Buat Geeks penggemar seri karya Gege Aakutami, Jujutsu Kaisen, pasti mengenal sosok Ryomen Sukuna. Nama ini sering kali disebutkan dalam serinya sebagai sosok yang berbahaya dan juga kuat. Ryomen Sukuna juga adalah sosok makhluk yang ada di dalam Yuji Itadori, sang protagonis utama serinya. Namun, siapa sebenarnya sosok Ryomen Sukuna tersebut?

Seri Jujutsu Kaisen dengan cepat menjadi salah satu seri manga dan anime terpopuler saat ini, meskipun baru saja diluncurkan pada 2019 kemarin. Serinya sendiri berkisah tentang sosok Yuji Itadori yang harus menghadapi takdirnya menjadi wadah bagi sosok makhluk supranatural terkuat yaitu Ryomen Sukuna. Namun, belum banyak informasi yang disampaikan tentang sosok Ryomen Sukuna tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang sudah diketahui tentang sosok Ryomen Sukuna sejauh ini.

Siapa Ryomen Sukuna

Dalam cerita di seri Jujutsu Kaisen, Ryomen Sukuna adalah sosok penguasa para kutukan. Secara singkatnya bisa dikatakan bahwa Sukuka adalah raja kutukan atau raja iblis. Sebelum menjadi sosok iblis penguasa dunia kutukan dari sekarang, diketahui bahwa Sukuna dulunya adalah manusia biasa seperti halnya Itadori. Ada sebuah teori yang mengatakan bahwa kekuatan Sukuna, dulu, sangat mirip dengan Gojo Satoru sekarang.

Dan karena Sukuna sudah lelah dengan para Jujutsu dan kutukan, akhirnya dia berubah menjadi penjahat terbesar, dan para Jujutsu pun mulai memburunya. Meskipun ada banyak korban yang jatuh, Sukuna akhirnya mampu dikalahkan. Seluruh jari-jarinya yang berjumlah 20 kemudian disebar ke berbagai tempat yang rahasia. Hal ini dilakukan agar Sukuna tidak lagi bisa bangkit.

Secara penampilan, Ryomen Sukuna memiliki dua kepala dan empat lengan. Menariknya, sosok Sukuna ini diperlihatkan sangat mirip dengan sosok Yuji Itadori. Namun, tentunya perbedaan jelas ada di tubuh Sukuna dimana terdapat semacam tanda di wajah dan badannya. Secara karakteristik, Sukuna adalah sosok yang sangat sadis. Dia sangat senang melihat orang lain menderita.

Di animenya kita melihat bagaimana dia mencabut jantung milik Itadori, sebagai upaya agar Fushiguro mau mengikuti keinginannya. Sukuna juga adalah sosok yang rakus, dan selalu ingin berkuasa tanpa melihat apa konsekuensi dari situasi yang dia kendalikan. Sebagai sosok yang menjadi penguasa kutukan, Sukuna adalah karakter yang sangat kuat.

Berbagai Kekuatan Sukuna

Salah satu kekuatan yang dimiliki oleh Sukuna adalah regenerasi dan daya tahan tinggi. Dalam pertarungan melawan kutukan level tinggi di episode empat, kita melihat Sukuna – yang sudah mengambil alih tubuh Itadori – harus kehilangan lengannya. Namun, hal itu tidak berarti banyak baginya karena dia mampu menumbuhkan kembali lengan tersebut dengan mudah.

Dia juga pernah mencabut jantung Itadori dan masih hidup. Dengan kekuatan ini membuktikan bahwa Sukuna adalah sosok yang abadi. Sukuna juga mampu memanipulasi berbagai energi kutukan, tidak peduli seberapa kuat energi kutukan tersebut. Dia tidak akan kelelahan ketika harus bertarung selama apapun, dan dia akan mampu bertahan tidak peduli seberapa kuat serangan yang diarahkan kepadanya. Sama seperti karakter lainnya, Sukuna juga memiliki teknik Domain Expansion.

Teknik Domain Expansion miliknya adalah yang paling unik dan paling kuat serta mengerikan di serinya. Dia mampu membangun sebuah teritori atau wilayah, yang di dalamnya dipenuhi oleh darah. Menariknya, Domain Expansion yang dimiliki Sukuna tidak memiliki penghalang. Namun, Domain Expasionnya memiliki Binding Vow atau sumpah yang terikat. Jika dia melanggarnya, maka dia akan mati.

Selain kemampuan Jujutsu, Sukuna juga memiliki kekuatan fisik lainnya seperti kecepatan. Kecepatan dan refleks dari Sukuna sangatlah luar biasa, bahkan kutukan ataupun musuh yang menjadi lawannya tidak sadar bahwa Sukuna sudah bergerak dan siap menghajar mereka.

Diadaptasi Dari Mitologi Nyata

Sebenarnya, Ryomen Sukuna adalah sosok nyata dalam mitologi Jepang. Memang, ada beberapa versi yang menggambarkan sosok Ryomen Sukuna ini. Ada yang mengatakan bahwa Sukuna adalah sosok yang jahat, namun ada juga yang mengatakan bahwa Sukuna adalah sosok yang baik. Untuk versi yang jahat, Sukuna digambarkan sebagai sosok monster yang sesuai dengan apa yang digambarkan di seri anime dan manganya secara fisik.

Dengan memiliki empat lengan, Sukuna mampu memegang beberapa senjata sekaligus dan menyerang desa demi desa di Jepang. Sampai kemudian munculah seorang komandan perang yang diutus untuk menghancurkan Sukuna. Meskipun tidak mudah, sang komandan perang tersebut akhirnya mampu memenangkan pertarungan dan Sukuna pun akhirnya kalah.

EWCTe XWoAAaxbDSedangkan untuk versi yang lain, Sukuna digambarkan sebagai sosok yang baik dan merupakan sosok yang berjasa dalam menyebarkan agama Buddha di Jepang. Ada juga yang menganggap Sukuna sebagai pahlawan, oleh karena itulah Sukuna menjadi salah satu sosok yang disembah oleh sebagian kelompok. Banyak kuil-kuil di Jepang yang bahkan menghadirkan patung dari Sukuna.

Pada intinya, Sukuna bukanlah sosok sembarangan. Terlepas dari sosoknya yang baik atau buruk, dia adalah karakter yang berpengaruh di mitologi Jepang. Mungkin inilah yang kemudian membuat seri Jujutsu Kaisen bisa dengan cepat populer di Jepangnya sendiri dan di seluruh dunia. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa kekuatan Sukuna yang sebenarnya.