga melidungi orang-orang yang membutuhkan bantuan mereka. Dengan posisi mereka seperti ini, wajar jika kemudian angkatan laut berisi orang-orang yang tangguh dan kuat.

Selama ini, Geeks mungkin mengenal beberapa posisi dari berbagai karakter angkatan laut di ceritanya, misalnya Koby yang berpangkat Read Admiral. Apa sebenarnya Read Admiral? Dan bagaimana sistem ranking di angkatan laut? Oda Sensei sempat memberikan sedikit penjelasan mengani hal ini di kolom SBS. Berikut adalah penjelasan singkatnya.

Fleet Admiral

Ini adalah jabatan tertinggi dari seluruh institusi angkatan laut. Fleet Admiral adalah pemimpin dari semua angkatan laut yang ada. Posisinya sendiri satu tingkat di atas admiral, dan satu tingkat dibawah panglima Pemerintah Dunia dan Gorosei. Fleet Admiral dan tiga admiral adalah pihak dalam angkatan laut yang secara sah bisa menginisiasikan Buster Call, dan memerintahkan agen Pemerintah Dunia atau para ranking dibawahnya untuk melaksanakan perintah ini. Pangkat ini juga diberikan kewenangan untuk mencopot titel dari Shichibukai.

Admiral

Admiral adalah pangkat tertinggi kedua di angkatan laut. Hanya ada tiga prajurit angkatan laut yang bisa diberikan titel ini, dan ketiga admiral ini sering kali disebut sebagai “Kekuatan Terbesar Angkatan Laut” karena masing-masing dari mereka, memiliki kekuatan yang sangat mematikan dan dahsyat. Masih belum diketahui mengapa hanya ada tiga posisi admiral di angkatan laut. Selain Fleet Admiral, mereka juga memiliki wewenang untuk memulai Buster Call jika terdapat ancaman nyata.

Vice Admiral

Vice Admiral adalah pangkat tertinggi ketiga di angkatan laut. Para Vice Admiral ini terkenal karena kekuatan mereka yang sangat dahsyat, dan sebagian besar para Vice Admiral ini adalah ahli pedang terbaik ataupun pengguna teknik Rokushiki. Satu hal lainnya yang menjadi ciri khas Vice Admiral adalah mereka setidaknya memiliki satu jenis Haki. Contohnya Monkey D. Garp yang diketahui memiliki Armament Haki.

Berbagai Pangkat Lainnya

Selain ketiga pangkat tinggi di atas, ada juga beberapa pangkat menengah dan rendah. Misalnya Rear Admiral yang merupakan pangkat tertinggi keempat di angkatan laut, serta komodor yang merupakan pangkat tertinggi kelima di angkatan laut. Kemudian ada posisi Captain, yang mana seperti yang sudah kita ketahui, mereka biasanya bertugas untuk menjadi pemimpin dari beberapa cabang angkatan laut yang ada di pulau-pulau di seluruh dunia.

Mereka yang berpangkat Captain, akan dianggap sudah memiliki pengalaman dan kemampuan bertarung yang baik. Mereka juga diketahui memiliki kemampuan buah iblis dan sangat paham dalam taktik bertarung. Yang paling terakhir adalah Lieutenant, Lieutenant Junior Grade, dan Ensign. Ketiga pangkat itu berada di posisi paling bawah yang termasuk pangkat perwira angkatan laut.

Selain dari pangkat di atas, mereka dianggap sebagai prajurit biasa terlepas dari jabatannya yang cukup tinggi. Biasanya, mereka yang dibawah level yang sudah disebutkan adalah orang-orang yang baru bergabung dengan angkatan laut. Namun, ada juga beberapa posisi yang berada di luar struktur yang sudah ditentukan. Misalnya Inspector General, yang merupakan jabatan dari Sengoku, Kepala Bidang Ilmu Pengetahuan, yang dipegang oleh Dr. Vegapunk, dan Science Captain, yang merupakan jabatan Sentomaru.

Kita juga diperkenalkan sebuah organisasi angkatan laut rahasia, SWORD, yang dipimpin oleh X Drake. Sejauh ini, baru Koby dan X Drake yang diketahui sudah bergabung dengan organisasi rahasia ini. Dan banyak spekulasi beredar mengenai siapa-siapa saja yang kemungkinan bergabung dengan kelompok ini, salah satunya adalah Monkey D. Garp.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.