Salah satu organisasi paling tersohor di cerita One Piece, Pasukan Revolusi, merupakan kelompok yang dianggap sebagai ancaman serius oleh pemerintah dunia. Mereka dipimpin oleh salah satu kriminal paling populer di dunia dan merupakan ayah dari Luffy, yaitu Monkey D. Dragon. Tujuan mereka adalah untuk membebaskan dunia dari kesedihan dan penindasan yang diakibatkan oleh para kaum naga langit dan pemerintah dunia. Namun, belum banyak informasi yang bisa digali tentang pasukan revolusi, termasuk tentang Dragon sekalipun. Berikut adalah berbagai hal tentang pasukan revolusi yang mungkin belum Geeks ketahui.

Kemunculan Perdana

Setelah beberapa episode dan cerita, akhirnya pasukan revolusi mulai diperkenalkan kepada para fans. Ketika arc East Blue berlangsung, pasukan revolusi memang belum begitu terlihat. Tapi, setelah Arlong Park, mereka akhirnya muncul secara baik di seriesnya. Karakter dari pasukan revolusi yang pertama kali muncul adalah pemimpin mereka, Monkey D. Dragon.

Kemunculan perdana dari Dragon tersebut berada di chapter 100 dalam manganya dan episode 51 di seri animenya, yang menghadirkan kejadian dari arc Logue Town. Pada saat itu, kita masih belum mengetahui siapa Dragon yang sebenarnya dan apa hubungannya dengan Luffy.

Bendera Kebesaran Mereka

Bendera dari pasukan revolusi masih menjadi salah satu misteri dari series One Piece. Tapi, Eiichiro Oda kemudian akhirnya memberikan gambaran seperti apa lambang dan bendera dari pasukan revolusi dalam arc Reverie, ketika para Oda Sensei mengungkapkan kepada kita siapa saja para pemimpin atau komandan dari pasukan revolusi.

Bendera mereka berwarna merah darah dengan sebuah lambang kepala naga dan dua sayap. Terdapat juga tulisan ‘R.A’ yang menempel di bendera yang menunjukan siapa mereka (Revolution Army). Sebelum time-skip terjadi, sebuah bendera berbentuk segitiga dan berwarna merah juga digunakan untuk menandakan bendera pasukan revolusi.

Kapal Utama

Menjadi sebuah organisasi yang besar, tidak aneh jika kemudian pasukan revolusia memiliki banyak perahu sebagai alat trannsportasi mereka, yang dipimpin oleh orang-orang berbeda. Tapi, dari sekian banyak kapal yang mereka miliki, kapal utama dari pasukan revolusi merupakan kapal yang dimiliki oleh pemimpin mereka, Monkey D. Dragon.

Nama perahunya sendiri adalah Wind Granma, yang diungkapkan dalam chapter 587 dan episode 502. Kapalnya sendiri memiliki ukiran kepala yang mirip seperti nama dan juga terdapat ekor di ujung belakang kapalnya. Kemungkinan besar, bentuk atau ukiran tersebut adak kaitannya dengan karakter Dragon. Nama kapal Dragon juga sepertinya ada kaitannya dengan kekuatan yang dia miliki, seperti yang sudah banyak diteorikan.

Markas

Pasukan revolusi memiliki sebuah markas operasi yang unik diantara berbagai tempat yang ada dalam cerita One Piece. Nama wilayahnya adalah Baltigo, dan tempat tersebut bisa dikatakan mustahil untuk dilacak keberadaaanya, meskipun oleh pemerintah dunia. Tapi, setelah Burgess mengungkapkan lokasinya kepada Blackbeard, Baltigo kini sudah hancur.

Karena wilayah Baltigo Hancur, sekarang pasukan revolusi menempati sebuah pulau bernama Momoiro Island atau yang biasa dikenal sebagai Kamabakka Kingdom. Namun, masih belum diketahui apakah Kamabakka Kingdom akan menjadi markas permanen mereka atau mereka akan kembali berpindah tempat.

Persediaan Senjata

Sejak pasukan revolusi merupakan sebuah organisasi yang sangat besar dengan ambisi yang sangat luar biasa, tentunya persenjataan merupakan sebuah hal yang mutlak. Saat ard Dressrossa, para fans melihat bahwa mereka menempatkan prioritas utama untuk menghancurkan akses pertukaran senjata milik Doflamingo.

Setelah kekalahan Doflamingo di tangan Monkey D. Luffy, Koala dan unitnya kemudian berhasil untuk membawa seluruh stok persenjataan Doflamingo dan kembali ke Baltigo. Apakah senjata-senjata tersebut kemudian dihancurkan ketika Blackbeard muncul di Baltigo masih belum diketahui. Mungkin juga mereka sudah memindahkan senjatanya ke pulau Momoiro.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2