Cerita yang digunakan Marvel Studios untuk serial Falcon and Winter Soldier adalah cerita yang diadaptasi dari komik Marvel di akhir tahun 1980an. Pada saat itu, Steve Rogers mundur dari Captain America dan digantikan oleh U.S. Agent. Perbedaannya dalam serialnya nanti adalah Falcon yang harus digantikan oleh U.S. Agent, padahal sebelumnya Falcon sudah ditunjuk untuk menjadi Captain America.

Selain itu, Marvel Studios memasukan Zemo dalam serialnya. Tetapi banyak yang percaya bahwa nantinya Baron Zemo akan menjadi sekutu dan bukan menjadi villain bagi Falcon dan Winter Soldier. Sebelum menonton serialnya, ada baiknya jika kita mengetahui cerita yang terjadi pada John Walker alias U.S Agent di komik dan seperti apa Baron Zemo nantinya.

Penjelasan Captain America vs. U.S Agent

Dalam komik, Zemo tidak benar-benar terlibat dalam cerita U.S. Agent yang menjadi Captain Amerika baru. Dalam komik, sebenarnya Red Skull adalah sosok yang menjadi pemicu konflik antara Steve Rogers dan John Walker, sosok yang ditunjuk pemerintah untuk menjadi penggantinya. Red Skull secara diam-diam telah menyusup ke pemerintah, dan membuat orang-orang tertarik dengan Captain America baru (John Walker) dan Red Skull memutuskan untuk menggunakan kekuatan dan pengaruh dari Captain America baru untuk membuat rencana yang matang. Red Skull menggunakan uangnya untuk mendanai organisasi teroris seperti Watchdogs dan ULTIMATUM, yang dipimpin oleh Flag-Smasher. Watchdogs dan ULTIMATUM sendiri menjadi musuh Walker selama hari-harinya sebagai Captain America.

Karena perencanaan yang matang oleh Red Skull, Walker sangat frustasi dan kesulitan hingga bertindak diluar batas. Semua itu adalah bagian dari skema Red Skull untuk menjatuhkan nama baik Captain Amerika sehingga tidak dapat diperbaiki lagi. Akhirnya, kematian orang tua Walker memberi apa yang Red Skull inginkan. Di dorong dengan rasa balas dendam yang kuat, Walker mulai membunuh musuh-musuhnya dengan kejam dan ia dimanipulasi untuk melawan Steve Rogers. Walker dianggap sebagai aib bagi nama baik Captain America. Setelah kekalahan Walker, Steve menghentikan Red Skull dan diangkat kembali sebagai Captain America.

Apa yang Diketahui Tentang Villain Falcon and Winter Soldier

Trailer dan artwork dari Falcon and Winter Soldier telah mengungkapkan bahwa sebuah grup bernama The Flag Smasher akan muncul dalam serial tersebut. Ini menunjukkan bahwa The Flag Smasher mewakili ULTIMATUM dari komik Marvel. Jika itu yang terjadi, tampaknya The Flag Smasher adalah grup yang harus dihadapi Falcon, Winter Soldier, dan U.S. Agent. Sementara Baron Zemo sendiri sepertinya tidak akan terlibat dalam The Flag Smasher. Mengapa? Nah Geeks, pada sebuah bocoran foto dari syuting serial Falcon and Winter Soldier kita diperlihatkan saat Baron berjalan dan berbicara dengan para pahlawan.

Hal itu menimbulkan asumsi bahwa karena suatu alasan, Baron akan dibebaskan dari penjara dan diizinkan membantu para pahlawan dalam sebuah pertempuran. Berdasarkan hal tersebut, banyak yang menyimpulkan bahwa Baron Zemo pada akhirnya akan membentuk Thunderbolt di serial Falcon and Winter Soldier, dan ia akan membantu para pahlawan untuk menghabisi The Flag Smasher. Di komik, Thunderbolt adalah tim villain super yang bekerja untuk pemerintah dengan imbalan kebebasan mereka. Batroc (Georges St. Pierre) yang merupakan antagonis di film Captain America: The Winter Soldier akan kembali dalam serial Falcon and Winter Soldier, dan ia akan bersama dengan Songbird, anggota dari Thunderbolt lainnya dalam buku komik. Kehadiran para karakter ini memperkuat dugaan bahwa MCU akan mengadaptasi cerita Thunderbolt Zemo dari Marvel Comics.

Zemo Bisa Menjadi Villain Utama

Zemo juga bisa berpotensi menjadi villain utama dalam serialnya. Ia bisa memimpin Thunderbold dan Flag Smasher sekaligus. Lagipula selama ini, Zemo adalah karakter misterius yang selalu memiliki misi-misi rahasia. Mirip seperti Red Skull dalam cerita versi buku komik, Baron Zemo bisa menjadi dalang utama dari segala peristiwa. Zemo mungkin memerintahkan Thunderbolt untuk membantu Falcon dan Bucky, tetapi Baron mungkin memiliki motif tersembunyi. Baron Zemo bisa membuat Thunderbolt bertingkah seperti pahlawan, sehingga akhirnya mereka mendapatkan kepercayaan publik dan kemudian melawan para pahlawan.

Menggunakan Thunderbolt untuk mendapatkan kepercayaan orang-orang bisa saja menjadi bagian dari rencana Baron Zemo. Di akhir serialnya, Falcon dan Bucky mungkin akan mengetahui bahwa Zemo mendanai aktivitas teroris. Zemo melakukan itu bisa jadi terinspirasi dari niat Red Skull. Red Skull menganggap bahwa kemenangan atas Steve Rogers adalah dengan menghancurkan nama baik dari Captain America, dan ia pikir dia bisa melakukannya dengan memanipulasi orang-orang.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/