Buah iblis Goro Goro no Mi, seperti yang diungkapkan oleh Nico Robin, merupakan buah iblis yang bisa memberikan penggunanya sebuah kekuatan unik yaitu mampu mengendalikan, menciptakan, dan merubah dirinya menjadi listrik sesuka hati. Dengan kata lain, penggunanya sudah berubah menjadi seorang manusia listrik. Hal itulah yang membuat penggunanya menjadi sangat sulit untuk dilukai.

Dulu, pemilik Goro Goro no Mi adalah penguasa dari pulau langit alias Skypiea, yaitu God Enel. God Enel menggunakan kekuatan ini ketika dia bertarung melawan musuh-musuhnya, dan ketika dia menghukum para penduduk pulau langit yang melanggar aturan, menjadikannya sosok dewa/penguasa di pulau langit tersebut. Selain mampu mengubah Enel menjadi manusia listrik, sebenarnya ada hal lainnya yang juga bisa dilakukan oleh Goro Goro no Mi ini.
Salah satu diantaranya adalah mampu menjadi alat pacu jantung yang sangat kuat. Hal ini seperti diperlihatkan ketik Enel sempat tidak sadarkan diri setelah mendapatkan serangan dari pasukan Shandia, namun dia mampu membangkitkan kembali jantungnya yang sempat tidak berdetak. Hal tersebut tentunya mengejutkan para pasukan Shandia, yang tidak mengetahui bahwa Enel mampu melakukan hal tersebut.

Namun, satu hal yang spesial dari kekuatan listrik ini adalah kemampuannya mampu menjadi sonar atau radar bagi dirinya sendiri. Dengan menggunakan kemampuannya, Enel mampu menangkap gelombang suara elektrik, dimanapun di wilayah Skypiea, membuatnya seolah-olah menjadi dewa, dengan mampu mendengar apa yang mereka ucapkan atau bicarakan dan bisa mengetahui dimana posisi mereka.

Karena hal inilah kemudian kemampuan Observation Haki atau mantra milik Enel sangatlah luar biasa. Dalam ilmu biologi dijelaskan bahwa seluruh tubuh kita dikendalikan oleh sinyal elektrik yang ada di bagian otak. Listrik atau eletrik dalam tubuh tersebut yang kemudian mengirimkan sinyal, apakah kita harus bergerak ketika ada bahaya, ataupun ketika kita harus belari, dan sebagainya.

Dengan kata lain, sistem elektrik di tubuh Enel jauh lebih kuat dan dahsyat dibandingkan tubuh manusia biasa. Karena itulah dia bisa menggunakan berbagai kemampuannya, menjadi sosok terkuat di pulau langit. Dan sebenarnya, bisa juga dikatakan, dengan adanya kelebihan ini Enel menjadi orang pertama yang mampu memiliki kemampuan yang mirip dengan Katakuri, yaitu mampu melihat ke masa depan – meskipun tidak sedahsyat milik Katakuri.

Adanya Potensi Awakening

Kita sudah mengetahui bagaimana potensi kekuatan ataupun kemampuan dari Enel, lalu apa yang terjadi ketika Enel berhasil membangkitkan potensi lain (awakening) dari buah Goro Goro tersebut? Ada sebuah teori yang menyebutkan bahwa ketika kemampuan Enel ini mengalami kebangkitan, maka bisa jadi Enel bukan hanya mampu mengendalikan dirinya melainkan orang lain.

Secara spesifik, Enel akan mampu mendominasi sistem saraf milik orang lain yang membuat mereka bergerak layaknya boneka. Dengan mampu mengendalikan sistem saraf orang lain, maka Enel akan mampu membaca pikiran mereka dan juga mengendalikan semua gerak-gerik musuhnya. Kekuatan ini mirip seperi kekuatan Doflamingo ataupun pengendalian darah dari cerita Avatar. Bedanya, Enel mengendalikan tubuh musuhnya melalui sistem saraf. Dan ini tentunya akan membuat Enel semakin dahsyat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.