Serial TV Hawkeye yang akan datang bakal tayang di Disney + pada musim gugur 2021. Serial tersebut pun hadir sebagai bagian dari fase empat Marvel Cinematic Universe (MCU). Aktor Jeremy Renner akan mengulangi perannya sebagai Clint Barton, tetapi serial barunya ini juga bakal memperkenalkan Hawkeye baru, yakni Kate Bishop (Hailee Steinfeld). Selain itu, serial Hawkeye ini dipastikan kedatangan salah satu superhero teranyar di MCU yang bernama Maya Lopez (Alaqua Cox).

Dalam komiknya, Maya Lopez paling dikenal sebagai sosok Echo, seorang superhero perempuan yang tunarungu. Ia juga dikisahkan merupakan Pribumi Amerika yang memiliki sidik jari putih di wajahnya. Dia juga mempunyai potensi bela diri yang tangguh, dan mampu meniru gaya bertarung dari orang lain yang ia hadapi. Echo juga adalah salah satu anggota New Avengers, dan ia pun terlibat dengan cerita di dunia Daredevil.

Echo alias Maya Lopez beroperasi dengan menggunakan persona Ronin, yang dipakai oleh Clint Barton saat Avengers: Endgame. Itu artinya, serial Hawkeye mendatang mungkin akan memperkenalkannya dengan menggunakan persona tersebut. Lopez pertama kali muncul sebagai Echo di komik Daredevil # 9 tahun 1999, tetapi baru pada tahun 2005 di komik The New Avengers # 11 dia muncul sebagai Ronin.

Di komiknya itu, dia diceritakan mengalami krisis identitas, dan merasa tidak dapat bergabung dengan New Avengers, karena beranggapan akan menodai reputasi para pahlawan jika dirinya bekerja bersama mereka. Akibatnya, dia mengenakan setelan yang menyembunyikan identitas, dan jenis kelaminnya, lalu menamai ulang dirinya sebagai Ronin.

Lewat karakter barunya itu, Lopez bergabung bersama Avengers atas rekomendasi Daredevil, dan bekerja sama dengan mereka di Jepang untuk menangkap Silver Samurai. Sebagai bagian dari tim, dia lebih banyak menghabiskan waktu di Jepang untuk mengawasi penjahat berbaju zirah yang sama dari waktu ke waktu. Di sana juga, ia mencoba menyelesaikan konflik antara klan ninja Hand, dan Yashida, hingga menyelidiki Elektra.

Ketika Lopez beroperasi dengan kedok Ronin, dia dibunuh oleh Elektra, yang ternyata adalah seorang Skrull bernama Pagon. Hand kemudian membangkitkan Maya, dan mencuci otaknya menjadi “mesin” pembunuh yang bekerja untuknya. Selama menjadi bagian dari The Hand, Lopez benar-benar bertarung melawan Avengers, bahkan berhasil menusuk Doctor Strange dengan pedang yang telah diberikan kepadanya oleh para pemimpin barunya itu.

Jika konsep cerita seperti itu diinginkan terjadi di MCU, maka harus ada semacam crossover besar-besaran antara serial Hawkeye, waralaba Avengers, sisi kosmik MCU, Doctor Strange, hingga Daredevil. Hal itu bisa saja terjadi di fase mendatang MCU, mengingat mereka mempunyai banyak properti potensial yang siap untuk diperkenalkan lagi. Terlepas dari itu, kehadiran Maya sebagai Ronin Baru, dan Kate Bishop menjadi Hawkeye teranyar adalah momen yang paling ditunggu dalam serial ini.