Meskipun One Piece berfokus pada sosok Luffy dan kru topi jerami, namun di dalam ceritanya ada banyak sekali karakter-karakter menarik yang muncul. Bahkan beberapa karakter tersebut dinilai penggemar memiliki kisah solo yang menarik. Maka dari itu, tidak sedikit yang menilai beberapa karakter tersebut layak dibuatkan versi spinoff nya, siapa saja?

Fisher Tiger

Fisher Tiger merupakan sosok penting dalam cerita One Piece yang sayangnya kurang mendapatkan perhatian. Dia merupakan seorang manusia ikan yang memiliki keinginan untuk bisa berpetualang ke dunia luar dan belajar tentang kebudayaan dan apa yang sedang terjadi di dunia manusia. Namun, kenyataan buruk harus dihadapi oleh Fisher Tiger.

Bukan hanya dunia yang penuh korupsi dan hal mengerikan lainnya, dia juga harus ditangkap dan disiksa lalu kemudian dijual untuk dijadikan budak. Mengawali konflik antara manusia dan manusia ikan. Mulai saat itulah dia kemudian bertekad untuk membebaskan diri dan membebaskan para budak lainnya yang ada di Mary Geoise. Dia kemudian membentuk kru bajak lautnya sendiri untuk menciptakan kebebasan.

Portgas D. Ace

Meskipun saat masa kecilnya Ace, Luffy, dan Sabo diasuh oleh orang yang sama dan mengalami pertualangan yang sama, namun mereka menjalani cerita bajak laut yang berbeda. Dia memulai karirnya sebagai bajak laut dengan menjadi kru bajak laut Spade, kemudian dengan kemampuannya dia pun diangkat sebagai ketua kelompok. Sampai kemudian dia bertemu dengan Whotebeard dan menawarkan posisi yang lebih baik di kru kapalnya yaitu sebagai kapten di divisi 2.

Meskipun pada awalnya Ace mencoba untuk membunuh Whitebeard, atas apa yang terjadi di masa lalu dengan Roger, di akhir cerita Ace tetap mendedikasikan hidupnya kepada orang yang memberinya sebuah tujuan dan arti hidup serta orang yang menyelamatkan nyawanya. Petualangannya bertemu dengan Lil Oars, Jr. dan cerita tentang Ace yang memburu Blackbeard, akan menjadi sebuah perspektif yang baru untuk cerita ini.

Putri Vivi

Seluruh masa kecil Nefertari Vivi diisi oleh petualangan yang pastinya semua orang menyadari bahwa ada “lubang” atau plothole dalam cerita tersebut. Keluarga kerajaannya di Alabasta menjadi satu-satunya keluarga kerajaan yang tidak ikut pindah ke Mary Geoise, dan lebih memiliki untuk bersama rakyatnya. Kerajaanya dipersulit dengan kelaparan dan situasi kurang menyenangkan lainnya, namun kepercayaan diri sang ayah membantu memotivasi seluruh penduduk disana.

Sampai kemudian Crocodile muncul, menyebarkan konspirasi dan menyebabkan kekacauan yang besar. Melihat hal tersebut, Vivi kemudian mulai mempelajari organisasi milik Crocodile dan membuatnya berteman dengan para pemburu bayaran. Namun, sejak pertemuannya dengan Luffy dan kru yang lain hidupnya perlahan berubah. Kini dia sudah menjadi dewasa, dan kekuasaan pun berada di tangannya. Menampilkan bagaimana Vivi dalam memerintah atau mengatasi keadaan bisa menjadi sesuatu yang menarik untuk ditampilkan.

Nico Robin

Cerita masa lalu dari Nico Robin bukan hanya menjadi salah satu cerita paling menyedihkan dalam seri One Piece, tapi juga menjadi salah satu titik penting dalam storytelling dan juga popularitas One Piece. Robin kecil sudah dititipkan kepada orang tua yang kejam dan membuatnya menderita. Orang tua Robin sendiri merupakan pejuang dari pasukan revolusi.

Masa kecilnya dia habiskan dengan mempelajari rahasia dunia dan berbagai kemampuan tentang sejarah dan arkeologis. Apa yang terjadi di Ohara puluhan tahun lalu, membuat Robin justru semakin bersemangat untuk berpetualang bersama Luffy meskipun awalnya mereka bisa dibilang adalah musuh. Cerita tentang penduduk Ohara dan sosok Nico Robin bisa jadi pilihan jika Oda Sensei berencana membuat Spinoff, apalagi selama ini apa yang terjadi di Ohara ataupun bagaimana mereka mempelajari Poneglyph masih menjadi misteri.

Dragon Dan Revolution Army

Sebenarnya tidak banyak yang bisa dikatakan tentang sosok Dragon dan pasukan Revolusi, selain fakta bahwa mereka merupakan buruan nomor satu pemerintah dunia dan dianggap sebagai orang paling berbahaya. Cerita tentang Dragon memang belum banyak dibahas sampai sejauh ini, dan dengan skala yang besar apa yang terjadi di masa lalu terhadap organisasi ini dan sosok Dragon tentunya akan lebih baik jika ditampilkan dalam sebuah spinoff.

Beberapa topik yang bisa diangkat dalam spinoffnya adalah apa yang terjadi sebelum dan setelah Luffy lahir, serta bagaimana Dragon membentuk pasukan revolusi dan merekrut berbagai pejuang hebat seperti Kuma, Emporio Ivankov, dan masih banyak lainnya. Meskipun Oda sensei mungkin akan menghadirkan cerita masa lalu pasukan revolusi di timeline utamanya, tapi sepertinya menghadirkan sebuah spinoff tentang pasukan revolusi akan terasa lebih memuaskan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Writer for Greenscene.co.id, i'd love every genre of movies but specially, i'm nolan fans.