Adegan dalam trailer pertama serial Loki mungkin sedikit memperlihatkan kedatangan salah satu karakter paling jahat di dunia Marvel, yakni Mephisto. MCU sendiri telah membawa karakter dari Marvel Comics ke layar lebar selama lebih dari satu dekade, dari superhero klasik seperti Spider-Man, Captain America hingga karakter yang lebih baru, yaitu Guardians of the Galaxy. Semesta MCU sekarang ini sedang gencar melanjutkan ekspansinya, tidak hanya di film tapi TV juga, ada lebih banyak pahlawan dan penjahat menunggu untuk bergabung.

MCU memiliki daftar panjang tentang projek mereka yang akan datang, dan diantaranya itu adalah serial Loki di Disney +. Seperti judulnya, serial TV ini akan fokus pada God of Mischief alias Loki setelah dia membuat timeline baru di Avengers: Endgame, di mana dia melarikan diri selepas Battle of New York berkat Tesseract yang dicurinya. Selanjutnya, Loki akan berurusan dengan TVA (Time Variance Authority), dan melompati waktu mengubah sejarah manusia, tapi dia berpotensi untuk bertemu dengan penjahat yang sangat berbahaya.

Trailer Loki memperkenalkan penonton kepada Mobius M. Mobius (Owen Wilson), seorang eksekutif dari TVA, yang sedang mengobrol dengan Loki di sebuah lift. Di scene lainnya, Mobius bersama seorang gadis kecil yang nampaknya tengah membicarakan sesuatu, dan bagian ini cukup menarik karena ada sebuah gambar sesosok iblis bertanduk yang terpajang di sebuah jendela kaca tempat mereka bertemu.

Sosok iblis di kaca jendela tersebut bagi sebagian penggemar Marvel adalah Mephisto. Karakter yang berwarna merah ini diciptakan oleh Stan Lee, dan John Buscema. Mephisto muncul pertama kali di komik The Silver Surfer edisi 3 pada tahun 1968. Diceritakan bahwa Mephisto cemburu pada pemujaan setan api Zarathos. Mephisto lalu menyamar sebagai Satan, menciptakan Ghost Rider dengan mengikat Zarathos ke Johnny Blaze setelah dia menjual jiwanya. Mephisto juga merupakan pelayan Thanos untuk mencari batu Infinity Stones, tetapi dia tidak dimasukkan dalam Avengers: Infinity War, dan perannya diberikan kepada Ebony Maw.

Mephisto dapat menggunakan kekuatannya untuk berbagai tujuan, sehingga dapat memiliki kemampuan manusia super, mengubah bentuk serta ukurannya, memproyeksikan ilusi, memanipulasi ingatan, dan mengubah waktu. kekuatannya dalam mengubah waktu itulah yang membuatnya menjadi tambahan yang sempurna untuk Loki dan cerita MCU itu sendiri. Konsep waktu, dan multiverse nampaknya akan menjadi tema sentral di MCU ini. Mephisto dapat membawa lebih banyak masalah lagi bagi TVA, atau mungkin Mobius memang bekerjasama dengannya sehingga lukisan sosoknya ada di markas TVA.

Namun, pada satu titik dalam hidupnya, Mephisto memanipulasi penyihir Master Pandemonium untuk mengumpulkan lima bagian jiwanya yang hilang setelah bertemu dengan Franklin Richards (Fantastic Four). Ketika Scarlet Witch mencoba menggunakan sihir untuk memiliki anak dengan Vision, dia tanpa sadar memanggil dua fragmen jiwa Pandemonium yang kemudian anaknya lahir sebagai kembar. Kedua anak kembarnya itu lalu hilang terserap kembali ke dalam jiwa Pandemonium, dan peristiwa itu membuat Scarlet Witch menjadi “gila”

Sekarang, serial WandaVision akan rilis terlebih dahulu sebelum Loki. Serial tersebut akan melihat Scarlet Witch serta Vision hidup bersama untuk membentuk sebuah keluarga melalui dekade yang berbeda. Keduanya dirumorkan akan menjadi orang tua, dan memiliki anak kembar. kembalinya Vision telah memunculkan banyak teori bahwa apa yang terjadi di serialnya adalah sebuah ilusi yang diciptakan oleh  Scarlet Witch di dalam realitasnya sendiri.

Jika pada akhirnya Scarlet Witch alias Wanda menjadi “gila” di serialnya, sama seperti cerita komiknya, maka itu memberi jalan bagi kegilaan yang terjadi di Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Loki dan WandaVision akan terkait dengan film kedua Doctor Strange tersebut, dan Mephisto bisa menjadi penghubung, mengacaukan cerita Scarlet Witch serta membawa kekacauan ke Loki dan TVA. Perkenalan Mephisto ke MCU bisa terjadi lebih cepat dari yang diharapkan penggemar, membuka jalan bagi banyak kemungkinan kekacauan, baik di film maupun acara TV di Marvel Cinematic Universe.